Manfaat Buah Mangga Muda

by Ummi on July 12, 2016

Mangga muda biasanya menjadi favorit para ibu hamil yang sedang ngidam atau anak-anak kecil. Meski rasanya super asam, namun mangga muda dipenuhi dengan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air. Mangga muda biasanya diolah sebagai acar, asinan, jus, sambal, atau rujak buah. Terlepas dari rasanya yang asam, mari kita lihat manfaat mangga muda bagi kesehatan tubuh kita :

manfaat mangga muda

  • Memakan mangga muda dengan sedikit garam bisa mencegah hilangnya cairan yang berlebihan dari tubuh dan membantu menghilangkan dahaga kita. Selain itu, mangga muda juga bisa melindungi kita dari efek negatif suhu udara yang sangat tinggi.
  • Berkeringat dan mengeluarkan peluh di musim panas tidak pernah berakhir. Kamu dapat mencegahnya dengan minum jus mangga muda. Ini mencegah hilangnya natrium klorida dan zat besi yang terjadi di musim panas karena keringat berlebihan.
  • Bubuk mangga muda kering sangat bermanfaat untuk mengatasi Scurvy (kekurangan vitamin C).
  • Memakan mangga muda yang merupakan sumber yang kaya pektin, dicampur dengan sedikit madu dan garam, sangat berguna untuk mengobati gangguan usus besar. Mangga muda juga dianggap sebagai obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan diare musim panas, disentri, mual-mual, dispepsia kronis, gangguan pencernaan dan konstipasi.
  • Mangga muda juga sangat bermanfaat dalam mengatasi gangguan darah karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membantu pembentukan sel darah yang baru. Mangga muda membantu penyerapan zat besi dan mencegah kecenderungan pendarahan. Hal ini meningkatkan daya tahan tubuh terhadap TBC, anemia, kolera dan disentri.
  • Jus mangga muda rebus yang dicampur dengan gula, jinten, dan sedikit garam bisa membantu mengobati biang keringat, tenggorokan asam, dan sengatan matahari di musim panas.
  • Mangga muda adalah salah satu ramuan alami untuk mengobati gangguan liver. Karena, saat kamu mengunyah mangga muda ia bisa meningkatkan sekresi (pengeluaran) asam empedu, serta membersihkan usus dari infeksi bakteri.
  • Memakan mangga hijau mentah juga baik untuk gusi. Tidak hanya mencegah gusi berdarah, itu juga bisa menghentikan bau mulut dan melawan kerusakan gigi.
  • Bagi wanita hamil khususnya, memakan mangga muda adalah cara yang baik untuk mengusir morning sickness (mual-mual). Cukup taburi sedikit garam pada mangga muda dan lihat efeknya dalam menghilangkan mual.
  • Sebagai salah satu makanan alkali, mangga muda juga bisa membantu mengontrol keasaman tubuh hingga batas tertentu.
  • Mangga muda juga bisa menjadi pilihan bagus untuk membantu menurunkan berat badan, karena buah ini jauh lebih sedikit kandungan kalorinya dibanding dengan mangga yang sudah matang.