Manfaat Air Kelapa Muda

by Siti Eka Kurniyati on November 27, 2015

Air Kelapa Muda.. siapa yang tak suka? Terasa lezat dan segar bukan? selain rasanya yang enak juga menyegarkan, air kelapa muda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

khasiat air kelapa mudaYang paling umum kita tau manfaat dari air kelapa salah satunya adalah mengatasi dehidrasi. Itu memang benar sekali, bahkan sekarang banyak brand yang berlomba-lomba menggunakan air dari buah bertempuruh keras ini untuk produk minuman penambah elektrolit mereka. Tapi sebenarnya air kelapa muda itu mengandung zat apa saja sih? Air kelapa muda memiliki kandungan vitamin C yang biasanya berfungsi sebagai antioksidan untuk radikal bebas, asam nikotinat, asam pantotenat,folat, riboflavin (B2), biotin dan masih banyak lagi. Banyak sekali zat bermanfaat bagi tubuh yang terkandung dalam air kelapa. Lalu manfaatnya apa saja? Mari kita check satu persatu.

Mengatasi Dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu manfaat air kelapa muda adalah untuk menghilangkan dehidrasi. Tapi bagaimana bisa air kelapa mengatasi dehidrasi? Itu karena air kelapa adalah isotonic alami yang mengandung banyak mineral seperti kalsium, riboflavin, sodium, elektrolit, magnesium dll. Selain karena hal tersebut, air kelapa juga memiliki elektrolit cair yang kandungannya sama dengan cairan hal tersebut, hal tersebutlah yang membuat air kelapa bisa cepat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang dan mengatasi dehidrasi. Oleh karena itu, air kelapa muda sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang bekerja keras dan kehilangan banyak cairan untuk menyeimbangkan ion dalam tubuh mereka, juga bagi seseorang sehabis berolahraga. (baca : apa itu dehidrasi dan cara mengatasinya)

Membantu Program Diet

Ini karena air kelapa rendah gula. Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, air kelapa muda cocok untukmu karena selain rendah lemak juga bergizi dan tidak akan membuatmu banyak kehilangan cairan tubuh. Disarankan untuk meminum 5 – 6 gelas air kelapa muda sehari bagi pelaku program diet yang ingin menguruskan tubuh. Meminum air kelapa juga tidak akan membahayakan bagi penderita sakit diabetes maupun jantung karena rendahnya kandungan gula yang dimiliki oleh air kelapa.

Diuretik Alami

Air kelapa terbukti mampu melancarkan proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran urin. Hal ini dipercaya dapat mengeluarkan racun dan mencegah infeksi pada saluran kemih yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

Membantu Proses Pencernaan

Air kelapa terbukti bisa melancarkan proses pencernaan pada anak-anak maupun orang  dewasa. Bagi ibu yang sedang hamil yang terkadang mengalami masalah pencernaan karena hormone progesterone yang berlebih, dan hal tersebut bisa diatasi dengan meminum air kelapa muda.

Mencegah Penyakit

Air kelapa muda memiliki kandungan yang ditemukan dalamASI yaitu asam laurat.  Zat ini memiliki karakteristik seperti antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga bisa mencegah seseorang dari berbagai penyakit.

Mencegah Batu Ginjal

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa air kelapa merupakan diuretic alami yang bisa melancarkan proses pembuangan urin. Air kelapa juga dapat membantu melarutkan batu ginjal karena kandungan kaliumnya yang merupakan berperan penting dalam proses alkali urin dan mencegah terbentuknya batu ginjal. (baca : makanan pemicu batu ginjal)

Mengatasi Jerawat

Selain untuk diminum, kamu juga bisa memanfaatkan air kelapa muda untuk penerapan di luar yaitu mengusapkannya pada daerah wajah yang terdampak jerawat untuk menghilangkat jerawat tersebut. Biarkan semalaman untuk melihat hasilnya. (baca : cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat)

Banyak sekali kan manfaat yang akan kita peroleh apabila meminum air kelapa. Namun, kamu juga tidak boleh meminum air kelapa secara berlebihan. Bagi kamu yang sedang diet memang baik untuk minum 5 – 6 gelas per hari, namun untuk konsumsi sehari-hari lebih baik 1 – 2 gelas sehari di pagi atau siang hari dan jangan di malam hari karena dikhawatirkan akan terjadi penimbunan glukosa. Dan untuk konsumsi bayi lebih baik kamu mengkonsultasikannya lebih dulu ke dokter.