Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

by Ummi on July 17, 2017

Konon katanya, kalau ibu hamil meminum air kelapa muda terutama pada trimester pertama bisa menyebabkan keguguran. Apakah mitos itu benar? Padahal air kelapa muda adalah salah satu jenis minuman yang sangat enak, menyegarkan dan mengandung banyak manfaat. Tidak percaya ?

manfaat air kelapa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting, salah satunya dengan meminum air kelapa muda yang manis. Bahkan, ibu hamil sebaiknya membiasakan minum satu atau dua gelas air kelapa setiap hari. Namun, cobalah hindari air kelapa versi kalengan (kemasan siap minum). Air kelapa segar lebih baik untuk diri sendiri dan calon bayi, karena tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya.

Air kelapa yang lembut adalah minuman isotonik yang kaya nutrisi alami. Air kelapa muda tinggi akan elektrolit, klorida, potassium dan magnesium, dan memiliki kadar gula dan protein dalam jumlah yang cukup. Selain itu, ini adalah sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Air kelapa jauh lebih baik dibanding minuman berkafein atau minuman soda, dan tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa bagi ibu hamil :

Mencegah konstipsi

Konstipasi adalah masalah yang umum selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena tingkat progesteron meningkat dalam tubuh dan sebagai akibat dari penggunaan suplemen zat besi. Kandungan serat dalam air kelapa membuatnya bermanfaat untuk mengobati sembelit selama kehamilan. Serat bisa menambahkan curah ke tinja dan membuat saluran usus tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Selain itu, air kelapa juga bekerja sebagai pencahar alami namun ringan yang bisa membantu menjaga pergerakan usus Anda tetap teratur.

Menghentikan sakit maag

Selain sembelit, sakit maag juga sangat umum selama kehamilan karena perubahan hormonal dan tekanan pada perut akibat perkembangan rahim. Karena obat sakit maag tidak dianjurkan selama kehamilan karena efeknya yang awet terhadap bayi yang belum lahir, kamu bisa melawan masalah tersebut dengan air kelapa. Minum air kelapa dapat menurunkan kadar asam di perut, yang pada gilirannya mencegah gangguan pencernaan dan sakit maag.

Membuatmu tetap energik

Agar kamu tetap energik selama kehamilan, air kelapa sangatlah bermanfaat. Minuman ringan dan menyegarkan ini adalah minuman isotonik alami dengan kandungan elektrolit yang kaya yang membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi. Ini juga membantu mengembalikan energi dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang fungsi tiroid. Jumlah gula, protein, dan sodiumnya yang moderat juga membantu menjaga tingkat cairan di tubuh, yang penting untuk mengatasi kelelahan dan kelesuan.

Mencegah dehidrasi

Karena sering mengalami morning sickness dan muntah, wanita hamil berisiko mengalami dehidrasi. Anda bisa mencegah dehidrasi dengan mudah dengan air kelapa, yang berfungsi sebagai bentuk rehidrasi oral. Selain itu, ia memiliki asam amino sehat dan enzim lainnya yang membantu melawan dehidrasi dan kelelahan.

Pada saat bersamaan, air kelapa membantu meringankan mual dan muntah, salah satu penyebab utama di balik dehidrasi. Selain mengurangi energi, dehidrasi juga bisa mengurangi elastisitas kulit, yang dapat menyebabkan stretchmark lebih menonjol yang terjadi karena kehamilan.
Nikmatilah rasa manis alami air kelapa. Banyak orang yang menemukan bahwa rasa air kelapa lebih nikmat dari pada air putih biasa atau minuman olahraga yang mengandung mineral kafein dan zat aditif lainnya.

Menyediakan potassium

Salah satu nutrisi utama dalam air kelapa adalah potasium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan memastikan pertumbuhan janin yang optimal. Ini juga bisa membantu mencegah kram kaki dan edema selama kehamilan.

Selain itu, kalium memainkan peran penting dalam pelepasan energi dari nutrisi penting seperti lemak, protein dan karbohidrat. Bersamaan dengan sodium, potassium membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah yang sehat. Asupan potassium yang tidak mencukupi selama kehamilan dapat menyebabkan efek samping dan komplikasi. Karena air kelapa memiliki jumlah potasium yang baik, minum segelas setiap hari akan membantu memastikan bahwa Anda tidak kekurangan jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan.

Mengendalikan tekanan darah

Mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini terutama disebabkan oleh potasium dan magnesium di dalamnya. Potassium akan menyatu dengan garam dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Tingkat sodium yang lebih rendah dalam darah berarti menurunkan tekanan darah.

Selain itu, ini membantu mencegah defisiensi magnesium dalam tubuh, yang terkait dengan tekanan darah tinggi. Telah ditemukan bahwa wanita dengan hipertensi gestasional memiliki kadar magnesium rata-rata yang sangat rendah.

Mencegah infeksi saluran kencing

Air kelapa adalah diuretik alami, yang berarti ia mempromosikan buang air kecil. Ini membantu mencegah banyak infeksi seperti infeksi saluran kencing (ISK). Wanita hamil memiliki risiko tinggi terhadap infeksi tersebut karena semakin bertambahnya ukuran rahim yang berada tepat di atas kandung kemih. Minum air kelapa setiap hari adalah cara mudah untuk mencegah masalah ini. Ini juga membatasi peluang persalinan prematur.

Catatan penting :

  • Jangan minum air kelapa secara berlebihan. Satu sampai dua gelas air kelapa setiap hari sudah cukup banyak
  • Jika Anda memiliki riwayat alergi kacang tanah, ada kemungkinan kamu juga alergi terhadap air kelapa
  • Jika Anda menderita diabetes gestasional atau sudah menderita diabetes, batasi asupan air kelapa karena kandungan karbohidratnya yang tinggi
  • Minum air kelapa segera setelah kamu membuka kelapanya, saat airnya masih segar dan kaya nutrisi.