≡ Menu
werno-werno.com

Khasiat & Manfaat Luar Biasa Dari Habbatussauda

Pernah dengar dengan obat khas dari Timur Tengah ini? Habbatussauda yang nama Latinnya Nigella Sativa ini memiliki rasa yang getir, pedas, dan tajam, dengan aroma seperti oregano. Di kawasan Timur Tengah, biji Habbatussauda alias jintan hitam kering yang disangrai biasanya digunakan untuk bumbu penambah rasa dalam masakan kari, makanan pendamping, dan tumisan sayuran. Sejak jaman dahulu, orang-orang telah menggunakan ‘biji dan minyak ajaib’ ini untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan hampir tidak adanya efek samping yang ditemukan, kekutan penyembuhan dari jintan hitam ini sangatlah luas cakupannya.

manfaat habbatussauda

Sebagian besar manfaat kesehatan dari habbatussauda disumbang oleh tiga senyawa kimia alami, Thymoquinone (TQ), Thymohydroquinone (THQ), dan Thymol yang terkandung didalamnya. Selain itu, habbatussauda juga mengandung kalsium, zat besi, potassium, protein, karbohidrat, dan lemak baik. Habbatussauda juga memiliki sifat analgesik, antijamur, antispasmodiak, antioksidan, antibakterial, antiinflamasi, antihipertensi, antikolergenik, dan carminative.

Ingin tahu manfaat kesehatan menakjubkan apa saja yang terkandung pada habbatussauda? Simak ulasannya berikut ini :

Menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Efek anti hipertensi dari jintan hitam mampu menolong seseorang mengatasi penyakit hipertensi. Berdasarkan penelitian di tahun 2008 yang terbit di jurnal Fundamental & Clinical Pharmacology, mengkonsumsi ekstrak Nigella Sativa secara rutin setiap hari selama dua bulan, akan memberikan pengaruh penurunan tekanan darah pada pasien yang menderita hipertensi ringan. Selain itu, biji ini juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan keseluruhan kesehatan jantung.

Jadi, saat kamu mengalami hipertensi minumlah 100-200 mg ekstrak habbatussauda dua kali sehari. Dan konsultasikanlah ke dokter untuk dosis yang tepat dengan kondisimu.

Mengontrol Diabetes tipe 2

Para peneliti telah mempelajari pengaruh habbatussauda pada pengendalian glikemik di pasien dengan Diabetes tipe 2. Menurut studi di tahun 2010 yang diterbitkan di Indian Journal of Phsycology, penggunaan 2 gram habbatussauda setiap hari secara teratur bisa mermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah pada penderita Diabetes tipe 2. Asupan rutin dari biji Nigella Sativa juga bisa membantu mengurangi lonjakan gula darah dan insulin resisten, begitu pula meningkatkan fungsi sel Beta dalam pankreas.

Mendorong kesehatan Liver (hati)

Minyak habbatussauda juga bisa menaikkan kesehatan liver. Hati yang berfungsi sebagaimana mestinya akan membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Dalam studi tahun 2013 yang terbit di European Review for Medical and Pharmacological Sciences, minyak habbatussauda bisa memberikan peningkatan pada arsitektur ginjal dan hati. Penelitian tersebut menemukan bahwa minyak ini akan meningkatkan mekanisme perlindungan hepato-renal, mengurangi komplikasi penyakit, dan menunda perkembangannya. Untuk meningkatkan fungsi liver dan mencegah penyakit dan kerusakan hati, sertakan selalu habbatussauda dalam dietmu sehari-hari.

Meningkatkan daya ingat

Jintan hitam bahkan juga bisa meningkatakan kesehatan otak. Karena kandungan sifat antioksidan, anti inflamasi, dan pelindung neuronnya, habbatussauda bisa meningkatkan daya ingatmu. Berdasarkan studi tahun 2013 yang terbit di Journal of Ethnopharmacology, orang yang meminum dua kapsul bubuk habbtussauda murni 500 mg setiap hari, menunjukkan peningkatan memori, perhatian, dan pengenalan dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi Plasebo (pil kosong). Untuk itu, makanlah ½ sdt serbuk habbatussauda murni dua kali sehari atau minumlah suplemen habbatussauda setelah berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment