Makanan super untuk menekan nafsu makan

by Ummi on October 26, 2014

Jika kamu sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, tantangan terberat yang menjadi penghalang kesuksesanmu adalah besarnya nafsu makan.  Timbulnya nafsu/ selera makan yang besar bisa dipicu oleh berbagai hal, baik dari segi psikis atau fisik.

Makanan super untuk menekan nafsu makan

Dari segi psikis diantaranya, godaan untuk makan yang timbul saat kita melihat makanan yang kelihatannya enak dan berbau harum yang bisa memicu respon psikologi dalam tubuh. Bisa juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dengan biasa mengonsumsi makanan instant/ cepat saji, stress, rasa bosan, depresi, mood yang buruk, serta masih banyak lagi faktor emosional lainnya. Selain faktor psikis, faktor fisik yang bisa memicu besarnya nafsu makan antara lain syndrome pra menstruasi, penyakit diabetes, kehamilan, dan lain sebagaianya.

Memiliki nafsu makan yang baik memang penting, namun nafsu makan yang berlebihan bisa menjadi berbahaya dan memicu lonjakan berat badan, menjadikan kebiasaan makan yang tidak sehat, dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.
Untuk menekan nafsu makan agar selalu terkontrol, berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi agar nafsu makan selalu terjaga:

  • Oatmeal

Dengan memakan semangkuk oatmeal, kita bisa merasakan kenyang lebih lama. Oatmeal mengandung banyak serat dan bisa meningkatkan produksi hormon yang mengatur nafsu makan yang disebut Cholecystokinin. Selain itu, oatmeal juga bisa menjaga kadar gula dalam darah normal dan insulin agar tetap dalam kondisi yang optimal, mempercepat proses pembakaran lemak, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga kadar kolesterol menjadi normal.

  • Apel

Apel merupakan makanan yang kaya serat yang bisa menjaga perutmu merasa kenyang lebih lama dan membantu mencegah timbulnya selera makan yang berlebihan. Apel sangat efektif untuk mengontrol nafsu makan karena memiliki kandungan kalori yang rendah dan kadar air yang tinggi. Pectin yang terkandung dalam buah apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah lonjakan gula darah yang bisa memicu rasa lapar, serta mampu meningkatkan energi tubuh. Sebaiknya, makanlah apel beserta kulitnya sebagai sarapan dipagi hari atau cemilan di sore hari untuk menjaga perutmu agar tidak merasa lapar.

  • Teh hijau

Teh hijau, baik diminum pada kondisi panas atau dingin, merupakan minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk menekan nafsu makan dan menolongmu menghentikan pikiran untuk selalu ngemil. Teh hijau mengandung Phytonutrient seperti EGCG yang mampu menningkatkan hormone Cholecystokinin yang bertugas untuk menciptakan perasaan puas. Disamping itu, kandungan Katekin yang terdapat dalam teh hijau juga mampu meredam lonjakan gula darah dan mencegah penumpukan lemak.
Minumlah sekitar 3 gelas teh hijau setiap hari untuk mengontrol nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan atau obesitas.

  • Alpukat

Alpukat adalah buah super yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi hasrat untuk selalu terus makan. Alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan mengandung serat larut yang membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya, sehingga menimbulkan perasaan kenyang yang lebih lama. Penelitian terbaru oleh Albert Einstein College of Medicine di New York menyebutkan bahwa asam oleic yang terdapat pada alpukat juga mampu menekan nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan..