Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Gigimu

by Ummi on September 4, 2015

Makanan yang kita konsumi sangat berperan penting bagi kesehatan gigi kita. Jika kamu salah dalam memilih makanan, makanan tersebut justru akan merusak gigi. Jadi, usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mengurangi makanan yang bisa merusak gigi. Berikut akan kami ulas tentang daftar makanan yang baik untuk kesehatan gigimu :

makanan untuk gigi sehat

Air putih

Air putih, terutama yang mengandung flouride, adalah minuman terbaik untuk mempertahankan kesehatan gigimu. Hal itu karena, flouride membantu gigimu lebih tahan terhadap serangan asam yang bisa menyebabkan gigi keropos. Jadi, perbanyaklah untuk meminum air putih, dan kalau bisa yang memiliki kandungan flouride.

Susu dan produk olahan susu

Susu, dan produk olahan susu lainnya seperti yogurt dan keju, memiliki kandungan gula yang rendah, yang mana itu baik bagi kesehatan gigimu. Ditambah lagi, mereka juga mengandung protein dan kaya kalsium, yang bisa membantu memperkuat gigi-gigimu.

Protein rendah lemak

Makanan kaya fosfor seperti daging, unggas, ikan, susu, dan telur membatu memperkuat gigimu dan mengandung banyak protein. Makanan ini juga aan membantu melindungi dan membangun kembali enamel gigi.

Buah dan sayur

Buah dan sayur adalah bagian penting dari pola makan yang seimbang, dan mereka juga baik bagi kesehatan gigimu. Berhubung mereka tinggi air dan serat, hal tersebut membantu menyeimbangkan kadar gula yang juga dikandungnya, dan membantu membersihkan gigimu. Mengunyah buah dan sayur juga akan membantu merangsang produksi air liur, yang akan membasuh pergi asam dan partikel makanan yang berbahaya dari gigimu.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein yang akan membantu memperkuat dan melindungi gigimu. Juga, mengunyah kacang juga membantu merangsang produksi air liur, yang akan secara alami membersihkan mulutmu. Coba perbanyak memakan kacang-kacang top untuk kesehatanmu seperti kacang kenari, mede, dan kacang Arab.

Ingatlah : Tidak hanya diet makan yang sehat dan bergizi penting untuk kesehatan tubuhmu, namun pola makan dan pilihan makananmu juga berperan penting dalam mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Jadi, jangan tergoda hanya dari penampilan luarnya saja, namun perhatikan mana yang terbaik bagi kesehatan gigi dan gusimu, karena mereka tidak hanya sekedar sebagai alat untuk mengunyah makanan saja.