Lima Cara Aman Memanjangkan Bulu Mata Tanpa Maskara

by Ummi on October 10, 2015

Tak bisa dipungkiri, memang sedikit sekali wanita yang terlahir dengan memiliki anugerah bulu mata yang lentik, hitam, dan tebal, sehingga banyak sekali yang mengidamkannya. Wanita beruntung ini tidak akan menemui masalah jika harus melewatkan maskara saat menghadiri berbagai acara tanpa riasan makeup. Sebaliknya, hal tersebut pasti akan tampak sulit bagi wanita yang memiliki bulu mata pendek dan jarang atau bulu mata yang berwarna sangat pirang sehingga hampir tidak kelihatan. Mereka tentu harus mengandalkan pada maekup (terutama maskara) untuk memberikan tampilan bulu mata yang menggoda dan tampak seperti mata rusa betina.

cara memanjangkan bulu mata

Namun, produk maskara sekarang ini, makin lama semakin membual dan mengumbar berbagai janji setiap tahunnya. Bahkan produk terbaru sekalipun yang menawarkan mengubah bulu mata menjadi bervolume dan ekstra panjang masih memiliki kekurangan. Entah itu maskara biasa atau yang bergengsi, berbahan fiber atau water proof, maskara akan selalu mengesalkan. Maskara bisa membuat noda (belepotan), menyerpih, menggumpal, menjadi kering, kedaluarsa, dan kamu harus berusaha keras untuk menghilangkannya saat akan menjelang tidur. Yang paling buruk dari semuanya adalah, maskara bahkan terkadang bisa menyebabkan bulu mata asli rontok dalam jangka waktu yang lebih cepat daripada biasanya, sehingga membuatmu semakin bergantung kepadanya karena maskara merusak bulu mata aslimu.

Apapun alsannya, entah itu karena kamu ingin mencari pilihan lain yang lebih sehat atau kamu hanya sekedar ingin menghemat waktu di pagi hari hari, tanpa harus bersusah payah menerapkan maskara, berikut ini akan kami ulas lima pilihan elternatif pengganti maskara yang bisa membuat bulu matamu menjadi lebih lentik, hitam, dan panjang secara dramatis :

1. Bulu mata palsu

Kelebihan :

Kamu bisa mendapatkan bulu mata palsu dengan harga yang relatif terjangkau, dan masih bisa menggunakannya kembali untuk beberapa kali jika kamu bisa merawatnya dengan benar. Selain itu, banyak juga tersedia berbagai variasi, mulai dari bulu mata palsu yang tampak alami, yang berwarna hitam gelap, hingga yang ekstra panjang. Kamu bahkan bisa mencoba memakai bulu mata palsu yang tampak terlihat natural dengan bentuk bulu mata individual (setiap helai) jika kamu mau telaten dan sabar memakainya satu per satu :-D. Disamping itu, bulu mata palsu juga mudah sekali di copot di malam hari menjelang tidur, tidak seperti maskara water proof yang akan sangat susah dihilangkan.

Kekurangan :

Akan sedikit tricky (gampang-gampang susah) saat kamu memasang bulu mata palsu. Akan ada kerumitan saat kamu merekatkan bulu mata palsu dengan lem dan harus memangkas mereka jika terlalu panjang, belum lagi kamu juga harus memasangnya dalam posisi yang lurus. Satu-satunya solusi adalah dengan rajin berlatih. Meski harga sepasang bulu mata palsu terbilang cukup murah, namun seiring waktu biaya tersebut bisa membengkak jika kamu menggunakannya setiap hari. Dan kekurangan yang terakhir adalah, bulu mata palsu bisa tampak tidak natural, terutama pada waktu siang hari atau karena kamu salah memasangnya.

Kesimpulan :

Bulu mata palsu merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan bulu mata panjang dan lentik yang dramatis dalam waktu cepat, namun hanya pada saat kamu memakainya saja. Menemukan satu set bulu mata palsu yang murah, memasang mereka dengan kerumitan yang seminimal mungkin, dan menyimpan mereka dengan benar untuk mendapatkan beberapa penggunaan ekstra, merupakan bagian dari proses pembelajaran. Jika kamu hanya mencari alternatif yang lebih cepat dibanding mengaplikasikan maskara di pagi hari, maka bulu mata palsu bukanlah jawabannya, karena keduanya sama-sama rumitnya.

