Ketahui Penyebab Jerawat Dari Letak Kemunculannya

by Ummi on August 2, 2015

Saat kamu memiliki jenis kulit yang cenderung berjerawat, setiap hal bisa jadi penyebab munculnya jerawat dan membuatnya lebih parah, seperti faktor makanan, olahraga, bahkan lingkungan sekitarmu.

Jadi seberapa tepat dan teratur kamu melakukan perawatan kulit wajah, kamu tidak bisa benar-benar terbebas dari yang namanya jerawat hingga kamu bisa mengatasi biang kerok yang ‘licin’ ini. Untuk itu, berikut akan kami ulas penyebab jerawat sesuai dengan tempat di mana ia muncul, agar kamu bisa cepat dan tepat dalam mengatasi jerawat :

arti letak jerawat

Jerawat batu (Cystic Acne) di dagu dan rahang

Kemungkinan penyebabnya adalah;

1. Stress

Stres bisa merangsang produksi hormon androgen yang kemudian bercampur dengan kelenjar minyak, menyebabkan timbulnya jerawat yang diakibatkan oleh hormon (hormonal acne) di dagumu. “Orang yang sedang stress, akan tegang dan seringkali tidak hanya menyebabkan jerawat saja” ujar seorang dermatologis terkenal di New York, Amy Wechsler.

Untuk mengatasinya: Untuk menghilangkan stress, gunakan teknik bernafas dalam-dalam dengan perlahan mengambil nafas lewat hidung dan membuatnya lewat mulut. Fokus pada pernafasan bisa menurunkan detak jantung dan kecemasan.

2. Faktor makanan (terutama jika kamu juga punya benjolan kecil merah yang gatal di wajah)

Gula dan karbohidrat olahan adalah rekan dalam kejahatan, dan mereka menuju langsung ke dagu. “Jika kamu juga mengalami gatal-gatal kemerahan di seluruh wajah, kemungkinan makanan yang jadi penyebab jerawat adalah ragi. Kondisi ini disebut ‘Acne Rosacea’ yang mungkin berkaitan dengan reaksi ragi di folikel rambut”. ujar Dennis Gross, MD seorang dermatologis.

Cara mengatasinya : Pemicu berupa makanan bisa sulit untuk dipisahkan. Jadi, dermatologis menyarankan untuk menghentikan terlebih dahulu salah satu makanan yang dicurigai, yang kamu makan secara rutin (seperti pasta, yoghurt, dan roti tawar) untuk sementara waktu guna melihat apakah ada pengurangan setelah satu hingga tiga minggu.

Campuran antara jerawat merah dan white head disepanjang daerah T

Kemungkinan penyebabnya adalah;

1. Polusi

Materi partikel berupa kotoran super kecil dan partikel cair di udara bisa menembus kulit, menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat merah. Adalagi, gas beracun yang disebut dengan lapisan ozon tingkat dasar juga bisa menyebabkan reaksi kimia dengan minyak alami kulitmu, mengubah konsistensinya dari cair menjadi lilin, yang pada gilirannya menggiring pada munculnya white head.

Cara mengatasinya : Cari tahu tingkat polusi kota di mana kamu tinggal. Jika skor polusinya berada di bawah level B (lumayan parah), maka gunakanlah pembersih wajah yang tepat untuk menghilangkan semua kotoran dan materi partikel yang super kecil. Menggunakan jari-jari tangan saja tidaklah cukup untuk menghilangkannya. Gunkanlah sikat khusus pembersih wajah untuk menghilangkan lebih banyak kotoran dan debu.

2. Faktor iklim

Iklim yang panas dan lembab akan memacu produksi minyak, yang merupakan daerah perkembangbiakan yang cocok bagi bakteri P Acnes. Namun, penduduk yang tinggal di daerah beriklim super kering juga belum tentu aman. Udara kering akan menghisap kelembaban, menyebabkan sel kulit kering menjadi mengelupas dan membuntukan pori-pori, sehingga kamu akan melihat jerawat whitehead bermunculan.

Cara mengatasinya : Jika kelembaban udara adalah pemicunya, gunakanlah mouisturizer bebas minyak (oil free), dan jangan biarkan bakteri bisa menyusup dengan mulus. Jika iklim udara daerahmu kering dan panas, gunakanlah pelembab ruangan (humidifier).

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2