Mandi Air Dingin atau Air Hangat

by Siti Eka Kurniyati on December 6, 2015

 

Apa yang kamu gunakan untuk mandi tiap hari? Air dingin atau air hangat? Sebagian orang menganggap air dingin lebih menyegarkan di pagi hari, namun juga tidak sedikit yang memilih air hangat untuk melawan dingin saat mandi pagi.

mandi dengan air dingin atau hangatMandi memang merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk menjaga mereka tetap bersih. Dan yang masih sering diperdebatkan adalah penggunaan air dingin atau air hangat untuk mandi. Sebenarnya, baik air dingin maupun air hangat masing-masing memiliki manfaat tersendiri saat digunakan untuk mandi. Apa sajakah manfaat masing-masing manfaat air dingin dan air hangat untuk mandi? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Mandi Air Hangat

  • Saat kamu sedang flu, mandi dengan air hangat adalah pilihan yang terbaik. Itu karena air hangat bisa jadi dekongestan alami yang mampu meredakan gejala flu dengan uap air hangat yang melembabkan saluran pernafasan.
  • Suhu air hangat mampu meredakan ketegangan pada otot-otot yang terasa kaku. Apalagi jika kamu mandi dengan menggunakan shower, tekanan air yang cukup kuat dan suhu hangat yang menimpa tubuhmu akan terasa seperti pijatan dan akan merelaksasi tubuhmu.
  • Mandi dengan air hangat mampu meningkatkan hormone oksitosin yang berguna untuk meredakan ketegangan pada tubuh dan pikiran. Pilihlah air hangat saat mandi ketika kamu sedang merasa stress.
  • Seperti saat sedang flu, saat sedang demam, air hangat untuk mandi adalah pilihan yang tepat. Air hangat bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada tubuh dan akan menstabilkan suhu tubuh.

Manfaat Mandi Air Dingin

  • Saat bangun di pagi hari pasti kamu merasa ngantuk dan lemas. Dengan air dingin, kamu bisa mengejutkan tubuhmu dan akanĀ  menyegarkan tubuhmu dengan cepat.
  • Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit kering atau pecah-pecah, air dingin bisa membantumu melembabkan kulit dan juga melembabkan rambut kering.
  • Depresi? Siram tubuhmu dengan air dingin. Jika perlu datanglah ke daerah pegunungan dan mandi dengan air dingin bersuhu sekitar 20 derajat selama dua atau tiga menit.
  • Bukan hanya air hangat saja yang bisa meredakan pegal-pegal, juga meningkatkan kesadaran.
  • Saat air dingin mengenai kulit tubuh kita, pembuluh darah yang ada di bawah permukaan kulit akan mengkerut dan mengurangi sirkulasi darah. Namun secara otomatis, darah akan bersirkulasi dengan dorongan yang lebih besar sehingga aliran darah akan lebih kuat dan meningkatkan sirkulasi.
  • Saat tubuh kamu disiram dengan airĀ  dingin, kamu pasti merasakan tubuhmu dingin namun kemudian akan terasa hangat. Mengapa bisa begitu? Itu karena lemak serta karbohidrat dalam tubuhmu dibakar untuk menghasilkan panas dan akan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Air dingin akan membantu memperdalam pernafasan dan akan membantumu tidurmu lebih lelap jika kamu mempunyai gangguan tidur seperti insomnia. (baca : cara mengatasi insomnia)