Manfaat Biotin Bagi Tubuh

by Ummi on June 5, 2017

Dikenal juga sebagai vitamin B7, Biotin termasuk ke dalam salah satu vitamin B kompleks yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energy. Kata ‘biotin’ berasal dari bahasa Yunani kuno dari kata ‘biotos’, yang berarti “kehidupan” atau “rezeki.” Vitamin B, dan khususnya biotin, membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem sarafmu tetap sehat. Biotin juga merupakan nutrisi penting selama kehamilan, karena ini penting untuk pertumbuhan embrio janin.

manfaat biotin

Kebanyakan orang mendapatkan biotin yang mereka butuhkan dari makan makanan yang sehat, namun ada banyak klaim bahwa semakin banyak biotin maka dapat mengatur gula darahmu, mempromosikan rambut, kulit dan kuku yang sehat, dan membantu ibu hamil memiliki bayi yang lebih sehat. Seberapa banyak biotin yang kamu butuhkan, dan apa saja manfaat biotin bagi tubuh ? simak ulasannya berikut ini :

Jumlah Harian Biotin yang Disarankan

Antara 30 dan 100 mcg per hari biotin sering direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa.
Karena biotin larut dalam air, kelebihan biotin hanya akan melewati tubuhmu saat kamu buang air kecil. Sementara kebanyakan orang dapat mengatasi suplemen biotin, beberapa orang melaporkan efek samping ringan seperti masalah mual dan pencernaan. Tidak ada gejala toksisitas yang diketahui terkait dengan terlalu banyak biotin.

Manfaat biotin bagi tubuh

Baik bagi penderita diabetes

Karena beberapa studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kadar biotin yang lebih rendah, mengambil suplemen biotin mungkin dapat membantu dengan regulasi gula darah. Penelitian sejauh ini masih saling bertentangan : sebagian studi menunjukkan adanya efek ketika biotin dikombinasikan dengan kromium, sementara studi yang lain tidak.

Orang dengan diabetes tipe 1 yang bergantung insulin juga cenderung mengalami masalah dalam mengatur kadar glukosa darahnya. Biotin membantu menciptakan asam lemak dengan mengubah glukosa, dan ada bukti bahwa ini dapat membantu menurunkan gula darah.

Menyehatkan rambut, kulit, dan kuku

Kekurangan biotin sangatlah langka terjadi. Namun karena orang yang memiliki kekurangan biotin seringkali menunjukkan tanda-tanda rambut ronotk atau kulit bersisik kemerahan, beberapa dokter dan perusahaan suplemen menyarankan untuk meningkatkan asupan biotinmu.

Memainkan peran penting selama kehamilan dan menyusui

Sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan di Journal of Nutrition melaporkan bahwa banyak wanita hamil kekurangan biotin, dan bahwa tikus hamil dengan biotin rendah cenderung memiliki bayi dengan cacat lahir yang parah. Untuk membantu mempromosikan kesehatan bayi, dokter sering merekomendasikan suplemen dengan biotin bersamaan dengan asam folat selama kehamilan.

Biotin penting selama kehamilan dan menyusui. Tahapan hidup ini dikaitkan dengan peningkatan kebutuhan akan biotin. Sebenarnya, diperkirakan bahwa hingga 50% wanita hamil dapat mengalami kekurangan biotin ringan. Ini berarti bahwa hal itu mungkin mulai mempengaruhi kesehatan mereka sedikit, namun tidak cukup parah untuk menimbulkan gejala yang nyata. Defisiensi diperkirakan terjadi karena biotin lebih cepat rusak dalam tubuh selama kehamilan.

Selain itu, penyebab utama kekhawatiran adalah bahwa penelitian hewan menemukan bahwa kekurangan biotin selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir. Meski begitu, ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi / ahli gizi sebelum mengkonsumsi suplemen selama masa kehamilan dan saat menyusui.