‚Č° Menu
werno-werno.com

Makanan yang Paling Banyak Mengandung Asam Amino

Asam amino adalah blok pembentuk protein. Sehingga, makanan dengan jumlah asam amino terbesar juga meruapakan makanan dengan kadar protein tertinggi. Biasanya makanan hewani mengandung semua jenis asam amino esensial, sedangkan kebanyakan sumber protein nabati memiliki kandungan yang rendah di satu jenis atau lebih asam amino esensial. Berikut adalah daftar makanan dengan kandungan asam amino tertinggi :

MAKANAN SUMBER ASAM AMINO

1. Daging tanpa lemak

Daging merah adalah salah satu sumber protein tertinggi dimana daging sapi tanpa lemak menyediakan sekitar 31 gram protein di tiap 3 ons penyajian. Daging ham menyediakan 28 gram protein per-3 ons penyajian. Sedang daging yang lebih berlemak, lebih rendah kandungan proteinnya.

2. Seafood dan unggas

Kamu tidak harus memakan daging merah untuk mendapatkan jumlah protein dan asam amino yang memadai. Setiap 3 ons dada ayam atau kalkun memiliki sekitar 28 gram protein dan jumlah yang sama dari ikan halibut, tuna, atau salmon mengandung sekitar 22 gram protein. Ikan tilapia  dan cod sedikit lebih rendah protein namun masih menjadi sumber protein yang bagus.

3. Telur dan produk susu

Kamu bisa mendapatkan jumlah asam amino yang dibutuhkan secara signifikan dari telur dan produk olahan susu. Saat berkaitan dengan produk susu, maka produk susu rendah lemak atau tanpa lemak menyediakan jumlah protein terbesar di tiap gramnya. Seiris keju mozzarella tanpa lemak seberat 1 ons menyediakan 9 gram protein, sedangkan jumlah yang sama dari keju Swiss rendah lemak mengandung 8 gram protein. Setiap ons keju parmesan memiliki 10 gram protein dan satu cup yogurt menyediakan 14 gram protein. Telur berukuran besar memiliki 6 gram protein.

4. Sumber protein nabati

Tidak seperti kebanyakan sumber protein yang lain, produk quinoa dan kedelai menyediakan semua jenis asam amino esensial. Satu mangkuk quinoa memiliki 8 gram protein dan 3 ons sajian tahu, memiliki 6 gram protein, serta 1 mangkuk kacang kedelai memiliki 29 gram protein. Kacang-kacangan dan polong-polongan yang tidak mengandung semua jenis asam amino tetap menyediakan jumlah protein yang signifikan dimana polong-polongan mengandung antara 15-17 gram protein per-cupnya dan kacang-kacangan serta biji-bijian menyediakan antara 4 dan 9 gram protein per onsnya.

0 comments… add one

Leave a Comment