‚Č° Menu
werno-werno.com

Makan 7 Makanan Ini Agar Kenyang Lebih Lama Saat Diet

Apakah kamu sedang menjalani program penurunan berat badan saat ini? Tentu program diet memerlukan pembatasan dan pengawasan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Agar tubuh tidak menimbun terlalu banyak lemak dan bisa tetap merasa kenyang serta nafsu makanmu tetap terkendali selama diet, berikut adalah makanan yang bisa membuatmu merasa tetap kenyang dan puas :

kentang rebus

Sup kacang merah (jumlah kalori :150)

Sup kacang merah memliki kandungan air tinggi, yang artinya mereka akan membuat perutmu penuh namun dengan jumlah kalori yang sedikit. Selain itu kacang merah juga mengandung  serat dan pati resisten (karbohidrat baik yang akan memperlambat pelepasan gula ke aliran darah) dalam dosis yang besar, sehingga bisa menjagamu tetap puas. Serat dan air akan meregangkan perutmu, dan mengaktifkan reseptor yang memberi sinyal bahwa kamu sudah tidak lapar lagi. Ingin lebih kenyang lagi : jangan mau makan cracker saat makan sup kacang merah guna mendukung bantuan besar dari sup ini.

Kentang panggang / rebus (jumlah kalori : 160)

Dalam sebuah studi, yang mengukur indeks kekenyangan dari 38 makanan, termasuk beras merah dan roti gandum utuh, kebanyakan orang telah menempatkan kentang rebus pada urutan tertinggi. Mereka melaporkan bahwa mereka merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit dua jam setelah mengkonsumsi kentang rebus. Meski banyak yang khawatir karena mempertimbangkan tingginya kandungan karbohidrat dalam kentang, namun baik kentang panggang / rebus juga dipenuhi dengan banyak vitamin, serat dan nutrisi yang lain. Hasilnya? Kamu punya energi yang mantap dan rasa kenyang yang bertahan lama setelah memakannya. Ingin lebih kenyang lagi : makan kentang beserta kulittnya untuk memperoleh lebih banyak serat.

Telur

Makanlah satu / dua butir telur dan kamu mungkin tidak akan mau ngemil untuk waktu yang lama. Sebuah studi dari Saint Lois University menemukan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan, akan mengkonsumsi kalori 330 lebih sedikit sepanjang hari dibanding mereka yang makan roti bagel. Telur termasuk protein yang komplit, artinya mereka mengandung kesembilan asam amino esensial yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuhmu. Saat dicerna, asam amino ini akan memicu pelepasan hormon dalam lambungmu yang akan menekan nafsu makan. Ingin lebih kenyang lagi : jangan pisahkan kuning telurnya. Kuning telur mengandung sekitar separuh dari total protein dalam telur. Menambahkan sayuran pada orak arik telur juga akan menambah kandungan volume dan seratnya dengan tambahan kalori yang hanya sedikit.

Apel

Apel adalah salah satu dari sedikit jenis buah yang mengandung pectin, yang akan secara alami memperlambat pencernaan, dan menambah sensasi rasa kenyang. Faktanya, orang yang makan apel sebagai bagian dari makanan utamanya, merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit dibanding orang yang makan makanan yang setara dengan jumlah kalori dari jus dan saus apel. Satu alasannya : tanpa menghiraukan kandungan kalori yang sedikit, apel yang dimakan utuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimakan, sehingga tubuhmu punya waktu untuk memberitahu otakmu bahwa kamu sudah tidak lapar lagi. Ingin lebih kenyang lagi : tambahkan cacahan apel ke dalam oatmeal atau salad atau irisan apel ke dalam roti sandwich.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment