Makanan Yang Bisa Membekas Di Gigi

by Ummi on December 5, 2016

Siapa sih yang tak mau memiliki senyum putih cemerlang? Mereka bisa membuat wajahmu tampak lebih muda beberapa tahun dan meningkatkan rasa percaya dirimu. Dan meski bleaching merupakan langkah pemutihan gigi yang efektif (dan secara umum aman), bleaching juga membantu kita untuk menghindari makanan yang bisa membekas di gigi pada urutan pertama. Dan faktanya, sungguh sangat penting untuk menjauhkan diri dari makanan yang bisa membekas di gigi secepatnya segera setelah melakukan perawatan pemutihan. Proses bleaching, membuat gigi menjadi ekstra penyerap. Nah, agar bleaching yang kamu jalani bisa berjalan sukses, hindari daftar makanan yang bisa menodai gigi berikut ini :

makanan yang membekas di gigi

Kopi hitam

Mungkin akan sangat sulit untuk melalui pagi tanpa secangkir kopi, namun kopi adalah salah satu pelaku makanan terburuk yang membekas di gigi. Mengapa? “lapisan terluar dari gigi sangatlah berpori,” ujar dokter gigi kecantikan, Debra Glassman. Hal itu berarti makanan dan cairan akan diserap, dan termasuk diantaranya adalah kopi yang berwarna pekat. Tapi kamu tak perlu terlalu khawatir, karena kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan sedikit susu agar membuat kopi menjadi lebih ringan. Sebagai bonus, kamu juga akan mendapatkan kandungan kalsium dan vitamin D dari susu yang bisa menguatkan gigi.

Teh

Kamu mungkin berpikir teh akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada kopi, namun akibat adanya tannin di dalamnya, teh juga bisa membekas di gigi. Kabar baiknya adalah, beberapa jenis teh jauh lebih baik daripada jenis yang lainnya. Hindarilah teh yang berwarna lebih gelap. Sebagai gantinya, pilih teh hijau, teh putih, atau teh herbal. Karena mereka memiliki warna yang lebih ringan, mereka tidak akan terlalu membekas di gigimu.

Anggur merah

Anggur merah mungkin baik bagi jantungmu, namun ia buruk bagi senyummu. Jika kamu melihat di depan kaca dan tersenyum seusai menyeruput segelas anggur merah, kamu bisa melihat akibatnya. Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anggur merah bisa mengurangi peradangan, yang bisa membantu atau mencegah penyakit gusi. Kamu juga bisa selalu memilih anggur putih atau mengumur-kumurkan air di mulut setelah meminumnya, saran dr. Debra.

Cola

Minuman soda berwarna pekat, termasuk diet soda, terutama sangat berbahaya bagi gigi karena warna mereka yang bisa membekas. Suhu dari soda juga bisa menjadi faktor karena suhunya yang sangat dingin bisa menyebabkan gigi berkontraksi, sehingga membuat mereka lebih berpori dan ternoda.

Selain itu, kandungan fosfat dan asam sitrat dalam soda bisa mengikis enamel gigi, dan pemanis dalam soda reguler bisa mempromosikan gigi berlubang. Untuk itu, pilihlah air soda (seltzer) di mana itu lebih sehat dari minuman berkarbonasi. Namun jika kamu tidak bisa menghentikan kebiasaan minum soda mu, maka setidaknya minumlah dari sedotan untuk membatasi kontak minuman dengan gigimu.

Jus cranberry

Jus buah-buahan, juga bisa membuat gigimu kusam. Warna gelap yang pekat dan asam diketahui bisa membuat gigi kuning. Untuk menjaga agar gigimu senantiasa putih, kamu lebih baik meminum jus buah spritzer (jus buah yang dicampur dengan air soda) atau minum jus buah dengan warna yang ringan. Misalnya saja adalah jus apel, teksturnya yang renyah dan warnanya yang ringan bisa berlaku sebagai deterjen pada gigi, yang bisa menghapus noda, ujar dr. Debra.

Es loli (popsicle)

Tidak ada yang lebih nikmat daripada minum es loli di hari musim panas, tapi jika makanan tersebut bisa membekas di bibir dan lidah, maka itu masuk akal bahwa ia juga bisa menodai gigimu. Pilihah es lemon sebagai gantinya. Panganan manis lain yang bahkan lebih baik untuk gigimu adalah permen karet tanpa gula. Bahkan, dr Debra menyarankan semua pasiennya untuk mengunyahnya setelah makan untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bakteri, yang dapat mempercepat pembekasan warna.

Kecap

Bukan hanya minuman berwarna gelap saja yang akan menodai gigimu – namun cairan gelap yang digunakan untuk membumbui makanan, seperti kecap, dapat menghasilkan efek yang sama. Aturan umum yang harus diikuti adalah bahwa jika makanan bisa menodai karpet atau T-shirt, maka itu juga dapat menodai gigimu. Jika kamu suka makan sushi atau makanan Cina, maka gunakan kecap secara hemat. Kecap juga mengandung banyak natrium, sehingga menjaga gigi tetap putih adalah salah satu alasan lagi untuk jangan terlalu banyak menggunakan saus.

Saus tomat

Entah kamu menyajikan spaghetti atau Bolognese dengan saus tomat, itu bisa membekas di gigimu. Tapi itu bukan alasan untuk menghindari menu makanan Italia. Untuk menyiasatinya, makanlah appetizer berupa bayam atau brokoli terlebih dulu. Sayuran ini, seperti halnya selada, akan membentuk lapisan pelindung di atas gigi, sehingga makanan yang bisa menodai gigi tidak bisa menyusup ke dalam pori-pori gigi.

Blueberry

Menjadi salah satu superfoods dari alam, blueberry dikemas dengan antioksidan. Satu-satunya kekurangannya adalah bahwa kulit buahnya yang berwarna biru gelap bisa membuat noda di gigi. Meskipun begitu, itu tidak bisa menjadi alasan yang cukup untuk menghindari manfaat blueberi yang meningkatkan kesehatan. Hanya waspadalah untuk memutar-mutarkan air di sekitar mulut setelah kamu makan blueberi.

Buah bit

Siapa pun yang pernah menyentuh buah bit pasti tahu tentang kekuatan mereka untuk menodai. Bit sangat ampuh dalam bentuk jus, di mana mereka paling terkonsentrasi. Pastikan untuk menyikat gigimu dalam waktu satu jam setelah makan bit sehingga noda tidak punya waktu untuk terbentuk.