Khasiat Ajaib Madu Bagi Kulit & Rambut

by Ummi on April 22, 2016

Madu! Banyak yang bilang madu itu adalah makanan ajaib. Bahan alami yang dihasilkan oleh lebah atau serangga jenis lain dari nektar bunga ini, konon memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan energi, mengatur kadar gula, mengalahkan insomnia, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan pencernaan. Namun apakah kamu juga tahu, selain sarat dengan manfaat kesehatan, madu juga sangat baik untuk tujuan kecantikan. Dipenuhi dengan hantaman kuat dari khasiat antiseptik, antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi dan humektan, madu dapat meningkatkan kulit dan rambutmu dalam banyak cara.

khasiat madu

Jadi, jika kamu ingin mencari bahan alami yang murah meriah dan manjur untuk mengatasi rambut kering, jerawat, ketombe, ataupun luka, maka madu murni adalah solusi hebat untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Berikut adalah manfaat menakjubkan madu bagi rambut dan kulit :

Menyamarkan bekas luka

Bekas luka dalam ukuran dan bentuk apapun, tetap saja akan kelihatan jelek. Apalagi jika bekas lukanya ada di bagian tubuh yang terlihat, tentu banyak orang akan mencari berbagai macam cara agar dapat menyingkirkannya dengan secepat mungkin. Meski agak sulit untuk menghilangkan bekas luka secara total, kamu masih bisa menggunakan madu untuk meringankan dan mengecilkan tampilan dari bekas lukamu.

Madu akan meningkatkan proses penyembuhan dan regenerasi jaringan, serta membantu menghidupkan kembali sel-sel kulit. Semua faktor pendukung ini akan bekerjasama untuk menyamarkan bekas luka.

  • Campur madu dan minyak kelapa murni atau minyak zaitun dalam jumlah yang sama.
  • Pijatkan ramuan ini diatas area yang terdapat bekas lukanya dengan menggunakan gerakan kecil melingkar selama 1-2 menit.
  • Letakkan kain lap yang hangat di atas area tersebut, dan biarkan tetap di situ hingga dingin.
  • Bersihkan area tadi menggunakan kain kapas.
  • Lakukan hal ini dua kali sehari.

Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang bisa mempengaruhi sel kulit. Psoriasis bisa menyebabkan kemerahan, goresan, gatal-gatal, dan bahkan lesi. Meskipun madu tidak bisa menyembuhkan penyakit ini secara total, namun madu bisa menenangkan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit yang rusak agar tidak menjadi terinfeksi. Madu juga membantu meredakan kulit yang kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine melaporkan bahwa pengolesan ramuan yang terdiri dari madu alam, lilin lebah, dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama sangatlah berguna dalam merawat psoriasis vulgaris begitu juga dermatitis.

  • Taruh masing-masing 1 sendok teh madu, minyak zaitun, dan lilin lebah ke dalam pinggan tahan panas.
  • Hangatkan campuran ini di dalam microwave hingga lilin lebahnya meleleh.
  • Aduk ramuan hingga merata dan biarkan mendingin.
  • Oleskan di atas area yang terdampak sebagai losion sebanyak beberapa kali sehari.

Sementara itu, hindari untuk menggaruk ataupun mengorek lesi lukanya.

Menyembuhkan luka atau goresan kecil

Madu juga digunakan untuk menyembuhkan luka atau goresan kecil karena madu juga merupakan pembunuh kuman yang efektif. Madu membantu menarik cairan dari daerah yang terkena luka untuk mempercepat masa penyembuhan. Bahkan juga mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi risiko infeksi.

Penelitian tahun 2013 yang terbit di the Cochrane Database of Systematic Reviews mencatat bahwa madu efektif dijadikan sebagai pengobatan oles untuk luka akut. Namun, tidaklah efektif untuk mengobati luka kronis, seperti borok kulit dan luka bedah yang terinfeksi.

Untuk menyembuhkan luka dan goresan kecil, sebaiknya hanya gunakan madu Manuka yang berkualitas tinggi. Caranya adalah sebagi berikut :

  • Oleskan lapisan tebal dari madu Manuka ke atas bagian luka.
  • Taruh perban diatasnya selama beberapa jam.
  • Lepaskan perban dan bersihkan area dengan menggunakan kain yang lembab.
  • Ulangi hal ini seperlunya.

Melawan jerawat

Jerawat bisa muncul akibat sekresi minyak yang berlebihan dan terjebaknya debu yang bercampur dengan minyak di pori-pori kulit sehingga menciptakan lahan yang empuk bagi perkembangbiakan bakteri. Berhubung menjadi agen antibiotik dan anti inflamasi alami, madu dapat mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi. Madu juga menjaga kulitmu tetap lembab dan bercahaya, berkat kandungan nutrisi yang luar biasa yang terdapat di dalamnya.

  • Oleskan madu murni di atas jerawat dan area kulit di sekitarnya. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Ulangi hingga 2-3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif lain, kamu bisa mencampur hingga rata 1 sendok teh madu dan setengah sendok makan bubuk kayu manis. Oleskan ramuan ini dia atas area yng terkena jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu basuh menggunakan air hangat. Ulangi 1 atau dua kali sehari.

Menunda penuaan kulit

Menjadi sumber antioksidan yang baik, madu bisa melindungi kulitmu dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa mempercepat proses penuaan kulit dan ikut andil dalam menyebabkan keriput, garis halus, dan bahkan kulit yang kendur. Madu juga menjaga kulit tetap terhidrasi, yang menjadi salah satu rahasia dibalik kulit yang berkilau dan tampak muda.

  • Campur madu murni dan air perasan lemon segar dalam jumlah yang sama hingga merata. Oleskan ramuan ini ke bagian wajah dan leher. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan obat anti penuaan kulit ini satu atau dua kali seminggu.
  • Alternatif lain, kamu bisa mencampur masing-masing dua sendok makan madu murni dan buah alpukat hingga merata. Dengan menggunakan jari, oelskan masker ini ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini satu kali seminggu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2