≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Almond Untuk Kulit Dan Rambut

Menurut Dewan Almond California, makan 23 butir kacang almond sehari adalah tips diet sederhana dan mudah dilakukan untuk bisa menikmati kesehatan yang baik. Almond adalah salah satu jenis kacang yang paling padat nutrisi. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari vitamin E, magnesium dan mangan, dan sumber protein yang baik, serat, tembaga, fosfor dan riboflavin. Almond secara alami bebas garam dan rendah gula.

Selain kacangnya, minyak almond juga sehat. Bahkan, minyak almond merupakan salah satu minyak alami yang paling umum digunakan di dunia kecantikan, karena dikemas dengan antioksidan, termasuk vitamin E dan berbagai bahan kimia pelindung yang berasal  dari tanaman. Berikut adalah beberapa manfaat kecantikan almond untuk kulit dan rambut :

Menjaga kulit tetap sehat

Almond adalah cara yang bagus untuk memanjakan kulitmu. Mereka dapat meningkatkan warna kulit, mengurangi keparahan kerusakan akibat sinar matahari dan membuat kulit tetap sehat dari dalam.

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam kacang almond dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak dan bahkan kerusakan oksidatif yang dapat merusak kulitmu. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology melaporkan bahwa aplikasi topikal (pengolesan) minyak almond dapat melindungi kulit dari iradiasi sinar ultraviolet (UV). Ia bahkan bisa membalikkan kerusakan sebelumnya.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2010 di Complementary Therapies di Clinical Practice menyoroti sifat emolien minyak almond, yang membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.
• Cukup melakukan pijat tubuh selama 5 menit dengan minyak almond setelah mandi dapat melakukan keajaiban bagi kulitmu.
• Untuk perawatan kulit mingguan, persiapkan scrub dengan cara mencampur 10 biji almond yang sudah direndam dan sedikit madu. Gunakan scrub ini seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menambahkan cahaya yang sehat untuk kulitmu.
• Untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam, tambahkan 2 sampai 3 sendok teh minyak almond manis untuk secangkir susu hangat dan minum setiap hari.

Mengurangi kerutan dan garis halus

Tak perlu dikatakan lagi, almond juga dapat menangkis keriput dan garis-garis halus. Vitamin E, antioksidan kuat yang hadir dalam almond, sangat penting untuk regenerasi sel-sel kulit baru yang membantu menjaga kulit tetap ranum dan lembab. Selain itu, dapat mengencangkan kulit untuk mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus, kaki gagak serta bintik-bintik usia.

  • Untuk perawatan sehari-hari, terapkan beberapa minyak almond hangat ke kulit keriput. Pijat lembut untuk setidaknya selama 5 menit. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.
  • Untuk pack wajah anti-kerut (masker), gabungkan 1 sendok makan bubuk almond, 1 putih telur dan 1 sendok makan jus lemon. Aduk rata dan terapkan pada wajahmu. Biarkan hingga kering, lalu gosok-gosok dan bilas wajahmu dengan air hangat. Gunakan pack wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Mempromosikan rambut yang sehat

Baik itu rambut rontok, rambut menipis, rambut beruban, rambut keriting atau kulit kepala gatal, minyak almond adalah jawaban untuk banyak masalah rambut. Menjadi kaya akan nutrisi yang ramah-rambut seperti vitamin E, biotin, mangan, tembaga dan asam lemak esensial, minyak almond akan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

Juga, minyak almond bisa menembus jauh ke dalam batang rambut dan melembutkan jaringan kulit kepala untuk mengobati peradangan kulit kepala. Plus, kandungan zinc dalam minyak almond mempromosikan pembaruan sel-sel baru. Bahkan, kekurangan zinc sering memberikan kontribusi untuk penipisan rambut dan rambut rontok.

Gunakan salah satu cara berikut untuk meningkatkan kesehatan rambutmu:
• Pijat kulit kepalamu dalam gerakan melingkar dengan minyak almond hangat dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial rosemary dan lavender. Biarkan selama 2 jam, kemudian keramas seperti biasa. Lakukan 2 atau 3 kali seminggu.
• Pilihan lain adalah untuk memanaskan 3 sendok makan minyak almond, 2 sendok makan minyak jarak (castor oil) dan 2 atau 3 kelopak bunga kembang sepatu selama beberapa menit. Biarkan hingga dingin, kemudian pijat kulit kepalamu dengan ramuan itu selama 10 menit. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 1 jam. Cuci dengan sampo biasa, dan pakailah kondisioner. Lakukan ini seminggu sekali.

Memusnahkan lingkaran gelap di mata

Minyak almond juga bermanfaat untuk mengobati lingkaran hitam di bawah matamu. Menjadi kaya vitamin dan mineral yang bergizi, minyak almond dapat meremajakan kulit halus di bawah mata dan membantu meringankan lingkaran hitam.

Gunakan salah satu dari cara berikut setiap hari sampai lingkaran hitam menghilang:
• Pijat kulit di bawah matamu dengan beberapa tetes minyak almond. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci dengan air dingin.
• Campur 5 atau 6 tetes minyak almond ke dalam 1 sendok makan madu murni. Oleskan dengan lembut pada kulit di bawah mata sebelum tidur. Biarkan selama semalam, lalu cuci dengan air dingin keesokan harinya.

Mencerahkan bibir yang gelap

Kamu bisa menggunakan minyak almond untuk membuat bibirmu kembali hidup dan bersemangat. Ini memiliki banyak nutrisi penting yang akan memelihara bibir dan khasiat melembutkan serta melembabkan yang dimilikinya akan membuat bibir lembut dan indah. Plus, sifat antioksidan akan membantu meringankan dan mencerahkan bibir yang gelap.

Gunakan salah satu cara berikut untuk meringankan dan melembutkan bibirmu :
• Oleskan beberapa tetes minyak almond pada bibir dan pijat dengan lembut. Lakukan langkah ini setiap hari sebelum tidur.
• Siapkan campuran dengan jumlah yang sama dari minyak castor dan minyak almond. Gunakan untuk memijat bibir sekali atau dua kali sehari untuk mencerahkan warna mereka.
• Campur 5 atau 6 tetes minyak almond dengan setiap 1 sendok teh madu dan jus lemon. Terapkan pada bibirmu, tunggu 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan dua kali sehari untuk menikmati bibir merah jambu dan lembut.

0 comments… add one

Leave a Comment