Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

by Ummi on August 9, 2016

Buncis adalah salah satu anggota dari polong-polongan yang cukup populer di kalangan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Sayuran bernama latin Phaseolus Vulgaris ini sangat rendah kalori dan lemak dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kandungan seratnya sangat tinggi, dan menyediakan beberapa macam protein harian yang dibutuhkan tubuh. Mereka juga bertindak sebagai sumber vitamin A, C, K, B6, dan asam folat. Dalam masalah mineral, buncis adalah sumber kalsium, silikon, zat besi, mangan, potassium, dan tembaga yang baik. Selain bergizi, sayuran hijau ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Ingin tahu apa saja itu? Berikut adalah beberapa manfaat buncis bagi kesehatan :

Baik untuk jantung

Buncis bisa membantu menguragi risiko penyakit jantung berkat kandungan kadar flavonoidnya yang tinggi. Flavonoid adalah antioksidan polyfenol yang biasa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Buncis memiliki kadar flavonoid tinggi dan antioksidan ini memiliki khasiat anti inflamasi. Subjek tes dengan tingkat flavonoid tinggi mengalami hasil anti-trombotik, mencegah pembekuan darah di arteri dan vena. Penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke umumnya disebabkan oleh aktivitas trombotik, yang berarti bahwa volume sehat buncis dan flavonoid dalam diet dapat membantu mencegah beberapa kondisi ini.

Mencegah kanker usus

Studi terbaru menunjukkan konsumsi buncis bermanfaat untuk mencegah polip pra-kanker yang umumnya menyebabkan kanker usus besar. Banyak penelitian telah mencoba untuk menghubungkan asupan kacang kering untuk pencegahan kanker, dengan hasil yang terbatas. Namun, bukti baru menunjukkan bahwa peningkatan asupan diet buncis dapat mengurangi risiko kanker adenoma kambuhan dan kanker kolorektal. Studi yang lebih lanjut masih sedang berlangsung, tapi keterkaitan tersebut sangat penting.

Kedua, kandungan serat yang tinggi dari buncis juga bisa berdampak positif pada sistem pencernaanmu. Beberapa jenis serat dapat mempermudah proses pencernaan dan meningkatkan gerakan usus yang sehat, yang menurunkan stres pada saluran usus. Studi tertentu telah menunjukkan korelasi positif antara peningkatan asupan serat dan penurunan kanker usus besar, tapi sekali lagi, penelitian lebih lanjut masih dilakukan.

Mengobati diabetes

Kacang-kacangan yang penuh daya ini telah terbukti membantu mengelola dan mengatur gejala diabetes pada banyak pasien. Studi tertentu telah menunjukkan pengaruh hipoglikemik yang definitif pada pasien dengan diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi yang membutuhkan perawatan kadar gula darah yang konstan pada tingkat normal sehingga tubuh dapat melakukan tugas-tugas yang diperlukan. Regulator (pengendali) diabetes yang alami jarang ada, dan koneksi kacang-kacangan dan tanaman sejenisnya dengan kontrol atau pencegahan dini diabetes adalah berita besar bagi banyak orang.

Meningkatkan system daya tahan tubuh

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat dalam tubuh kita yang melawan radikal bebas yang berbahaya dan menghilangkan mereka dari sistem kita sebelum mereka dapat menyebabkan penyakit atau kerusakan jaringan. Mereka adalah sumber yang baik dari flavonoid dan karotenoid, tetapi beberapa pigmen ini sebelumnya tidak diketahui. Flavonoid mengandung antioksidan dasar seperti quercetin dan kamferol, tetapi juga yang lebih berguna dan bermanfaat seperti katekin dan epicatechins. Katekin telah terbukti mengurangi keparahan stroke. Karotenoid yang ditemukan dalam buncis mengandung antioksidan seperti beta karoten dan lutein. Beta karoten telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan mata

Karotenoid tertentu yang ditemukan dalam buncis juga dapat mencegah degenerasi makula, yang merupakan penurunan visi dan fungsi mata. Lutein dan Zeaxanthin difokuskan pada makula pada mata, dan memainkan peran kunci dalam mencegah stres di kerja bagian dalam mata. Memastikan bahwa tingkat karotenoid tetap kuat untuk mencegah kerusakan penglihatan adalah salah satu dari sekian banyak manfaat dari menyertakan buncis dalam diet seimbangmu.

Baik bagi ibu hamil

Buncis juga merupakan sumber asam folat yang besar, yang memainkan peran penting dalam sejumlah proses internal, tetapi tidak ada yang lebih penting daripada melindungi bayi dalam kandungan. Kadar asam folat dalam tubuh wanita sangat penting untuk perkembangan normal dan kesehatan janin dalam kandungan, terutama dalam mencegah cacat tabung saraf. Buncis menyediakan cara mudah dan lezat untuk menjaga kadar asam folat yang tinggi, dan memastikan bayi yang sehat dan bahagia.

Menguatkan tulang

Ada sejumlah nutrisi, seperti kalsium, ditemukan dalam buncis yang merupakan bagian integral dalam mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis. Buncis juga mengandung vitamin K, vitamin A, dan silikon. Kekurangan dalam banyak senyawa ini telah terhubung dengan peningkatan keropos, kekuatan, dan daya tahan tulang. Silicon bukanlah mineral yang paling umum kita didengar, dan jumlahnya juga relatif jarang ada di sebagian besar makanan. Namun, buncis merupakan sumber yang hebat untuk silikon, yang merupakan elemen kunci dalam regenerasi tulang dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Masalah pencernaan

Buncis dikemas dengan serat, yang merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam tubuh kita. Dengan menjaga serat yang cukup dalam makanan kita, kita mampu meringankan masalah pencernaan tertentu seperti sembelit, wasir, borok, dan penyakit refluks asam. Kondisi ini berkisar dari iritasi ringan sampai yang berpotensi mengancam kehidupan, dan jumlah serat yang kita konsumsi adalah elemen kunci dalam pencegahan mereka. Dalam satu porsi normal buncis, yakni sekitar 110 gram, Anda bisa mendapatkan 15% dari jumlah serat harian yang disarankan. Mereka adalah salah satu sayuran terbaik untuk menjaga perutmu tetap bekerja dengan baik.