Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

by Siti Eka Kurniyati on February 26, 2016

Pada masa puber, perempuan pasti mengalami masalah hormone. Ketidastabilan hormone tersebut menimbulkan berbagai masalah seperti munculnya jerawat. Hal tersebut pasti akan menganggu penampilan dan membuat kamu tidak percaya diri.

macam-macam jerawat dan cara mengatasinyaSelain karena masalah hormon, jerawat juga bisa muncul akibat karena berbagai penyebab jerawat. Bisa karena kebersihan wajah kita yang kurang atau karena polusi udara. Nah, karena penyebabnya berbeda, jenis jerawat juga berbeda-beda. Apa saja sih sebenarnya jenis jerawat dan cara mengatasinya? Simak ulasan macam-macam jerawat dan cara mengatasinya.

Jerawat Biasa

Jenis Jerawat Biasa atau jenis jerawat klasik bisa disebabkan oleh perubahan hormon ketika sedang dalam masa puber atau saat akan mengalami datang bulan. Ciri-ciri jenis jerawat biasa adalah tonjolan kecil berwarna putih kemerah-merahan. Jerawat biasa bisa terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat. Tertutupnya pori-pori kulit disebabkan oleh bakteri bernama propionibacterium acne. Bakteri ini hidup di kelenjar sabesceous yang memproduksi asam lemak di pori-pori kulit. Jika dalam keadaan darurat, dan kamu harus tampil sempurna pada acara tertentu, kamu bisa menggunakan pasta gigi berflouride sebelum tidur. Atau kamu juga bisa menggunakan timun atau tomat untuk membuat masker wajah. (baca : tips mengatasi jerawat secara alami dan 12 bahan alami untuk mengobati jerawat)

Jerawat Komedo

Ada dua jenis jerawat komedo yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka adalah jenis komedo yang paling sering dialami oleh sebagian besar wanita. Komedo tertutup ditandai dengan benjolan kuning kehitaman atau gelap pada daerah wajah sekitar hidung. Komedo tertutup bisa terjadi karena penyumbatan pori-pori, kadar minyak yang berlebih atau bisa juga karena bakteri, sel kulit mati dan keratin yang menumpuk di pori kulit. Jenis komedo yang kedua adalah komedo tertutup. Penyebab komedo tertutup hampir sama dengan komedo terbuka, yang berbeda adalah ciri fisiknya yang berupa benjolan kecil berwarna putih atau kekuningan. (baca : tips mencegah dan menghilangkan komedo)

Jerawat Batu

Mengenai jenis jerawat batu kamu bisa membaca penyebab jerawat batu disini dan cara mengatasinya disini

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2