Makanan dan Minuman Yang Dihindari Saat Muntah-muntah

by Ummi on August 27, 2017

Muntah adalah cara perut untuk mengeluarkan virus, bakteri, atau iritan yang tidak diinginkan. Menurut keterangan dari MedlinePlus, setiap bagian tubuh memiliki cara tersendiri untuk mengeluarkan zat-zat ini : seperti hidung yang bersin, usus menyebabkan diare dan paru-paru menggunakan batuk agar sistem tetap bersih. Muntah dianggap sebagai refleks umum dari tubuh agar tetap aman dan terlindungi. Refleks ditandai oleh otak dan dipicu oleh sensor di perut, mulut, darah dan sistem penyeimbangan.

muntah

Menderita mual (sakit perut) dan muntah bisa sangat sulit untuk dilalui. Penyebabnya mungkin termasuk salah satu dari hal-hal berikut ini:

  • Sakit perut atau kehamilan (morning sickness).
  • Pengobatan medis, seperti pengobatan kanker (kemoterapi).
  • Emosi seperti kekhawatiran atau stres berat.

Bila kamu sedang mengalami mual dan muntah-muntah, kamu tentu tidak mau makan karena khawatir jika makanan tersebut akan dimuntahkan lagi. Jika hal ini terus berlanjut, maka dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat. Muntah bisa membuat kamu mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), yang bisa berbahaya. Begitu kamu dan tenaga medis sudah menemukan penyebab mual atau muntah, maka kamu mungkin diminta untuk minum obat anti mual muntah, mengubah pola makanan, atau mencoba hal lain untuk membuatmu merasa lebih baik. Disamping ada beberapa jenis makanan penghilang mual dan muntah, ada pula beberapa daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat menderita muntah agar muntahnya tidak semakin parah seperti berikut:

Makanan yang harus dihindari saat muntah-muntah

Jika kamu sedang mengalami muntah secara terus menerus dan kamu tidak dapat menelanan makanan sedikitpun (langsung keluar lagi), maka hentikan makan makanan padat sama sekali selama enam jam, menurut keterangan dari Central Connecticut State University. Kamu perlu memberi istirahat pada perut untuk menghentikannya berkontraksi. Selama periode enam jam ini, hindari mengonsumsi makanan padat dan makanan yang bisa mengganggu perut. Makanan non-padat yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula, rempah-rempah, lemak atau susu. Jaga agar makanan tetap sederhana dan makan dalam jumlah kecil. Hindari mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar karena perpanjangan perut bisa menyebabkan muntah lebih lanjut. beberapa makanan lain yang harus dihindari saat menderita muntah :

Makanan asin atau berminyak

Makanan ini benar-benar tidak baik untukmu, bahkan saat kamu sedang tidak muntah-muntah. Bila kamu muntah, bagaimanapun, mereka benar-benar tidak akan diterima dengan baik oleh perutmu. Hal yang harus kamu hindari meliputi daging, makanan yang digoreng, berminyak, roti putih, makanan olahan dan apapun yang berasal dari kaleng yang mengandung banyak garam.

Makanan dengan bau yang kuat

Makanan yang berbau menyengat bisa menyebabkan mual. Bahkan jika makanannya biasanya terasa enak bagimu, kamu tetap harus menghindari untuk memakannya sampai kamu yakin muntahnya sudah berhenti. Jika kamu merasa mual setelah mencium makanan tertentu, hindari mengonsumsinya karena mereka mungkin saja menyebabkan lebih banyak muntah.

Makanan pedas

Makanan pedas akan menjadi sulit bagi perutmu meskipun banyak dari mereka memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sakit perut. Bila perutmu sedang terasa tidak nyaman, makanan pedas hanya akan memperburuk keadaan dan kamu bisa mengalami peningkatan muntah.

Makanan mentah (yang belum diolah)

Ini termasuk buah dan sayuran yang masih mentah (belum diolah). Meski makanan ini sehat untuk Anda, kementahan makanan tersebut akan memicu iritasi perut dan lebih sulit bagi perut yang sakit untuk mencernanya.

Obat-obatan anti inflamasi non stereoid

Ada beberapa jenis obat tertentu yang termasuk hal yang harus dimakan setelah muntah, sementara obat yang lain harus dihindari. Obat ini termasuk obat penghilang rasa sakit over-the-counter seperti Naprosyn, Motrin dan Aspirin. Ini akan memiliki efek negatif yang melekat pada lapisan perut dan akan membuatmu merasa lebih buruk dalam jangka panjang.

Minuman yang harus dihindari saat muntah-muntah

Hindari semua minuman yang bisa memperparah kondisi perutmu. Ini termasuk minuman yang mengandung kafein, alkohol atau susu. Jangan minum kopi, soda, teh atau minuman berbasis susu. Kamu mungkin juga ingin menghindari air putih biasa jika kamu tidak kuat menyimpannya di sistem Anda. Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu tujuan utama mengobati gejala ini. Minumlah sedikit jus buah atau minuman olah raga elektrolit. Jika perutmu masih tidak dapat mentolerirnya, cukup emutlah es batu.