Makanan Penghilang Mual dan Muntah

by Siti Eka Kurniyati on December 27, 2015

Saat kita mengalami sakit kepala, terkadang kita menjadi pusing dan mual. Perasaan ingin muntah tersebut sangat menyiksa dan tidak enak. Hal tersebut tentu akan mengganggu selera makan kita dan membuat nafsu makan menurun. Padahal, saat kita sedang sakit seharusnya kita banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi agar cepat sembuh dan pulih.

cara meredakan mual dan muntahMual dan muntah bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti menderita suatu penyakit tertentu seperti maag (baca : cara mengatasi maag), mual karena sedang hamil (baca : cara mengatasi mual dan muntah saat hamil) atau mabuk kendaraan. Untuk membuat perutmu tetap terisi dan tidak menambah parah sakitmu, kamu tentu memakan sesuatu yang tidak membuatmu kembali memuntahkan makanan tersebut. Apa saja sih makanan dan minuman penghilang rasa mual dan bisa meredakan muntah? Check ulasannya berikut ini.

Wedang Jahe

Minuman yang terbuat dari bahan herbal ini memang sudah sejak dahulu diandalkan untuk meredakan mual dan muntah baik saat mabuk perjalanan atau hami muda. Selain olahan minumannya, jahe juga bisa dikonsumsi dalam bentuk lain seperti kue jahe, permen jahe teh hangat yang dicampur jahe dll. Jahe memiliki aroma yang khas yang akan membuat otak kita yang mengontrol rasa mual akan menjadi lebih rileks. (baca : manfaat wedang jahe untuk kesehatan)

Lemon

Jenis buah citrus yang satu ini juga bisa menghilangkan rasa mual dan muntah juga berkhasiat untuk meningkatkan energy yang biasanya terkuras setelah kita muntah-muntah. Jika kamu mengalami mual, minumlah jus lemon atau teh yang dicampur dengan perasan air lemon. (baca : manfaat lemon)

Jeruk

Masih dengan jenis buah citrus, jeruk juga dipercaya mampu meredakan rasa mual dan muntah baik saat mabuk perjalanan atau sedang hamil muda. Aroma serta rasa buah jeruk mampu menenangkan gejolak perut yang inngin memuntahkan makanan. Selain itu, jeruk kaya akan antioksidan yang bisa menceah radikan bebas masuk ke dalam tubuhmu.

Daun Mint (Peppermint)

Bahan herbal yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang segar yang mampu mengontrol bagian otak kita yang mengatur naik turunnya mood. Kamu bisa mengatasi mual dan muntah dengan mengunyah beberapa lembar daun mint. Jika kamu tidak ada daun mint, kamu bisa menggantinya dengan perment dengan rasa mint atau makanan lain yang memiliki rasa mint. (baca : manfaat peppermint)

Biskuit Cracker

Biscuit cracker merupakan camilan yang terbuat dari gandum, dan gandum memiliki fungsi yang bisa membantu menyerap cairan asam yang ada di lambung dan meredakan rasa mual. Jika kamu ingin meredakan rasa mual, pilihlah biscuit cracker yang rasa plain atau asin, jangan yang manis atau rasa lainnya.

Apel

Apel, terutama apel hijau merupakan buah yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil dan juga bagi janin yang sedang dikandungnya. Selain karena kandungannya yang bisa meningkatkan system imun, apel juga bisa dikonsumsi untuk menghilangkan mual dan muntah. (baca : buah yang bagus untuk ibu hamil)

Itu dia tadi beberapa makanan serta minuman yang dapat meredakan rasa mual serta muntah yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dan kamu konsumsi. Saat kamu merasa mual dan ingin muntah, hindarilah makanan atau minuman yang berbau serta berasa tajam karena akan memperparah rasa mualmu.