≡ Menu
werno-werno.com

Makanan Untuk Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sel darah merah sangat penting untuk pengangkutan darah yang kaya oksigen ke jaringan tubuh dan penghilangan karbondioksida dari tubuh. Sel darah merah memiliki warna merah karena mereka mengnadung protein kaya zat besi yang disebut dengan hemoglobin, yang warnanya merah cerah. Seiring waktu, sel darah merah akan aus dan mati. Sum-sum tulang akan terus memproduksi kembali sel darah merah. Dan beberapa makanan tertentu bisa meningkatkan produksi dari sel darah merah ini.

makanan peningkat sel darah merah

Anemia

Lalu, apa yang akan terjadi saat kita kekurangan sel darah merah? Animea adalah kondisi dimana tubuh memproduksi sel darah merah yang terlalu sedikit atau setiap selnya mengandung jumlah hemoglobin yang sedikit. Jenis animea yang paling umum terjadi disebut ‘animea kekurangan zat besi’ yang biasanya dikaitkan dengan konsumsi yang rendah dari makanan yang mengandung zat besi. Disarankan bagi pria dewasa dan wnita yang memasuki usia menopause untuk mengkonsumsi setidaknya 8 mg zat besi setiap hari, sementara wanita yang sedang dalam usia menstruasi, membutuhkan jumlah yang lebih banyak, yakni 18 mg per hari. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C seperti buah citrus juga akn membantu meningkatkan penyerapan za besi dari makanan. Wanita, setidaknya membutuhkan 75 mg dan pria 90 mg vitamin C setiap hari.

Makanan kaya zat besi

Tubuhmu akan menggunakan mineral zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin bertugas membantu mengangkut dan menyimpan oksigen dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi bisa mencegah animea dan membantu menjaga semua sel darah tersuplai baik dengan oksigen. Sumber zat besi meliputi daging merah, organ hewan seperti ginjal dan hati, kacang-kacangan, lentil, sayuran berdaun hijau, seperti bayam, asparagus,  dan selada, kismis kering, dan kuning telur.

Makanan kaya asam folat

Asam folat yang juga dikenal dengan vitamin B9, termasuk vitamin B kompleks yang membantu tubuh memprodukasi sel darah merah yang baru. Pasien yang memiliki kadar asam folat yang kurang, sering menderita animea. Pasien bisa menigkatkan produksi sel darah merahnya dengan mengkonsumsi makanan kaya asam folat seperti roti dan sereal yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, buncis kering, kacang polong, dan kacang tanah.

Makanan kaya vitamin B 12

Vitamin B 12 termasuk vitamin B kompleks yang penting untuk sintesis DNA dan produksi sel darah merah di dalam sumsum  tulang. Kadar B 12 yang rendah bisa menyebabkan pembelahan sel darah yang tidak normal di dalam sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah yang belum matang, yang disebut dengan megaloblast. Pasien dengan megaloblas menderita animea megaloblastik karena sel darah merah yang tidak normal tidak bisa menyimpan atau mengangkut oksigen ke jaringan. Sumber vitamin B 12 meliputi hati sapi, ikan, daging merah, telur, susu, produk olahan susu, dan ragi.

3 comments… add one

Leave a Comment