Makanan yang Dapat Melancarkan ASI

by Siti Eka Kurniyati on November 22, 2015

Air Susu Ibu atau lebih sering disingkat dengan kata ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi terutama bagi bayi yang baru lahir. (baca : manfaat ASI bagi bayi dan manfaat ASi bagi Ibu). Sebagai seorang ibu tentu ingin memberikan ASI Eksklusif bagi anaknya selama 2 tahun, tapi terkadang ada beberapa gangguan yang dialami ibu menyusui dalam memberikan ASI pada bayi. (baca : gangguan ibu menyusui dan cara mengatasinya).

melancarkan asi

ASI memiliki lebih banyak kandungan yang sudah sesuai bagi asupan bayi jika dibandingkan dengan susu formula buatan pabrik. Bayi berusia 0-6 bulan sangat membutuhkan banyak nutrisi, di usia inilah ibu sangat disarankan untuk memberikan ASI. Namun ada beberapa hal yang kadang tidak bisa membuat ibu memberikan ASI nya karena gangguan suatu hal. ASI tidak lancar atau ASI keluar hanya sedikit atau bahkan ASI tidak keluar sama sekali bisa karena disebabkan oleh hal berikut ini :

  • Karena keturunan atau  factor gen. Jika memang sudah keturunan maka sebaiknya ibu mengkonsultasikannya ke dokter.
  • Memiliki suatu penyakit seperti kanker payudara. (baca : cara deteksi dini kanker payudara)
  • Kurangnya asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui
  • Kecilnya kapasitas penyimpanan (hal ini tidak ada sangkut pautnya dengan ukuran payudara). Jika kapasitas ASI kecil maka sebaiknya ibu sering memberikan ASI pada bayi atau sering memompanya untuk mengosongkan cadangan ASI, hal ini akan merangsang produksi ASI kembali.
  • Stress atau tekanan batin yang bisa mempengaruhi psikolgis ibu.

Bagi ibu yang menginginkan ASI nya keluar dengan lancar, konsumsilah makanan berikut ini :

Daun Katuk

Sudah sejak zaman nenek moyang memang daun katuk dipercaya untuk melancarkan ASI. Daun katuk sendiri memang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang banyak terutama asam seskuiterna nya yang dipercaya mampu memperlancar ASI. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Jogja mengatakan bahwa mengkonsumsi daun ini bisa meningkatkan produksi ASI hingag 50%. Daun ini bisa dijadikan lalapan atau bisa juga ditumis. (baca : kandungan dan manfaat daun katuk)

Kedelai / Edamame

Jika ibu bosan dengan ikan dan daging untuk memenuhi kebutuhan protein, kedelai bisa jadi alternative untuk mendapatkan sumber protein yang bagus. Protein merupakan salah satu factor yang mempengaruhi jumlah produksi ASI bagi ibu menyusui. Kedelai bisa dijadikan camilan dengan cara terlebih direbus lebih dahulu atau bisa dijadikan sebagai campuran membuat telur dadar.

Pare

Sayuran pahit ini baik bagi ibu menyusui yang menderita diabetes mellitus karena pare mampu menurunkan kadar gula dalam darah. (baca : manfaat pare bagi kesehatan)

Pepaya dan Bunga Pepaya

Kalium yang dikandung pepaya 50% lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Kalium sangat dibutuhkan bagi ibu yang sedang menyusui karena kekurangan kalium bisa menyebabkan ibu cepat lelah dan mengalami stress yang bisa mempengaruhi produksi ASI. Pepaya bisa langsung dimakan atau bisa juga dijadikan jus dengan berbagai bahan lainnya. Selain buahnya, bunga pepaya juga bagus untuk memperlancar ASI. Enzim papain yang ada di bunga pepaya mampu mempercepat proses pencernaan protein . Ibu yang sedang menyusui membutuhkan protein dua kali libat dibandingkan biasanya, jadi dengan adanya ezim papain (enzim ini juga ada di daun pepaya) protein bisa dicerna lebih cepat dan protein yang didapat juga akan lebih banyak. Selain itu, bunga pepaya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan. Bunga pepaya bisa diolah menjadi tumisan atau digunakan untuk lalap dengan terlebih dulu direbus. (baca : manfaat pepaya dan manfaat daun pepaya)

Itu dia tadi makanan yang dapat melancarkan ASI. Selain dengan makanan, ibu yang sedang menyusui juga tidak boleh terlalu lelah dan stress agar ASI yang dihasilkan melimpah.