Makanan Sumber Kalium (Potasium)

by Ummi on January 24, 2017

Jika asupan kaliummu masih kurang dari dosis yang dianjurkan, maka kamu bisa menderita kekurangan kalium, yang juga dikenal sebagai hipokalemia. Kekurangan kalium dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti kelelahan, insomnia, sembelit, kelemahan otot, sensasi kesemutan, jantung berdebar-debar, masalah pencernaan dan banyak lagi. Kalium juga merupakan komponen makanan yang diperlukan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.
Dalam rangka untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, maka adalah penting untuk mengkonsumsi makanan kaya kalium. Berikut adalah ebberapa sumber makanan kaya kalium yang perlu kamu tahu :

Pisang

Pisang terkenal karena kaya akan kalium. Satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 422 mg kalium, atau 12 persen dari asupan gizi yang dianjurkan. Kamu bisa makan buah ini sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam oatmeal, yoghurt dan smoothies. Disamping dengan kalium, pisang juga mengandung serat, vitamin B6 dan C, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan seng. Karena kandungan gula alami seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa dalam pisang, mereka juga adalah penguat energi yang bagus.

Bahkan, pisang bisa menjadi makanan ringan sehat, berenergi tinggi dan lebih baik daripada minuman olahraga. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam PLoS ONE melaporkan bahwa pisang memberikan pengendara sepeda dengan antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman olahraga serta dorongan gizi yang lebih besar, termasuk serat, kalium dan vitamin B6.
Asupan rutin buah lezat ini membantu mengatur pergerakan usus, meningkatkan kesehatan jantung, mengobati anemia, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bisul, menenangkan mulas dan memperbaiki kondisi kulit.

Alpukat

Hanya 1 alpukat matang, sudah memberikan 975 mg kalium, yang setara dengan 30 persen dari asupan makanan yang dianjurkan. Kamu bisa makan setengah dari buah alpukat polos ditaburi dengan jus lemon atau bumbu favoritmu. Kamu juga dapat menggunakan alpukat untuk membuat guacamole dan jus buah atau menambahkannya ke dalam salad, smoothies atau sandwich.

Superfood ini juga memiliki banyak lemak yang sehat bagi jantung serta serat, kalium, vitamin B, vitamin K, tembaga, besi, fosfor, protein dan asam folat. Sertakan alpukat dalam dietmu agar  dapat membantu meringankan gejala arthritis, mengurangi risiko kanker tertentu, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan berat badan, mengatur gula darah dan membantu pencernaan. Hal ini juga meningkatkan produksi kolagen, yang mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulitmu.

Bayam

Kebanyakan sayuran berwarna hijau gelap kaya akan kalium, tapi bayam layak untuk paling pertama disebut. Hanya 1 mangkuk bayam rebus sudah menyediakan 839 mg kalium, yang setara dengan 24 persen dari asupan gizi yang dianjurkan. Kamu dapat menikmati sayuran hijau ini dalam sayur bening, jus sayuran atau smoothies hijau. Bayam juga dapat ditambahkan ke dalam sup, lauk atau omelet.

Selain dari kalium, bayam juga memiliki kandungan kalsium, vitamin A dan K, serat makanan, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, zinc, protein, selenium, tembaga dan nitrat. Plus, daun hijau ini tinggi akan kandungan air dan rendah kalori.

Beberapa manfaat kesehatan potensial dari mengkonsumsi bayam diantaranya adalah untuk meningkatkan kadar glukosa darah, mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan risiko mengembangkan asma, meningkatkan kesehatan tulang, melawan anemia, mengurangi peradangan, melindungi mata dari masalah yang berkaitan dengan usia dan masih banyak lagi.

Ubi jalar

Makanan lain yang kaya kalium adalah ubi jalar. Hanya 1 buah ubi jalar ukuran sedang ini saja  mengandung 952 mg mineral, yang setara dengan 27 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.
Kamu dapat menikmatinya dengan cara di tumis, dipanggang, dikukus atau digoreng. Kamu juga dapat menambahkan ubi jalar untuk sup atau salad.

Ubi jalar mengandung jumlah yang baik dari vitamin A dan C dan juga mengandung vitamin B1, B2 dan B6. Mereka juga memiliki mangan, tembaga, asam pantotenat, serat, fosfor, kalsium, besi dan karbohidrat kompleks. Asupan rutin dari ubi jalar dapat membantu mengurangi peradangan, memperbaiki penglihatan, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menangkal kanker, melawan penuaan dini, mengatur tingkat gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga stres tetap terkendali dan banyak lagi.

Kentang panggang

Kentang panggang juga merupakan sumber potasium yang baik. 1 kentang panggang ukuran menengah beserta kulitnya mengandung hampir 950 mg kalium, sehingga memberikan dengan sekitar 27 persen dari asupan makanan yang direkomendasikan. Daging biasanya mengandung hampir 610 mg kalium.

Kulit tipis kentang panggang juga sumber potasium yang baik karena mengemas 330 mg potasium, menyediakan 9 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.
Plus, kulit kentang merupakan sumber terkonsentrasi dari nutrisi, termasuk serat makanan, zat besi, protein, dan vitamin B6 dan C. Menjadi rendah kalori, maka itu adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalium . Menjadi rendah kalori, itu adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalium mu dengan makan ubi jalar.