‚Č° Menu
werno-werno.com

Manfaat Buah Manggis

Tampaknya masyarakat Asia Tenggara, terutama Indonesia menyadari betul akan nilai obat yang dimiliki buah tropis ini sejak lama. Mengandalkan mangis sebagai bentuk pengobatan untuk berbagai kondisi medis adalah alasan mengapa para ilmuwan terus melakukan penelitian dan penelitian untuk mengkonfirmasi anggapan penyembuhan ini. Sejauh ini manfaat buah ini telah terbukti secara ilmiah selama 3 dekade terakhir menjadi kenyataan.

manfaat manggis

Bagaimana cara menyiapkan dan mengkonsumsi manggis? Buah manggis segar biasa dimakan sebagai makanan pencuci mulut. Jus yang terbuat dari daging buah manggis ini bisa disiapkan sendiri di rumah dan juga tersedia sebagai minuman kesehatan. Manggis juga bisa dibuat menjadi selai dan dengan demikian dapat disimpan untuk durasi yang lebih lama dan dapat dikonsumsi setiap saat sepanjang tahun. Produk ekstrak kulit manggis tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul. Selain buahnya, biji manggis juga bisa dimakan. Mereka bisa dikonsumsi setelah dipanggang atau direbus.

Nilai gizi buah Manggis

Manggis adalah buah menyehatkan yang kaya akan air, energi, protein, karbohidrat dan serat. Nutrisi penting seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan juga ditemukan pada buah ini. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Vitamin lain seperti thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, asam folat, karoten dan cryptoxanthin juga ditemukan di dalamnya. Penasaran dengan beragam manfaat buah manggis bagi kesehatan ? Simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Kesehatan Manggis

Memiliki sifat anti kanker

Salah satu manfaat kesehatan manggis adalah sifat anti kankernya. Kulit dan daging buah manggis mengandung xanthone yang menunjukkan efek anti kanker, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Xanthone menghambat pertumbuhan sel pada kanker usus manusia dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Akao Y et al. Mereka menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai agen untuk mencegah kanker atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat anti-kanker lain untuk efek menguntungkan.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Manggis telah digunakan sebagai agen antiinflamasi sejak bertahun-tahun di negara-negara Asia Tenggara. Studi penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti alergi dan anti-inflamasi dan menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang terkait dengan peradangan pada tubuh manusia.

Menyehatkan kulit

Manggis juga membantu menjaga kesehatan kulit. Sifat anti-inflamasi, anti bakteri, anti jamur, anti-alergi dan anti-oksidan yang dimilikinya membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri. Studi penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis untuk kulit dan salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat anti-kanker kulit dan berpotensi menjadi agen kanker anti-kulit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manggis kaya akan berbagai nutrisi, mineral, vitamin dan xanthone yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit kesehatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Kaya akan sifat antioksidan

Ini adalah salah satu buah yang diketahui mengandung antioksidan kuat yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh dan seluruh tubuh. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthone yang mengandung berbagai khasiat yang memiliki nilai obat. Inilah sebabnya mengapa manggis disebut sebagai buah penyembuhan yang bisa digunakan untuk membalikkan efek penyakit yang berhubungan dengan umumnya manusia.

Berguna sebagai obat

Manggis dengan sifat anti bakteri dan anti-inflamasinya bermanfaat sebagai minuman obat dan penyembuhan luka secara cepat. Daun dan kulit pohon manggis bisa dicampur dengan ramuan obat lain dan dioleskan pada luka untuk pemulihan lebih cepat. Minuman obat bisa disiapkan dengan merebus daun dan kulit pohonnya.

Mengobati Diare dan disentri

Penggunaan manggis juga bermanfaat dalam mengobati gangguan perut. Dinding buah dan kulit buah manggis efektif dalam memberikan kelegaan dari gangguan perut seperti diare dan disentri.

Mengatasi masalah menstruasi

Akar manggis juga memberi manfaat kesehatan. Akar manggis membantu mengatur siklus haid pada wanita.

Sifat Astringent

Kulit kayu dan daun pohon manggis menunjukkan sifat zat dan bermanfaat dalam menyembuhkan sariawan atau aphtha.

Efek kardioprotektif

Manggis juga bisa membantu dalam mengurangi risiko stroke atau infark miokard. Temuan penelitian menunjukkan efek perlindungan kardio manggis pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid selama stroke.

Diabetes

Diabetes adalah kondisi medis yang juga umum terjadi pada masyarakat modern. Meskipun dapat dikendalikan dengan menggunakan obat yang diresepkan, ini bisa menjadi risiko kesehatan terutama jika tindakan pencegahan yang memadai tidak dilakukan. Manggis merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Memasukkan manggis dalam daftar  makanan dietmu mungkin efektif dalam menurunkan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan pada manggis juga menjamin kesehatan dan kesejahteraan.

0 comments… add one

Leave a Comment