Manfaat Brokoli

by Siti Eka Kurniyati on November 21, 2015

Manfaat Brokol bagi kesehatan tubuh kita sangatlah banyak. Bahkan sayuran hijau yang satu ini termasuk dalam super food alias makanan super karena kandungan nutrisinya sangat banyak yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Sayur yang termasuk dalam jenis kubis-kubisan ini mudah kita jumpai. Ibu-ibu sering memberikan sayuran asal timur tengah ini kepada anak-anak mereka dan memang tidak salah karena manfaat brokoli yang sangat banyak bagus untuk pertumbuhan si kecil. (manfaat madu dan wortel)

manfaat brokoliBrokoli mengandung Vitamin B, C,E, K karotenoid / provitamin A, asam folat, antioksidan dll. Rasa brokoli memang tidak terlalu enak, tapi kamu bisa mengakalinya dengan membuat olahan yang menggugah selera seperti mencampurkan madu dan wortel pada jus brokoli atau menumis brokoli dengan bahan sayuran lain. Jadi apa saja khasiat brokoli bagi kita? Simak ulasannya di bawah ini

Program Diet

Brokoli memang sangat terkenal sebagai sayuran yang sering dimanfaatkan dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Ini karena brokoli mengandung serat yang tinggi yang mampu mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Selain itu sayuran yang mirip dengan bunga kol ini juga rendah kalori dan akan membuat perutmu kenyang lebih lama. (baca : Diet Mediterania)

Antioksidan

Vitamin C yang terkandung dalam brokoli berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk memerangi radikal bebas yang berbahaya. Vitamin C juga bisa meningkatkatkan system kekebalan tubuh / system imun tubuh  jadi kita tidak mudah terserang penyakit berbahaya. (baca : antioksidan dan radikal bebas).

Bagus untuk Penglihatan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa brokoli memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, brokoli juga mengandung lutein yang telah diteliti dapat mencegah katarak dan macula. (baca : kebiasaan buruk yang dapat merusak mata)

Bagus untuk Kulit

Selain untuk diet, brokoli juga bisa menjaga kesehatan kulitmu. Senyawa Glurocaphanin yang terdapat dalam  sayuran berwarna hijau ini bisa mengatasi masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit seperti yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan bisa juga untuk anti aging. Vitamin E yang juga dimiliki oleh brokoli bisa membantu proses  regenerasi sel kulit mati. (baca : Ramuan alami untuk mengatasi kulit kering)

Brokoli Bagus untuk Jantung

Glurocaphanin yang terkandung dalam brokoli tidak hanya bagus untuk kulit saja tetapi juga bagus untuk kesehatan jantung dan mencegah permasalahan berkaitan jantung. Namun, pengolahan brokoli untuk kesehatan jantung memerlukan sedikit syarat khusus seperti tidak boleh digoreng atau ditambahkan bahan minyak, tidak boleh dimasask terlalu lama, dan jangan disimpan terlalu lama di dalam kulkas. (baca : daftar makanan yang menyehatkan bagi jantung)

Bagus untuk Pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki brokoli tentu sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Antioksidannya merupakan detoks alami yang bisa membersihkan lambung dan usus dari racun. Sulforaphane dalam brokoli juga berguna untuk mencegah maag dan infeksi pada lambung. Kandungan ini bisa meningkatkan produksi enzim yang dihasilkan oleh hati. Enzim yang dihasilkan oleh hati tersebut mengikat karsinogen yang merupakan penyebab kanker lalu mengeluarkannya dari sel. (baca : cara mengatasi maag)

Mencegah Tulang Keropos

Kandungan kalium yang terdapat di brokoli mampu mencegah osteoporosis atau tulang keropos.

Mencegah Kanker

Brokoli mengandung indole yang merupakan penghasil anti karsinogen. Juga isothiocyanate serta fitokimia yang bisa mencegah kanker terutama kanker payudara dan kanker prostat. (baca : cara mencegah kanker payudara)