≡ Menu
werno-werno.com

Ketahui penyebab dan solusi tepat atasi mendengkur (ngorok)

Pernahkah kamu mendengar atau tidur dengan orang yang suka mendengkur/ mengorok? Atau apakah kamu sendiri kalau tidur suka mendengkur? mendengkur yang sering terjadi terus menerus bisa berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas tidurmu, begitu juga bisa mengganggu anggota keluarga lain/ teman tidurmu. Mendengkur bisa membuat kita kurang tidur, mudah marah, dan meningkatkan masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika sampai dengkuranmu membuat orang yang berada disampingmu terus terjaga (tak bisa tidur), bisa menciptakan masalah ikatan hubungan yang besar.

Ketahui penyebab dan solusi tepat atasi mendengkur (ngorok)

Temukan penyebab mendengkur

Tidak semua dengkuran itu sama. Faktanya, setiap orang tidur mendengkur karena alas an yang berbeda-beda. Jika kamu telah menemukan penyebab utama mengapa kamu mendengkur, kamu juga akan menemukan solusi yang tepat untuk menghentikannya.

Mendengkur terjadi saat kamu tidak bisa mengeluarkan udara secara bebas melalui hidung dan mulut selama tidur. Berikut adalah beberapa penyebab umum kenapa seseorang bisa mendengkur saat tidur:

1. Faktor usia. Saat kamu mencapai usia paruh baya, tenggorokanmu akan semakin menyempit, dan otot suara dalam tenggorokan akan semakin berkurang kekuatannya.

2. Faktor bawaan fisik. Pria biasanya memiliki saluran udara yang lebih sempit daripada wanita, sehingga lebih sering mendengkur. Lubang tenggorokan yang sempit, bibir sumbing, adenoid yang membesar, dan atribut fisik lainnya juga bisa berperan dalam menyebabkan seseorang mendengkur.

3. Masalah hidung dan sinus. Jalan udara yang terhalangi, membuat proses pernafasan menjadi sulit, sehingga kerongkongan menciptakan sebuah ‘penyedot’ yang menjadi pemicu dari mendengkur.

4. Berat badan berlebih dan tidak ideal atau obesitas. Jaringan lemak dan otot suara yang lemah berperan penting dalam menyebabkan dengkuran. [baca juga; Tips aman atasi obesitas]

5. Alkohol, merokok, dan beberapa obat-obatan tertentu, juga bisa meningkatkan pengendoran otot yang memicu seseorang untuk terus mendengkur.

6. Posisi tidur yang keliru. Tidur dalam posisi tengkurap, bisa menyebabkan daging dalam tenggorokanmu mengendor dan menghalangi saluran udara.

Solusi tepat menghentikan mendengkur

Jika kamu sudah mengetahui penyebab dari dengkuranmu, maka kini saatnya menemukan solusi yang tepat untuk menghentikannya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan berat badan. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi jaringan lemak yang terdapat pada bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi atau bahkan menghentikan mendengkur.
  • olahraga. Latihan gerakan yang membentuk otot lengan, kaki, dan perut juga bisa memicu pembentukan otot-otot di tenggorokanmu, yang bisa mengurangi dengkuran.
  • Hindari alkohol, pil tidur, dan obat penenang terutama sebelum waktu tidur, karena semua itu akan mengendorkan otot tenggorokan dan mengganggu system pernafasan.
  • Biasakan pola tidur yang sama. Ciptakan ritual tidur yang rutin pada jam yang sama dengan partnermu dan tetaplah konsisten dalam menjalani hal tersebut. Membuat rutinitas bersama bisa membuat tidurmu lebih baik.
  • Ubah posisi tidur. Hindari tidur tengkurap, karena gravitasi lidah dan jaringan tenggorokan turun kebawah dan mengganggu jalan udara. Lebih baik tidurlah dalam posisi miring. Letakkan bola tenis kecil di atas kasur, untuk menjaga agar kamu tidak tidur tengkurap. Karena, dengan adanya sesuatu yang mengganjal akan membuat tidurmu tidak merasa nyaman, sehingga otomatis akan merubah posisi tidur.
  • Membuka saluran hidung/ nasal. Jika sumber dengkuranmu berasal dari hidung, maka menjaga saluran hidung agar tetap terbuka adalah solusi tepat untuk menghentikan mendengkur. Cobalah mandi air hangat yang dicampur dengan larutan garam sebelum tidur agar bisa membantu membuka saluran hidung.

.

1 comment… add one

Leave a Comment