Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Diet

by Ummi on October 13, 2016

Sudah kita ketahui bersama, minum 8 gelas air putih sehari, bisa memberikan kita banyak manfaat kesehatan. Apalagi, jika kamu menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam air putih tersebut, maka kamu akan mendapatkan tambahan khasiat antioksidan di dalamnya. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 % air, jadi tidak mengherankan jika air sangatlah penting utnuk kesehatanmu. Air bisa menyiram keluar racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan menjaga kita tetap fit.

manfaat air jeruk nipis

Banyak orang yang lebih suka minum teh atau jus buah daripada air putih sebab rasanya yang kurang enak. Nah jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa air putih yang tawar, kamu bisa menambahkan berbagai bahan menyehatkan ke dalam air agar terasa lebih enak, salah satunya dengan jeruk nipis.

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah sitrus yang menjadi sumber antioksidan hebat. Antioksidan bisa berfungsi melindungi tubuh dengan cara menghentikan kerusakan akibat radikal bebas atau bahan kimia yang membahayakan sel tubuh. Selain antioksidan, jeruk nipis juga merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, seperti potassium, vitamin A, B, C dan D, kalsium, serta magnesium.

Entah kamu ingin meningkatkan kesehatan tubuhmu atau sedang berusaha menurunkan berat badan, berikut adalah beberapa manfaat menambahkan jeruk nipis ke dalam air putihmu :

Meremajakan kulit

Beberapa jenis produk perawatan kulit, mengklaim mampu mempromosikan kulit yang tampak lebih sehat dan muda. Namun kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kulit yang mahal untuk meningkatkan kehalusan dan tampilan kulitmu, cukup gunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoids, antioksidan yang berfungsi memperkuat kolagen. Dengan meminum air jeruk nipis, bisa menghidrasi dan meremajakan kulitmu. Namun, tidak disarankan untuk mengoleskan jus lemon ke kulit secara langsung karena bisa mengakibatkan phytophotodermatitis, atau luka perih akibat jeruk nipis yang menyakitkan.

Meningkatkan pencernaan

Meminum air jeruk nipis juga bisa meningkatkan pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan mereka bisa membantu air liur untuk menghancurkan makanan demi pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis juga merangsang sekresi dari cairan pencernaan.

Jika kamu menderita konstipasi alias susah buang air besar, keasaman dari jeruk nipis bisa membersihkan system ekskresi (pengeluaran) dan merangsang aktivitas usus. Dan jika kamu berurusan dengan sering maag atau asam lambung, minum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu mencegah gejala refluks.

Melawan infeksi

Risikomu untuk terserang infeksi akan lebih tinggi selama musim pilek dan flu. Jika kamu ingin tetap sehat, teguklah air jeruk nipis sepanjang hari. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti virus pilek dan flu. Hal ini juga dapat mempersingkat durasi penyakit.

Membantu melangsingkan tubuh

Siapa yang tidak ingin meurunkan beberapa kilogram berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat? Sayangnya, menurunkan berat badan alias diet lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Manfaat lain dari air jeruk nipis adalah membantu mengontrol berat badanmu. Asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak.

Aktivitas fisik secara teratur dan mengontrol porsi makan penting untuk menurunkan kelebihan berat badan dan mengendalikan berat badan. Oleh karena itu, upayakan untuk melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari dalam seminggu, dan sertakan buah dan sayuran ke dalam setengah dari setiap porsi makanmu. Untuk mengawali harimu dengan baik dan meningkatkan metabolismemu, minumlah segelas air jeruk nipis di pagi hari, atau hisaplah irisan jeruk nipis sebelum makan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2