Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Mentah-mentah

by Ummi on January 21, 2017

Kita semua tahu, bahwa makan daging mentah bisa menempatkanmu pada risiko utama untuk terjangkit salmonella dan penyakit bawaan makanan lainnya, dan kamu dulu mungkin dimarahi oleh Ibu untuk tidak memakan sesendok adonan kue mentah, yang rasanya lezat seperti versi matangnya. Tapi ketika berbicara soal sayuran dan tanaman lainnya, semuanya adalah sama saja bukan? Tidak begitu.

Ketika dalam kondisi mentah, beberapa makanan tertentu mengandung racun alami atau gula yang sulit untuk dicerna yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gejala yang tidak menyenangkan lainnya! Sedangkan yang lain seringkali menjadi tuan rumah bagi bakteri berbahaya ketika dimakan mentah atau tidak dipasteurisasi. Berikut, akan kami ulas beberapa makanan yang tidak boleh dimakan dalam kondisi mentah :

Kentang

Tentu tidak ada orang yang mau mendapatkan kentang mentah dalam menu sarapan casserole atau potpie mereka, dan ternyata itu sebenarnya juga tidak bagus untuk kesehatanmu. “”Pati mentah di dalam kentang dapat mengakibatkan masalah pencernaan, gas, dan kembung,” kata Ashvini Mashru, MA, RD, LDN, pemilik Wellness Nutrition Concepts di Malvern, PA. “Untuk mendapatkan manfaat optimal dan resiko minimal dari kentang, maka olah mereka dengan cara dipanggang, kukus, tumis, atau dimasak.” Dan menjauhlah dari kentang hijau, imbuh Mashru. Kentang berwarna hijau mengandung konsentrasi tinggi dari toksin solanin yang beracun, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual, bahkan walau hanya dalam dosis kecil.

Kecambah

Meski rasanya lezat seperti lobak, gunakan kecambah dengan hati-hati. Jika mentah, kecambah bisa menjadi hot spot untuk bakteri berbahaya, seperti salmonella, E. coli, dan listeria, Lisa Cohn, seorang konsultan ahli gizi terdaftar untuk miVIP Surgery Center memperingatkan,. “Kecambah harus dibeli dalam kondisi segar, dan yang terbaik adalah yang baru dipanen dari kebun. Saya  merekomendasikan bahwa anak-anak, wanita hamil, orang tua, dan orang-orang yang kekebalan tubuhnya lemah untuk menghindari kecambah sama sekali.” Cuci kecambah sampai bersih.

Kacang merah

Kacang-kacangan padat nutrisi ini bisa menjadi tambahan yang sehat, dan murah untuk dietmu. Hanya saja, pastikan untuk memasak mereka terlebih dulu. “Makan kacang merah mentah dapat menyebabkan mual yang ekstrim, muntah, dan diare akibat dari sebuah lectin alami yang muncul, phytohaemagglutinin,” kata Jennifer Christman, RDN, LDN, ahli gizi perusahaan di Medifast. Lektin ini ditemukan juga pada tanaman lain, tapi itu sangat terkonsentrasi di kacang merah mentah, menurut AS Food and Drug Administration. Untuk menghancurkan toksin, “rendam kacang merah selama 5 jam, buang airnya, lalu rebus kacang yang sudah direndam dalam air selama minimal 30 menit,” kata Christman. Kacang merah kalengan, sudah dimasak dan aman untuk dimakan.

Madu

Madu mentah kini mudah untuk ditemukan di supermarket-supermarket terdekat, karena semakin banyak orang yang mencari pemanis alami, tetapi jangan tawarkan hal itu kepada anak-anak kecil, Cohn memperingatkan. Ketika madu mentah tidak dipasteurisasi, ia mungkin mengandung grayanotoxin, neurotoxin alami yang ditemukan dalam rhododendron nektar. “Meskipun biasanya tidak mematikan bagi manusia, gejala keracunan grayanotoxin dapat meliputi pusing, hipotensi, dan blok vagal,” kata Cohn.

Susu

“Susu mentah telah menjadi tren yang diikuti oleh orang-orang yang terpengaruh oleh klaim bahwa itu akan mencegah penyakit dan kondisi tertentu,” kata Christman. “Masalahnya dengan hal ini adalah bahwa susu mentah tidak dipasteurisasi.” Selama pasteurisasi, susu dipanaskan untuk setidaknya 161 ° F selama tidak kurang dari 15 detik sebelum pendinginan cepat; Proses ini membunuh bakteri penyebab penyakit seperti salmonella, E. coli, dan listeria. Menurut CDC, penyakit dari minum susu mentah (atau makanan yang terbuat dari itu) sedang meningkat, dan anak-anak yang paling mungkin untuk mendapatkan sakit. Christman mencatat, “Pasteurizing susu tidak mengurangi nilai gizi susu atau menandakan bahwa kamu dapat meninggalkan susu diluar lemari es untuk jangka waktu tertentu.”

Selain beberapa makanan tersebut di atas, kamu juga sebaiknya menghindari memakan kembang kol, brokoli, sawi, dan kubis dalam kondisi mentah. “Beberapa orang tidak bisa memakannya karena mereka mengandung gula yang sangat sulit untuk dicerna,” ujar Mashru. “ Alasan kita harus memasak sayuran kubis-kubisan adalah karena proses memasak membuat gula ini lebih mudah untuk dicerna.”