≡ Menu
werno-werno.com

Makanan Yang Manjur Untuk Segera Redakan Pilek

Di musim flu dan pilek yang sedang melanda seperti sekarang ini, kita semua pasti berusaha untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita sebaik yang kita bisa. Kita berusaha untuk menghindarinya dengan cara mencuci tangan lebih sering lagi, minum banyak cairan, dan berusaha sejauh mungkin dari orang yang sedang bersin-bersin. Meski itu mustahil untuk tidak terkena flu sama sekali, namun dengan diet yang tepat masih mungkin bisa untuk memperpendek masa terjangkit flu dan pilek.

sup pereda flu

Buah dan sayuran adalah makanan terbaik untuk dimakan karena mereka dikemas dengan banyak vitamin dan mineral yang meningkatkan system kekebalan tubuh kita, dan mereka dapat mengurangi durasi masa pilek dan penyakit yang lain.

Memang terlalu mudah untuk memilih makanan yang tidak sehat ketika kita sedang sakit, tatkala junk food, fast food, mi instan, sangat cepat disajikan dan membuat kita merasa nyaman. Namun, memilih makanan sehat itu lebih baik. Berikut akan kami ulas bebarapa menu makanan sehat yang bisa kita konsumsi saat terserang pilek dan flu yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar bisa segera kembali pulih :

Sup

Apa yang lebih membuat nyaman selain memakan semangkuk sup panas ketika sedang sakit ? kamu bisa membuat  sup daging yang tinggi zinc, zat besi dan selenium yang merupakan mineral peningkat system imun, sup ayam yang bisa membantu meminimalkan gejala virus pernapasan atas mungkin dengan cara mengurangi peradangan, sup asparagus, sup jagung, atau sup lain dengan bahan yang sehat.

Jika kamu memilih membeli sup kalengan, maka sebaiknya cek dulu daftar nilai gizi pada labelnya, dan carilah produk yang memiliki kandungan sodium yang tidak terlalu tinggi serta kaya serat. Cari sup kalengan yang berlabelkan ‘low sodium’ yang berarti memastikan bahwa kandungan sodiumnya kurang dari 140mg per sajian.

Buah sitrus

Buah yang paling baik di makan saat cuaca buruk adalah jeruk dan kiwi, yang keduanya tinggi vitamin C. meski banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin C tidak bisa mencegah kita dari terserang pilek dan flu, namun vitamin C mungkin bisa memperpendek durasi pilek.

Herb dan rempah-rempah

Herb dan rempah-rempah telah lama digunakan sebagai ramuan alami. Secara khusus, bawang putih dan kunyit sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan mikroba-mikroba jahat yang telah menginvasi tubuh ketika kita sakit. Meskipun penelitian tambahan diperlukan, salah satu studi yang diulas pada 2014 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari selama tiga bulan memiliki pilek lebih sebentar secara keseluruhan daripada mereka yang mengambil plasebo. Tapi kamu juga sebaiknya mengonsumsi bawang putih mentah; tidak seperti suplemen, bawang putih mentah mengandung allicin, senyawa yang menghasilkan antioksidan yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur.

Makanan meksiko

Makanan Meksiko terkenal akan citarasanya yang segar dan super pedas. Makanan pedas, bisa membuka penyumbatan saluran sinus. Ditambah lagi, cumin (rempah-rempah yang umumnya terdapat di makanan Meksiko) juga merupakan penambah stamina dan imunitas.

Ubi jalar

Jika kamu sakit, makanlah ubi jalar, karena mereka dikemas dengan penuh nutrisi, termasuk vitamin A dan vitamin B6. Vitamin A merupakan antioksidan kuat dan B6 telah diketahui memainkan peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada seseorang yang usianya lebih tua, yang cenderung untuk harus berkompromi dengan imunitas.

Kacang-kacangan

Penuhilah rak dapurmu dengan aneka kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari yang tinggi akan vitamin E, antioksidan penambah daya tahan tubuh. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa lemak tak jenuh ganda bisa membantu meregulasi system imun. Menurut Harvard Medical School, lemak tak jenuh ganda diperlukan bagi tubuh agar bisa berfungsi dengan baik, tetapi tubuh tidak dapat menghasilkannya sendiri. Itulah mengapa begitu penting untuk mendapatkan mereka dalam makanan seperti kacang-kacangan, salmon, makarel, sarden, biji rami, dan kenari.

0 comments… add one

Leave a Comment