≡ Menu
werno-werno.com

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Hipertensi, adalah istilah medis untuk kondisi tekanan darah tinggi, yang bisa menyerang seseorang di usia berapapun dan bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Hipertensi yang tidak ditangani dengan baik bisa merusak pembuluh darahmu dan menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Kabar baiknya adalah, kamu bisa memenej hipertensi melalui diet dan perubahan gaya hidup seperti membatasi alkohol, menghindari merokok dan meningkatkan level aktivitas fisik.

Salah satu pendekatan pola makan yang paling direkomendasikan untuk memenej hipertensi adalah untuk menghindari makanan tinggi garam. Rencana diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) bertujuan untuk melakukan hal tersebut. Tenaga perawatan kesehatan professional biasanya akan merekomendasikan diet DASH untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi

Garam dan sodium adalah musuh besar jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans menyarankan bahwa orang dengan hipertensi atau prahipertensi harus membatasi asupan harian sodium mereka hingga hanya 1.500 miligram per hari. Rata-rata orang Amerika memakan sodium dengan jumlah dua kali lipatnya, atau sekitar 3.400 miligram sehari.

Lebih dari 75 % dari sodium yang kamu makan dalam sehari berasal dari makanan kemasan yang kamu makan, bukan dari makanan apa yang kamu tambahi garam meja. Beberapa sumber makanan yang paling banyak mengandung agram adalah deli meat, pizza beku, jus buah dan sayur, sup kalengan, produk tomat botol atau kalengan.

Cured meat atau daging yang diawetkan seperti bacon dan ham juag bisa menjadi bom sodium. Daging ini sering kali diberi obat, bumbu, dan diawetkan dengan garam. Satu porsi dari dua ons lunchmeats bisa mengandung 600 miligram sodium atau lebih. Tambahkan roti, keju, bumbu, dan acar, dan sandwich sederhana pada daging tersebut, makaitu dapat dengan cepat menjadi perangkap sodium.

Sup kalengan memang simple dan mudah disiapkan, terutama ketika sedang terburu-buru atau merasa tidak enak badan. Meski begitu, sup kaleng dipenuhi dengan sodium. Beberapa merek sup kaleng bisa mengandung 890 miligram sodium atau lebih hanya dalam satu sajian. Jadi, jika kamu makan seisi kalengnya, kamu akan mengkonsumsi 2.225 miligram sodium. Untuk itu, pilih sup kalengan yang rendah sodium dengan melihat label gizinya.

Jika kamu memiliki hipertensi atau prahipertensi, maka kinilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan minum kopimu. Secangkir kopi di pagi hari bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah temporer. Jika kamu seorang peminum kopi sejati, hal ini mungkin bisa berkontribusi pada penyakit hipertensi. Tidak hanya kopi, bahkan minuman berkafein lain seperti soda atau the juga bisa meningkatkan tekanan darah.

0 comments… add one

Leave a Comment