Makanan Kaya Biotin

by Ummi on June 9, 2017

Apa itu Biotin ? biotin termasuk ke dalam kelompok ‘vitamin B kompleks’. Vitamin ini juga disebut dengan vitamin B7. Seperti halnya jenis vitamin B yang lain, biotin akan membantu tubuhmu mengubah makanan menjadi energy. Memiliki jumlah biotin yang mencukupi dikaitkan dengan memiliki rambut yang berkilau, kulit yang bersinar, dan kuku yang mengkilap. Biotin juga penting untuk kehamilan, dan biasanya disertakan dalam banyak vitamin kehamilan. Biotin juga konon bermanfaat untuk membantu mengatur gula darah bagi penderita Diabetes.

makanan kaya biotin

Biotin sebenarnya bias berinteraksi dengan beberapa obat-obatan, namun secara umum biotin tidak beracun bagi seseorang yang sudah terbiasa terpapar biotin. Kamu bisa membeli suplemen biotin du took makanan kesehatan dan apotek terdekat. Namun kamu bias juga meningkatkan asupan biotinmu melalui makanan. Nah, ingin tahu makanan apa saja yang menjadi sumber kaya biotin ? simak ulasannya berikut ini ;

Telur

Biotin terdapat dalam kuning telur. Kuning telur sebaiknya selalu dimasak lebih dulu sebelum dikonsumsi, meskipun proses pemanasan ini akan mengurangi jumlah biotin yang kamu dapatkan. Karena fungsi dari biotin bertindak dalam perkembangan sebuah embrio, maka masuk akal jika kuning telur adalah salah satu sumber biotin terkaya yang bisa kamu makan.

Almond

Almond yang mentah, di asini, atau dipanggang mengandung kadar biotin yang tinggi. Kacang-kacangan dan kacang polong pada umumnya merupakan sumber biotin. Vitamin ini juga bisa ditemukan di kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, dan pecan. Meraih segenggam kacang almond sebagai makanan ringan akan memberimu protein dan vitamin E sebagai tambahan dorongan biotin.

Kembang kol

Kembang kol mentah mengandung 17 mikrogram biotin per porsi. Itu sangat banyak bila kamu menganggap bahwa orang yang paling sehat mendapatkan antara 100 hingga 300 mikrogram biotin setiap hari. Karena biotin larut dalam air, makanlah kembang kol mentah untuk mendapatkan manfaat gizi maksimal. Cobalah memanggangnya dengan perlahan di oven.

Keju

Sebagian besar produk susu mengandung sejumlah biotin yang lumayan. Keju biru dan keju Camembert ditemukan memiliki biotin paling banyak dalam penelitian terhadap 23 jenis keju. Cheddar dan keju Amerika juga kaya akan biotin.

Jamur

Kandungan biotin dalam jamur membantu melindungi mereka dari parasit dan predator saat mereka tumbuh. Mengolah jamur dengan cara di tumis bisa bekerja untuk membuatmu memperoleh biotin, tapi memakannya dalam kondisi mentah akan lebih baik. Cobalah jamur yang diiris dalam salad bayam dengan beberapa kuning telur rebus dan taburan kacang almond untuk makan siang atau makan malam yang kaya dengan biotin dan kaya protein.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beberapa tingkat biotin tertinggi yang ditemukan pada sayuran. Karena ubi jalar juga mengandung beta karoten, maka ia juga sangat bagus untuk dimakan jika kamu ingin memperbaiki penampilan kulitmu. Cobalah mendapatkan beberapa ubi jalar dengan cara ditumbuk halus atau menaburinya dengan garam laut dan memanggangnya di oven.

Bayam

Bayam mengandung salah satu tingkat biotin tertinggi di antara sayuran berdaun hijau. Membekukan bayam tidak membuatnya kurang begitu kuat; Satu porsi daun bayam cincang yang telah dibekukan mengandung 7 mikrogram biotin. Bayam segar sangat ideal karena padat nutrisi dan seratnya.

Sumber lain dari biotin

Biotin dapat ditemukan secara alami di tubuh Anda. Ini diproduksi di usus sebagai bagian dari fungsi pencernaan Anda. Tidak mungkin kamu akan overdosis pada biotin jika kamu ingin mengambil suplemen yang berisi biotin. Namun perlu diingat bahwa meski bagus untuk menambahkan biotin ke makanan Anda, kamu mungkin tidak memerlukannya.

Biotin bisa dibeli dalam bentuk bubuk untuk ditambahkan ke shake atau smoothies. Hal ini juga dapat diperoleh dalam bentuk kapsul dan dalam ekstrak cair. Jika kamu melihat bahan untuk produk komersial yang menjanjikan rambut kuat atau kulit yang lebih baik, banyak diantaranya yang mengandung biotin.