Makanan Yang Harus Dihindari Saat Larut Malam

by Ummi on April 16, 2015

Kesehatan yang baik tidak hanya berkaitan dengan memakan makanan yang tepat saja. Tapi, tentang memakan makanan yang tepat, dengan proporsi yang tepat, serta di waktu yang tepat pula. Makan berat pada malam hari bisa memberikan tekanan pada system pencernaan dan mengganggu waktu tidurmu. Plus, itu juga mungkin berkontribusi pada lonjakan berat badan karena kamu tidak mungkin membakar kalori tersebut saat sedang tidur.

makanan yang harus dihindari di malam hari

Namun, melewatkan makan malam sama sekali bukanlah ide yang baik. Rasa lapar akan terus membuatmu terbangun dan mendorongmu untuk ngemil tengah malam. Berikut ini adalah beberapa makanan yang berdampak negatif saat dimakan pada malam hari :

  1. Kopi

Kafein bisa membuatmu terjaga dan tidak kunjung tidur selama berjam-jam karena efek stimulant sementara yang dimilikinya. Kafein juga dapat mengubah tahapan normal tidur dan mengkompromikan tidur nyenyak. Kurangnya kualitas tidur di malam hari bisa menghambat fungsi kognitif dan berkontribusi menyebabkan kelelahan di siang hari. Sebagai ganti dari keinginan untuk minum kopi, cobalah minum teh herbal seperti teh cammomile. Selain bisa membantu pencernaan, teh herbal juga bisa membuatmu cepat tertidur.

  1. Daging merah

Memakan steak atau produk daging merah yang lain bisa mmebuatmu tidak bisa tidur di malam hari. Karena daging merah mengandung lemak dan protein yang tinggi, makanan ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan inilah yang membuat tubuhmu tetap terjaga saat melalui proses pencernaan. Mereka juga membuatmu merasa lesu di keesokan paginya. Sebagai gantinya, pilihlah daging berlemak sedikit dan sayuran. Namun, hindari sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan kubis karena bisa menyebabkan gas perut.

  1. Kacang-kacangan

Meskipun menyehatkan, kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong dan kacang tanah sebaiknya dihindari saat malam hari. Berhubung tinggi serat larut, kacang-kacangan bisa menyebabkan perut kembung dan masalah perut lain saat larut malam. Bahkan peningkatan gas perut adalah efek samping yang umum dari mayoritas diet tinggi serat. Baik serat larut ataupun tidak larut, keduanya bisa menyebabkan gas. Tapi serat larut memiliki potensi memproduksi gas lebih tinggi karena berfungsi memperlambat perjalanan makanan melalui usus, di mana bakteri usus akan memecahkan karbohidrat dan menyebabkan fermentasi dan gas.

  1. Makanan dengan keju super banyak

Taburan lengket dan berminyak pada pizza memang lezat, namun bisa membuatmu tidak bisa tidur, dan merasa terlalu kenyang. Sebenarnya, keju baik untuk kesehatanmu, bahkan bisa mendorong untuk tidur lebih cepat karena mengandung asam amino triptofan yang dapat menginduksi tidur. Namun, memakan keju yang tinggi lemak terutama pada malam hari, bisa membuat pencernaan sangat tidak nyaman. Plus, mereka juga sarat dengan kalori.

  1. Makanan berminyak dan berlemak

Secara konstan mengemil keripik, kentang goreng, gorengan, cheese burger, atau makanan junk food lain yang tinggi kalori, sangat berdampak buruk bagi kesehatanmu, terutama di malam hari. Berhubung mereka kaya lemak, maka butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna dan memperlambat proses pencernaan, sehingga meninggalkan kelebihan asam dalam perut dan mendatangkan malapetaka pada saluran pencernaan. Bagi mereka yang menderita asam lambung (maag), pasti harus menghindari jenis makanan yang digoreng ini.

  1. Soda

Soda tidak hanya dipenuhi dengan kalori kosong, namun juga bersifat asam. Meminum soda di malam hari bisa meningkatkan tekanan pada perut dan menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Begitu pula jumlah gula yang tinggi dalam beberapa minuman berkarbonasi, menyebabkan level energimu melonjak tiba-tiba dan mengganggu tidurmu. Plus, pemanis buatan dan gula tambahan bisa memberimu gas dan rasa kembung.

  1. Coklat dan permen

Meski mengandung antioksidan, makan coklat terutama coklat pekat di malam hari bukanlah ide yang baik. Coklat mengandung stimulant seperti kafein dan theobromine yang bisa membuatmu terjaga lebih lama. Susu coklat pada umumnya, meski rendah kafein namun sarat dengan gula dan lemak. Hindari pula permen, kue-kue, es krim, dan aneka makanan bergula yang lain. Selain menyebabkan lonjakan energi, makanan dengan karbohidrat sederhana ini juga berkontribusi menambah berat badan dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang kebanyakan tidak diperlukan tubuh, terutama di malam hari, sehingga tubuh menyimpan kelebihan gula tersebut sebagai lemak.

Sebagai tips tambahan, makanlah makan malammu setidaknya dua jam sebelum tidur. hindari ngemil larut malam, dan jangan terlalu banyak makan buah di amlam hari, khususnya yang tinggi kandungan gulanya.