≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Bawang Putih

Bisa dibilang, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang pasti ada di setiap dapur seseorang. Tidak hanya citarasa bawang putih yang khas yang bisa membuat makanan terasa lezat, namun ternyata bawang putih juga mengandung segudang manfaat mengejutkan bagi kesehatan kita.

manfaat bawang putih

Kandungan senyawa sulfur yang disebut dengan Allicin, yang terdapat pada bawang putih memiliki khasiat anti bakteri dan anti jamur, dan bahkan ada beberapa klaim yang menyebutkan bahwa Allicin membantu mencegah beberapa jenis kanker. Setiap 100 gram bawang putih mengandung sekitar 150 kalori, 33 gram karbohidrat, dan 6.36 gram protein. Bawang putih juga diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B6, Folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potassium, sodium, dan zinc.

Dr. Simran Siani, seorang pakar nutrisi dan konsultan diet asal Delhi merupakan seorang penggemar dari bawang putih. Dia berujar, “kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikannya khasiat antibiotik, membantu menjaga system pencernaan tetap bersih dengan mengeluarkan racun. Ini juga membangun kekebalan tubuh terhadap pilek dan mencegah penyakit jantung dengan membersihkan arteri yang tersumbat. Ini sangat bagus untuk peremajaan dan penyembuhan kulit bekas luka dan memberikan cahaya pada kulit karena membuat pencernaan berada di bentuk puncaknya. ”

Dr. Shimran menyarankan untuk mengkonsumsi bawang putih dengan cara-spesifik, yakni dengan menaruh suing bawang putih di antara dua gigi, lalu gigit sedikit untuk melepaskan ekstraknya dan kemudian telan seluruh bawang putih dengan bantuan air. Dia mengatakan, “Nilai manfaat medis dari bawang putih akan terbuka dengan baik bila dikonsumsi dalam kondisi mentah.” Berikut adalah beberapa manfaat mengejutkan bawang putih bagi kesehatan :

Pemurni darah

Lelah harus menutupi jerawat yang muncul dengan concealer setiap pagi? Maka kini saatnya untuk mengatasi akar penyebab jerawat dengan cara memurnikan darahmu dari dalam untuk mendapatkan kulit yang sehat dari luar. Makanlah dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari, di pagi hari dan konsumsilah banyak air di sepanjang hari. Jika kamu ingin menguruskan badan, peraslah separuh buah lemon ke dalam segelas air hangat dan makanlah 2 siung bawang putih di pagi hari. Bawang putih akan membantumu membersihkan sistemmu dan mengeluarkan racun.

Mengobati demam dan pilek

Bawang putih juga bisa mneyembuhkanmu dari pilek dan flu yang membandel. Makanlah 2-3 siung bawang putih mentah atau rebus setiap hari atau minumlah teh ekstrak bawang putih dengan campuran sedikit madu atau jahe untuk meningkatkan rasa untuk meredakan hidung tersumbat dan menyembuhkan demam dan membangun pertahanan tubuh terhadap penyakit musiman ini.

Menurut Dr. Sikha Sharma, pakar kesehatan dari Delhi dan pendiri Nutrihealth mengatakan, “Salah satu penggunaan awal bawang putih adalah oleh para pemakan daging karena diyakini bahwa daging bisa menyebabkan infeksi yang bisa dilawan oleh bawang putih dari dalam tubuh. Dia menambahkan, “Bawang putih dapat ditambahkan ke rebusan panas, kaldu dan sup untuk melawan sinusitis, demam dan flu. Dan bawang putih terbaik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.”

Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari (baik sebagai bumbu atau di makan mentah), bisa membantu menurunkan kadar kolesterol karena khasiat antioksidan yang dimiliki Allicin. Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk meregulasi tekanan darah dan kadar gula darah.

Dan penting untuk diingat, bahwa Allicin, senyawa yang mengandung sulfur cenderung akan kehilangan khasiat obatnya ketika bawang putih di masak sepenuhnya. Jadi, sebaiknya konsumsi bawang putih dalam keadaan mentah atau semi matang agar bisa meraup manfaatnya.

Anti bakteri dan anti parasit

Bawang putih adalah salah satu harta obat terbaik yang disimpan semenjak era yang lampau. Rempah ini sudah digunakan sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit selama sekitar 7000 tahun terakhir. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih yang diencerkan bisa membantu anak-anak yang mengalami infeksi cacing pita. Obat pencuci mulut yang berbahan dasar bawang putih mungkin kedengarannya tidak segar sama sekali, dan baunya juga menyengat. Namun sejumlah kecil dari ekstrak mouthwash bawang putih sudah cukup untuk menangkal bakteri penyebab gigi berlubang.

Mencegah kanker

Beberapa penelitian mengindikasikan dan mengaitkan hubungan anatara konsumsi bawang putih harian dengan pencegahan kanker perut dan usus. Konon katanya, bawang putih berguna untuk memperkuat system kekebalan tubuh terhadap serangan kanker.

Bagus untuk kulit dan rambut

Sifat menyegarkan dari bawang putih melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit yang menua. Diterapkan sebagai ramuan oles, bawang putih akan memberikan keajaiban bagi kulit yang terinfeksi dengan infeksi jamur dan membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti kaki atlet dan kurap.

Kita semua tahu kehebatan bawang merah untuk rambut, namun saudaranya bawang putih juga tidak kalah hebatnya bagi rambutmu yang menipis. Menggosokkan bawang putih tumbuk ke kulit kepala atau memijat kulit kepala dengan minyak berisi sari bawang putih dikenal mampu mencegah bahkan mengatasi terjadinya rambut rontok.

Peringatan :

  • Pasien asthma sebaiknya jangan mengkonsumsi bawang putih karena mungkin saja bisa menimbulkan efek samping.
  • Bawang putih sebaiknya dihindari sebelum menjalani bedah atau operasi medis.
  • Jangan mengkonsumsi lebih dari 2-3 siung bawang putih dalam sehari tanpa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.
1 comment… add one

Leave a Comment

Next post:

Previous post: