Makanan Yang Bisa Menyebabkan Bau Badan

by Ummi on January 14, 2017

Sebagian besar dari kita sangat peduli tentang bagaimana bau badan kita, terutama ketika kita perlu untuk menghadiri acara penting seperti wawancara, kencan, atau kumpul-kumpul dengan keluarga dan teman-teman. Pada suatu waktu, bau tubuh kita menyerupai dengan bau makanan yang kita makan dan tidak peduli berapa banyak kita mandi, memakai deodoran atau memercikkan parfum atau cologne favorit, sepertinya tidak ada yang mempan untuk menutupi baunya.

Makanan penghasil bau dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap, bau mulut serta gerakan urine dan usus yang berbau busuk. Nah, agar kamu bisa lebih waspada, berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan :

Bawang putih

Bawang putih adalah herbal peningkat daya tahan tubuh yang bagus dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang lain. Namun bawang putih juga bisa memberikanmu bau nafas yang tak sedap yang sulit untuk dihilangkan. Bahkan, bau bawang putih yang menyengat bisa tetap berlama-lama di nafasmu hingga 72 jam kemudian. Bawang putih bahkan bisa juga membawa bau bersamaan dengan urinmu.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa sulfur yang dilepaskan ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan. Allicin akan hancur dengan cepat setelah dikonsumsi, yang menyebabkan bakteri untuk bercampur dengan keringat dan air liur dan menyebabkan bau tubuh yang menyengat dan bau mulut.

Jika kamu khawatir tentang bau bawang putih, maka hindari makan bawang putih dalam bentuk mentah. Selalu masak terlebih dulu bawang putih secara menyeluruh untuk mengurangi jumlah metil-mercaptan yang menyebabkan bau. Selain itu, hindari makan makanan Cina dan Italia dalam jumlah besar karena mereka biasanya menggunakan bumbu bawang putih yang melimpah.

Bawang merah

Sama seperti halnya bawang putih, bawang merah juga menanamkan bau badan yang busuk dan bau mulut. Bahkan, bau bawang merah yang menyengat bisa berlama-lama di mulut selama beberapa waktu.

Senyawa-senyawa belerang di dalamnya bertanggung jawab untuk masalah ini. Ketika bawang merah mentah dicerna, molekul berbau akan mencapai paru-paru melalui aliran darah, dan menyebabkan napas berbau busuk ketika kamu menghembuskan napas. Bawang merah mentah bisa membuat bau napasmu bau selama berjam-jam, meskipun begitu, bawang merah yang dimasak tidak menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, hindari makan bawang merah mentah secara berlebihan.

Daging merah

Orang-orang yang suka makan daging merah biasanya mengalami bau badan yang tidak sedap. Hal ini terutama terjadi karena daging merah membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan, dan membusuk selama proses berlangsung. Hal ini menyebabkan bau mulut serta bau badan yang tak sedap.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Chemical Senses menganalisis pengaruh konsumsi daging pada daya tarik bau badan. Para peneliti menemukan bahwa mayat orang-orang yang mengikuti diet vegetarian jauh lebih menarik daripada tubuh pemakan daging ‘.

Cara terbaik adalah untuk menghilangkan daging merah dari dietmu sepenuhnya, karena dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bersamaan dengan bau badan tak sedap. Jika diet vegetarian tidak cocok untukmu, maka cobalah untuk mengurangi daging dan menggantinya dengan makanan laut (seafood).

Asparagus

Asparagus adalah makanan lain yang dapat mempengaruhi bau badanmu. Asparagus mengandung thioesters dan methanethiol, senyawa sulfur yang terurai menjadi komponen kimia yang bau. Hal ini pada gilirannya membuat urinmu menjadi bau.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Chemical Senses melaporkan bahwa urine orang yang baru saja memakan asparagus memiliki bau belerang, yang khas dan mirip dengan bau kubis dimasak. Tetapi orang-orang yang kekurangan enzim pencernaan yang bisa menghancurkan sayuran menjadi komponen-komponen bau mungkin tidak mengalami kencing yang baunya seperti kencing asparagus. Jika kamu mengalami urine bau setelah makan asparagus, maka yang terbaik adalah untuk menghindarinya. Pilih alternatif lain dari asparagus yang lezat, seperti paprika yang juga dapat dipanggang atau dibakar.

Sayuran kubis-kubisan

Meskipun tinggi kalium dan antioksidan, sayuran seperti brokoli, kubis, kubis Brussel dan kembang kol dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Sayuran ini mengandung sulfur, zat kimia yang dapat meningkatkan bau badan ketika dikeluarkan melalui keringat setelah mencernanya.

Berhubung sayuran ini sangat sehat untukmu, maka kamu tidak perlu untuk benar-benar menghilangkan mereka dari dietmu. Cukup kurangi pada jumlah yang kamu makan. Juga, dianjurkan untuk memasak sayuran tersebut setengah matang dalam air yang sedikit asin. Kemudian, masak mereka seperti biasanya.

Alkohol

Minum minuman beralkohol sesekali tidak akan menyebabkan bau badan. Tetapi ketika kamu minum secara berlebihan, mungkin akan dilepaskan melalui pori-pori dalam bentuk keringat. Hal ini pada gilirannya memberikan tubuhmu bau yang sama dengan bau bir atau anggur. Juga, napas baumu akan benar-benar buruk. Dan bau menyengat ini akan sulit dihilangkan, bahkan setelah kamu menggunakan permen penyegar napas dan obat kumur. Satu-satunya elemen pemulih untuk bau busuk semacam itu adalah waktu.

Sementara itu, cobalah minum banyak air untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Dengan kamu terus minum air putih, maka kamu akan buang air kecil lebih sering dan asam urat menjadi kurang terkonsentrasi. Hindari minum secara berlebihan dan pasangkan minumanmu dengan makanan sehat, yang tinggi protein.

Suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 melimpah yang bermanfaat bagi kesehatanmu. Sifat anti-inflamasinya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pada sisi negatifnya, kebanyakan suplemen minyak ikan mengandung kotoran yang memicu bau badan yang berbau amis. Plus, kamu akan takjub untuk mengetahui bahwa kapsul minyak ikan bisa menjadi anyir dengan cepat. Oleh karena itu, sebagian besar kapsul yang tersedia di pasar benar-benar berbau anyir.

Selain masalah bau, suplemen minyak ikan juga bisa menyebabkan efek samping seperti bersendawa, mual dan asam lambung pada sebagian orang. Meminum kapsul minyak ikan yang berlapis enterik bisa membantu mengurangi gejala gastrointestinal sampai batas tertentu karena mereka bisa larut dalam usus bukan perut.