2. Ektensi (sambungan) bulu mata

Kelebihan :

Ekstensi bulu mata merupakan pilihan alternatif yang lebih permanen dan tampak lebih natural dibanding dengan bulu mata palsu, plus mereka juga tidak memerlukan pemasangan harian. Biasanya hanya membutuhkan sekitar satu jam di salon untuk memasangkannya untukmu dan melalui proses yang sama sekali tidak menyakitkan. Ekstensi bulu mata bisa bertahan sekitar satu bulan, dan selama masa sebulan tersebut, kamu mungkin akan merasa bahwa kamu tidak perlu lagi memakai maskara. Ekstensi bulu mata adalah pilihan yang bagus bagi hampir semua orang, entah itu kamu memakai lensa kontak, memiliki bulu mata yang panjang atau pendek, atau memiliki mata yang sensitif. Kamu juga bisa menyesuaikan bulu mata tersebut sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa meminta beberapa pilihan yang berbeda kepada karyawan salon langgananmu.

Kekurangan :

Ekstensi bulu mata biayanya lebih mahal dibanding bulu mata palsu atau maskara. Salon yang memiliki reputasi baik bisa mencantumkan biaya pemasangan yang jauh lebih mahal lagi. Kamu juga harus melakukan pemasangan ekstensi ulang setiap satu atau dua bulan sekali. Memang, ada beberapa salon yang menwarkan paket pemasangan ekstensi bulu mata yang relatif murah, namun waspadalah jika harganya terlalu murah, karena bisa beresiko.

Dan ingat, berhubung itu berkaitan dengan area mata yang rawan, maka lakukan riset terlebih dulu tentang salon mana yang memang bagus dan berpengalaman dalam bidang tersebut (ekstensi bulu mata). Kekurangan lain adalah, pemeliharaan akan ekstensi bulu mata bisa sangat tricky. Kamu harus sangat berhati-hati saat mandi, mencuci muka, menyentuh matamu, menghilangkan riasan mata, dan bahkan saat tidur dalam posisi tertentu untuk menghindari copotnya ekstensi bulu matamu yang berharga dalam waktu yang lebih cepat.

Kesimpulan :

Ekstensi bulu mata merupakan pilihan jangka panjang yang bagus jika kamu ingin mempermak bulu matamu secara dramatis tanpa harus memakai makeup. Namun, mereka bisa cukup mahal dan perlu dipasang kembali secara rutin. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk acara spesial tertentu, seperti menjelang pernikahanmu, atau untuk acara liburan ketika kamu ingin tampil menawan tanpa harus menghawatirkan mengenai maskara.

3. Pewarnaan bulu mata (Lash Tinting)

Kelebihan :

Pewarnaan bulu mata bisa membantu mempertahankan tampilan bulu mata yang lebih panjang dan hitam. Kebanyakan dari kita memiliki bulu mata yang akan berubah berwarna kepirangan di ujungnya. Dengan melakukan pewarnaan bulu mata, mungkin akan membuatmu terkejut dengan menunjukkan betapa panjangnya bulu matamu yang sebenarnya. Plus, kamu mungkin tidak perlu memakai maskara lagi. Kamu hanya perlu mengeriting bulu matamu dan langsung pergi keluar. Ada banyak sekali cara yang berbeda untuk mewarnai bulu matamu, entah itu dengan pergi ke salon yang menawarkan pelayanan pewarnaan bulu mata, atau kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan alat pewarna bulu mata.

Kekurangan :

Belum ada satupun pewarna bulu mata permanen yang disetujui oleh FDA. Baik kamu pergi ke salon atau mencoba mewarnai sendiri bulu matamu di rumah, kamu akan mengambil resiko mengiritasi mata dan kulitmu dan bahkan berpotensi menyebabkan kebutaan. Disamping itu, pewarna ini sebenarnya tidak akan membuat bulu matamu lebih panjang atau lebih tebal. Bulu matamu akan tampak seperti apa adanya mereka. Jika kamu memang sudah memiliki bulu mata yang gelap tapi hanya saja pendek dan jarang, maka cara ini tidak akan bisa berbuat banyak untukmu.

Kesimpulan :

Pewarnaan bulu mata bisa sangat bagus bagi orang yang memiliki bulu mata panjang, namun berwarna pucat (tidak terlalu kelihatan hitam). Namun, kamu harus lebih dulu melakukan riset dan melanjutkannya dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan yang permanen. Akan lebih baik jika kamu pergi ke salon yang bereputasi baik yang menggunakan pewarna berbahan sayuran untuk mewarnai bulu matamu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2