Makanlah Lemak Untuk Membakar Lemak

by Ummi on June 12, 2015

Lemak??? Tunggu! Lemak bukanlah sesuatu yang harus kita hindari. Bahkan, lemak membantu kita dalam menjaga berat badan. Dan tidak semua lemak akan membuat kita berlemak (gemuk). Diet makanan berlemak bisa menyediakan energi, melindungi organ kita, mempertahankan membran sel, dan membantu tubuh membakar lemak, ujar ahli gizi Keri Glassman. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel Jenis, Sumber dan Efek Lemak Bagi Tubuh, tidak semua jenis lemak harus dipersalahkan karena menjadi penyebab naiknya berat badan. Jika kamu ingin tetap sehat dan melangsingkan badan maka sebagian besar lemak yang kamu makan sebaiknya berasal dari sumber lemak tak jenuh, baik lemak tak jenuh tunggal seperti minyak bunga matahari, minyak zaitun, selai kacang, dan alpukat atau lemak tak jenuh ganda seperti minyak jagung, tempe, tahu, susu kedelai, ikan salmon, tuna dan sarden.

manfaat lemak tak jenuh

Mengapa? Karena makanan ini dikemas dengan banyak nutrisi. Disamping bisa menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari arteri dan meningkatkan jantung yang lebih sehat, lemak tak jenuh juga bisa membantumu membakar lemak tanpa harus membatasi kalorinya.

Sebuah studi di tahun 2009 dalam British Journal of Nutrition, menemukan bahwa para peserta yang mengkonsumsi sebagian besar asam lemak tak jenuh memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan penumpukan lemak di perut yang lebih sedikit dibanding dengan orang yang mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit.

Memang belum begitu lama demam produk low fat / non fat telah merambah dunia makanan. Bahkan para produsen memasarkan semua produknya dengan embel-embel ‘low fat / non fat’. Benarkah itu? Jawabannya adalah semua keliru.

Disamping melucuti tubuh kita dari gizi yang banya dibutuhkan. Gerakan low dan non fat ini justru akan meningkatkan tingkat obesitas. Mengapa? Karena lemak menyediakan komponen terpenting ke dalam setiap makanan yang kita suka, yakni ‘cita rasa’. Saat produsen makanan meniadakan lemak dari makanan mereka, mereka harus mengisi makanannya dengan gula dan garam yang tidak bernutrisi sebagai gantinya, untuk meningkatkan cita rasanya.

Berikut adalah cara-cara penting lemak dalam membantu melangsingkan tubuhmu :

– Lemak akan membakar lemak
Tubuh kita perlu 3 makronutrien untuk mengisi energi : karbohidrat, protein, dan lemak. Satu gram lemak bisa mengandung lemak 2 kali lebih tinggi jika dibanding karbohidrat dan energi. Jadi jika kamu tidak memiliki lemak apapun dalam dietmu, maka itu seperti kamu tidak punya bahan bakar untuk membakar kalori. Tubuh butuh energi untuk tetap menjaga metabolisme berfungsi dengan baik.

Dan studi di tahun 2007 yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi asam lemak tak jenuh bisa meningkatkan kesehatan metabolisme. Berdasarkan para peneliti di Washington University School of Medicine, simpanan lemak yang ‘lama’ dalam jaringan periferal tubuh di sekitar perut, pinggul dan paha tidak akan bisa dibakar dengan efisien tanpa adanya lemak ‘baru’ untuk membantu prosesnya. Diet lemak membantu menghancurkan lemak yang sudah ada dengan cara mengaktifkan PPAR-Alpha dan jejak pembakaran lemak melewati liver.

– Lemak menjagamu tetap kenyang
Lemak bukan merupakan gizi yang termudah untuk dicerna, jadi lemak akan menempel di system pencernaan untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan banyak gizi yang lain. Lemak tak jenuh tunggal juga membantu menyetabilkan kadar gula darah. Ini berarti kamu akan merasa kenyang lebih lama, dan kamu tidak akan merasa perutmu keroncongan dan berhasrat menuju kulkas setelah jam makan utama, jadi tak heran jika para pelaku diet yang mengkonsumsi tingkat lemak yang wajar lebih cenderung kukuh dengan rencana diet makan mereka dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi kadar lemak yang rendah.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2