Manfaat Ampuh dari Kunyit

by Ummi on April 20, 2016

Kunyit! Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini? Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang paling umum digunakan. Bumbu dapur yang juga kerap disebut sebagai ‘Ratunya Rempah-rempah’ ini, memiliki ciri khas rasa yang tajam, warna jingga yang menyala, dan aroma yang seperti lada. Orang-orang di seluruh dunia biasa menggunakan bumbu yang satu ini di setiap resep masakan mereka.

manfaat kunyit

Menurut Journal of the American Chemical Society, kunyit mengandung khasiat antioksidan, anti virus, anti bakteri, anti jamur, anti kanker, dan anti inflamasi dalam jumlah yang cukup besar. Kunyit juga dipenuhi dengan banyak kandungan nutrisi lain seperti protein, serat, niasin, vitamin C, vit. E, vit. K, potasium, kalsium, zat besi, tembaga, dan seng. Berkat semua faktor pendukung ini, tak heran jika kunyit sering digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu kamu tahu :

Mencegah kanker

Kunyit bisa membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan dari sel kanker prostat yang sudah ada, dan bahkan menghancurkan sel-sel kankernya. Banyak peneliti yang menemukan bahwa komponen aktif dalam kunyit menjadikannya salah satu pelindung terbaik terhadap tumor yang disebabkan oleh radiasi. Kunyit juga memiliki efek pencegahan terhadap sel tumor seperti T-cell leukemia, karsinoma usus dan karsinoma payudara.

Meredakan asam urat dan rematik

Khasiat anti radang dalam kunyit sangat bagus untuk mengobati baik osteoarthritis ataupun rematik. Selain itu, khasiat antioksidan yang dimiliki kunyit juga bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang telah merusak sel tubuh. Dan sudah dibuktikan, dalam pasien yang menderita rematik yang mengkonsumsi kunyit secara rutin, telah mengalami penurunan nyeri sendi dan peradangan sendi mulai dari yang skala menengah hingga yang ringan.

Mengendalikan Diabetes

Kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes dengan cara membantu menormalkan kadar insulin. Kunyit juga meningkatkan kendali glukosa dan meningkatkan pengaruh obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes. Manfaat signifikan lain dari kunyit adalah keefektifannya dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang bisa membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2. Meski begitu, ketika kunyit digabungkan dengan obat yang kuat, mungkin bisa menyebabkan hypoglycemia (gula darah yang terlalu rendah). Jadi, akan lebih  baik jika kamu mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan tenaga edis profesional sebelum meminum kapsul ekstarak kunyit.

Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian telah membuktikan bahwa cukup dengan menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan sudah bisa mengurangi kadar kolesterol. Tentu kamu sudah tahu, jika kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang serius. Jadi, dengan mempertahankan ukuran normal kadar kolesterol bisa mencegah berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mengandung senyawa yang disebut dengan lipopolysaccharide, yang bisa membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Agen anti bakteri, anti virus, dan anti jamurnya juga bisa membantu memperkuat sistem daya tahan tubuh. Sistem daya tahan tubuh yang kuat bisa memperkecil peluang menderita demam, flu, dan batuk. Jika kamu sedang mengalami demam, batuk ataupun flu, kamu bisa segera merasakan baikan dengan cara mencampur satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat dan minum satu kali sehari.

Menyembuhkan luka

Kunyit merupakan agen antiseptik dan anti bakteri alami yang juga bisa digunakan sebagai disinfektan yang efektif. Jadi jika kamu memiliki luka tergores atau terbakar, kamu bisa menaburkan bubuk kunyit diatas area yang luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Kunyit juga membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan bisa digunakan untuk merawat psoriasis dan kondisi peradangan kulit yang lain.

Mengendalikan berat badan

Bubuk kunyit juga bisa sangat membantu dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Komponen yang terdapat dalam kunyit, membantu meningkatkan aliran empedu, komponen penting dalam pemecahan lemak makanan. Jadi, bagi kamu yang berharap ingin menurunkan berat badan alias diet atau merawat obesitas dan penyakit lain yang berkaitan, maka kunyit akan sangat bermanfaat. Cobalah untuk mencampur satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam setiap menu makananmu sehari-hari.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2