Kombucha Bukan Teh Biasa

by Ummi on March 18, 2013

Manfaat Teh Kombucha Untuk Kesehatan

Teh yang satu ini bisa dibilang merangkum semua manfaat dan khsaiat yang dimiliki oleh teh-teh jenis lainnya serta memberikan ‘bonus’ yang sangat luar biasa, yakni dapat memberikan umur panjang bagi orang yang biasa mengkonsumsinya.

Mungkin, di antara jenis teh lainnya, jenis teh bernama kombucha ini yang paling tidak dikenal. Namun meskipun demikian, justru teh inilah yang memiliki manfaat dan khsiat yang paling lengkap di antara;

  1. Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
  2. Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan
  3. Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan

Teh kombucha ini berasal dari Jepang, dan nama ‘kombucha’ itu menjadi nama universal bagi teh ini, meskipun kemudian muncul banyak nama bagi teh yang satu ini, seperti olinka, volga spring, pichia fermentans, tschambucco, combuchu, tea kvas atau tea kwass dan cembuya orientalis.

Perlu diketahui, teh kombucha ini berbeda dengan teh jenis teh murni, melainkan salah satu jenis jamur (istilah paling umum adalah teh jamur Jepang). Jamur yang menjadi asal mula dari teh kombucha ini berbentuk lembaran tipis yang dilapisi cairan kental. Yang unik, jamur ini bisa hidup pada larutan teh dan gula, dan pada temperatur tertentu jamur ini dapat melipatgandakan diri dengan cepat.

Jamur kombucha tidak membentuk pori-pori sebagaimana ragi, karena proses perkembangbiakannya dengan cara bercabang-cabang. Proses percabangan inilah yang yang mengubah kandungan teh menjadi enzim yang memiliki manfaat bagi tubuh. Bisa dikatakan tanpa proses percabangan jamur kombucha ini, larutan tehnya tidak memiliki kesitimewaan.

Yang menjadi kandungan utama jamur kombucha adalah asam-asaman yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh, antibiotik, antiseptik, vitamin B dan vitamin C, penawar racun, serta juga alkohol 0,5 samapi 1 persen. Salah satu kelebihan utama teh kombucha adalah kemampuannya dalam membersihkan tubuh dari racun serta sampah tubuh dengan cara yang bisa dikatakan luar biasa cepat.

Kenyataan ini pernah dibuktikan dengan melakukan tes urine dari orang yang baru saja meminum teh kombucha. Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa urine dari orang tersebut mengandung racun serta sampah yang paling berat bagi tubuh; semacam zat mercuri. Bisa dikatakan tidak ada penawar racun bagi tubuh yang bisa bekerja secepat itu. Luar biasa sekali bukan..?

Kelebihan lain yang dimiliki teh kombucha ini adalah kemampuannya dalam mempengaruhi seluruh kelenjar aktif dalam tubuh, entah itu berkaitan dengan organ-organ penting ataupun yang hanya sekedar kelenjar-kelanjar keringat dan air mata. Karenanya, tidak mengherankan bagi orang-orang yang terbiasa meminum teh kombucha ini tidak hanya terlihat sehat dan penuh vitalitas, namun juga terlihat awet muda & memiliki kesegaran alami.

Hal terakhir yang menjadi khasiat dan manfaat teh kombucha ini adalah kemampuannya dalam mencegah gangguan pencernaan, menghilangkan rasa ngilu dan rasa nyeri otot ataupun persendian, menyembuhkan asma, bronkitis, juga batuk dalam waktu yang relatif singkat (hanya sekitar 2 samapi 3 hari), mengatsi ketegangan saraf, alergi, juga manjur untuk mengatsi ginjal yang bermasalah.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: