Macam-Macam Bentuk Kuku

by Siti Eka Kurniyati on January 11, 2016

Kuku jari merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan oleh wanita. Mereka melakukan berbagai jenis perawatan kuku seperti manicure dan pedicure. Mereka juga berusaha menjaga kesehatan kuku dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kuku. Dan untuk memperindah kuku, biasanya para wanita senang menggunakan kutek (baca : memilih cat kuku sesuai warna kulit dan mempertahankan warna kutek) atau bahkan memakai kuku palsu dan melukis kuku (baca : cara memakai kuku palsu dan cara melukis kuku).

bentuk kuku sesuai bentuk jariTapi, kamu juga perlu tau bentuk kuku apa yang cocok dengan bentuk jarimu. Tidak semua bentuk kuku akan cocok dengan bentuk jari antara satu orang dengan yang lainnya. Jadi bentuk kuku sesuai bentuk jari mana yang akan cocok denganmu? Perhatikan dulu jemarimu dan simak ulasan bentuk kuku sesuai bentuk jari berikut ini.

Oval

Bentuk kuku ini cocok bagi kamu yang memiliki bentuk jari yang panjang dengan kuku yang lebar atau persegi. Bentuk kuku oval akan membuat jari kamu tampil elegan lentik dan cantik. Untuk membentuk kuku oval, kamu perlu menggunakan kikir untuk mengikir bagian samping kuku sampai membentuk oval.

Kotak (Square)

Bagi kamu yang memililki bentuk kuku yang lebar, bentuk kotak juga akan cocok dengan bentuk kuku yang satu ini. Bagian depan kuku berbentuk lurus dengan siku membentuk kota (90 derajat). Cocok bagi kamu  yang ingin bentuk kuku simple dan memudahkan perawatan. Cara membentuk kuku square atau kotak adalah dengan mengikir bagian depan kuku agar tampak lurus dan mengikir sedikit pada sudutnya agar tidak terlalu tajam jika menggores kulit.

Oval Persegi (Squoval / Square Oval)

Bentuk kuku yang satu ini adalah perpaduan dari bentuk kuku oval dan kuku persegi (square). Ujung kuku berbentuk lurus seperti pada bentuk kuku kotak namun sudutnya berbentuk bulat. Bentuk kuku ini paling sering dipilih karena tidak terkesan terlalu kaku.

Round / Bulat

Bentuk kuku ini cocok diterapkan bagi kamu yang memiliki kuku pendek, apalagi mempunyai kebiasaan suka menggigiti kuku. Kamu hanya perlu mengikur bagian depan kuku agar berbentuk bulat. Bentuk kuku ini simple dan rapi, kamu juga akan terhindar dari kebiasaan menggigiti kuku karena kukumu akan terlalu pendek untuk digigit.

Almond / Point

Sesuai namanya, bentuk kuku ini tentu saja mirip dengan bentuk almond. Bentuk kuku ini cocok bagi kamu yang ingin menerapkan nail art karena kamu akan mendapatkan ‘kanvas’ yang lebih luas. Memiliki ujung yang runcing namun membulat, bentuk kuku ini akan membuat jarimu tampak lebih ramping dan lentik. Kamu harus terlebih dahulu memanjangkan kukumu sebelum bisa membentuk kuku dengan bentuk almond.

Ballerina

Jika kamu memiliki kuku panjang, bentuk kuku ini juga perlu kamu pertimbangkan. Bentuk kuku yang satu ini mirip dengan bentuk kuku almond tetapi memiliki sudutnya tumpul, kamu bisa melihatnya seperti pada gambar di atas.

Stiletto / Lancip

Seperti nama model sepatu wanita ya? Tapi bentuk kuku ini memang menyerupai bentuk heels pada stiletto yang memiliki ujung yang runcing. Bentuk kuku ini mungkin hanya akan cocok bagi sebagian orang karena akan kesusahan saat mengerjakan kegiatan sehari-hari.