Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

by Ummi on April 6, 2017

Di cuaca panas dan terik, segelas es buah yang diberi taburan biji selasih tentu sangat menyegarkan. Kita selama ini mungkin mengira bahwa biji selasih hanyalah sebagai pemanis tampilan saja. Namun tahukah kamu, selasih yang berasal dari biji bunga kemangi kering yang direndam dalam air ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selasih mengandung sejumlah protein dan lemak sehat, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin, serta kalori yang dibutuhkan bagi tubuh kita.

manfaat biji selasih

Menurut sebuah penelitian, presentase gizi yang terapat dalam biji selasih adalah sebagai berikut :

  • Karbohidrat (42%)
  • Lemak (25%)
  • Protein (20%)
  • Serat (1%)
  • Sejumlah Alpha-linolenic acid (ALA) dan asam lemak Omega-3 juga
  • Dan yang paling menarik, selasih memiliki nol kalori

Penasaran dengan manfaat kesehatan apa saja yang ditawarkan oleh makanan unik ini? Simak ulasannya berikut :

Membantu menurunkan berat badan

Berhubung selasih merupakan sumber tinggi dari ALA (alpha-linolenic acid), mereka membantu membakar metabolism dalam tubuh dan mempromosikan penurunan berat badan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam biji selasih bisa membantumu tetap merasa kenyang dan tidak merasa lapar untuk jangka waktu tertentu. Setelah direndam ke dalam air, ia memiliki kemampuan untuk memperbesar 30 kali dari ukuran aslinya sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil di antara jam makan. Cara terbaik adalah dengan menambahkan selasih ke dalam salad buah atau sebagai campuran es buah, dan dikonsumsi sejam sebelum makan besar.

Mengurangi asam lambung dan maag

Pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan makan tidak tepat waktu harus disalahkan untuk masalah asam lambung dan maag. Berkat biji selasih, kita sekarang dapat mendinginkan perut dan mengurangi penyebab asam lambung juga. Campur satu sendok teh biji selasih yang dicampur dengan secangkir susu dengan baik. Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Ini akan membantu mengurangi keasaman dan rasa panas di perut.

Mengatasi diabetes tipe 2

Kita tentu mengerti bagaimana sengsaranya yang dirasakan penderita diabetes ketika semua orang bisa menikmati makanan yang manis-manis, namun mereka tidak bisa. Meski begitu, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa biji selasih bisa bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2, dengan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan merendam sesendok the biji selasih dalam segelas air setiap malam, lalu menambahkan selasih yang sudah mengembang ke salam segelas susu keesokan paginya. Kamu juga bisa menambahkan essens vanilla untuk aroma dan rasa juga.

Bagus untuk pencernaan

Buang air besar di pagi hari tak akan begitu menyakitkan dan sulit, jika saja saluran pencernaanmu tetap bersih. Yang bisa dilakukan oleh biji selasih untuk saluran cernamu adalah dengan membersihkan bagian dalam perut dan membersihkan system pencernaan dari racun dan limbah. Kamu bisa merendam sesendok teh biji selasih dalam air hangat dan mengkonsumsinya setelah waktu 20 menit. Ini akan membantu membersihkan perut dan saluran pencernaan di pagi hari. Kamu juga bisa mencampur selasih ke dalam susu dan meminumnya sebelum tidur untuk membantu mengatasi konstipasi atau sembelit.

Sebagai agen anti inflamasi

Biji selasih juga bisa bertindak sebagai agen anti inflamasi, dan bisa membantu meringankan rasa sakit, nyeri, dan sensasi kesemutan dalam tubuh, termasuk juga peradangan dan pembengkakan. Inilah mengapa pada jaman dulu yang bisa terlihat dalam praktek pengobatan Ayurveda, selasih bisa membantu mengurangi pengembangan plak dalam pembuluh darah, dan dalam banyak kasus bisa membantu mengurangi bengkak dan rasa sakit yang terkait dengan arthritis juga. Selain itu, biji selasih bisa menjadi agen anti-spasmodik dan dapat menangani cegukan dan batuk rejan, gugup dan masalah pernapasan juga.

Bagus untuk kesehatan gigi dan mulut

Untuk gigi berlubang, sariawan, bau mulut dan plak juga, biji selasih dapat melakukan pekerjaan mereka secara efisien ketika kamu mengkonsumsinya. Semenjak biji selasih adalah gladiator yang membunuh bakteri dan jamur, virus dan mikroba; dengan mengkonsumsi biji yang mirip telur katak ini, dapat membawa senyum bahagia dan perawatan mulut yang lebih baik. Mengunyah biji selasih yang belum direndam (satu sendok teh) setiap hari pada waktu perut kosong bermanfaat untuk perawatan gigi dan mulut.

Sebagai penyejuk tubuh

Biji selasih bisa digunakan untuk mendinginkan hawa panas tubuh dan inilah mengapa selasih sering menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai jenis minuman dingin di musim kemarau yang terik.