Khasiat & Manfaat Teh Matcha Bagi Kesehatan

by Ummi on June 5, 2015

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas tuntas mengenai apa itu teh matcha? Saatnya kini kita ulas mengenai khasiat dan manfaat teh matcha bagi kesehatan kita. Teh hijau masuk ke dalam golongan jenis makanan ‘super food’, karena ia menyuguhkan nutrisi tingkat tinggi dan menawarkan kekeuatan menurunkan resiko penyakit. Oleh karena itu, teh matcha memiliki banyak sekali manfaatnya, diantaranya:

manfaat teh matcha

• Meningkatkan metabolisme
Matcha bisa menciptakan efek Thermagonik, yang berarti akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sehingga kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Sebuah studi yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa Katekin dalam teh bisa mengurangi timbunan lemak di tubuh dan menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL). Teh juga terbukti mampu menopang kadar gula dalam darah yang sehat, dengan cara memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula sederhana.

• Detoksifikasi
Teh matcha akan mendukung saluran detoksifikasi tubuh dengan beberapa cara. Warna hijau yang berasal dari senyawa bernama Klorofil (di mana konsentrasinya akan lebih tinggi dalam teh matcha karena tumbuh di bawah naungan tirai buluh bambu), bisa mendukung tubuh untuk menghilangkan racun dan logam berat.

• Fungsi otak
Para biksu Buddha telah menggunakan matcha selama berabad-abad untuk membantu mereka bermeditasi dalam periode waktu yang lama. Matcha mengandung jumlah asam amino L-Tianin yang tinggi, yang bisa meningkatkan konsentrasi pikiran dengan meningkatkan focus yang tenang.

• Suasana hati
L-Tianin dalam kadar tinggi juga bisa mengurangi rasa gelisah dan mendukung mood yang seimbang.

• Energi
Matcha mengandung kafein 2 kali lebih banyak daripada teh bisaa, namun masih lebih sedikit dibanding kopi. Namun, kafein ini bisa diimbangi oleh L-Tianin, sehingga bisa menyuguhkan energy yang tetap santai dan terfokus.

• Daya tahan tubuh
Teh hijau kaya akan Polifenol Katekin, yang merupakan antioksidan kuat dan pelawan radikal bebas. Salah satu jenis katekin terkuat ECGC (EpigalloCatechinGallate) yang terdapat pada teh hijau, telah terbukti mampu menawarkan efek perlindungan terhadap kanker. Sebuah studi di tahun 2011 menemukan bahwa jumlah ECGC dalam teh matcha 137 kali lebih tinggi daripada teh hijau tradisional China.

• Kesehatan kulit
Kapasitas untuk menghancurkan radikal bebas dari Polifenol yang terdapat dalam teh matcha, bisa melindungi kulit dari polusi lingkungan dan kerusakan akibat matahari untuk mendukung program anti-aging dan pencegahan kanker dalam kulit.

• Kesehatan mulut dan nafas
Teh matcha memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu mendukung kesehatan gigi dan mulut, serta menyegarkan nafas.