≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat & Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut

Serum rambut adalah sebuah istilah baru dari perawatan rambut bagi orang-orang. Namun, hal itu merupakan istilah lama dan umum dalam dunia kecantikan. Serum untuk rambut biasanya berbentuk cairan dan terbuat dari konten berbasis silikon, asam amino, dan ceramide. Kandungan silikon ini akan bertindak seperti layaknya masker atau plastik wrap pada kulit kepala.

manfaat serum rambut

Biasanya, serum rambut digunakan untuk mengatasi rambut kusut dan rambut yang keriting. Serum rambut akan menjaga kulit kepala tetap kering dan mencegah ketombe serta infeksi jamur menyerang kulit kepala. Ada beberapa jenis serum rambut yang tersedia di pasaran. Namun yang paling populer dan banyak digunakan adalah serum rambut organik (dengan bahan alami) dan serum berbasis silikon. Serum rambut jenis ini akan menjinakkan rambut kusut dan susa diatur serta mencegah rambut rontok dalam proses penataan rambut.

Manfaat menggunakan serum rambut

Serum rambut adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi rambut kasar, kusut, dan kering. Dengan menggunakan serum rambut, rambut menjadi selembut sutra, halus, dan mudah diatur. Silikon yang biasanya sebagai bahan baku serum rambut juga akan melapisi rambut dan membuatnya tampak lebih bersinar. Rambut akan dilindungi dari panas sinar matahari, polusi, dan kelembaban. Dengan menerapkan serum rambut, akan memberikan rambutmu tampilan yang sehat. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan serum rambut :

Mencegah kerusakan

Serum rambut akan melindungi rambut dari faktor pemicu kerusakan seperti polusi, debu, alat penata rambut, dan kelembaban. Serum akan bertindak seperti perisai rambut dan mencegah rambut dari kekeringan.

Membuat rambut mudah diatur (conditioning)

Serum juga bisa bertindak sebagai kondisioner yang baik bagi rambut. Minyak akan membuat rambut lengket dan melekat ke kulit kepala, sehingga akan lebih baik jika menggunakan serum untuk mengontrol rambut yang kasar dan kusut.

Mengilaukan rambut

Selain itu, serum juga akan mengilaukan rambut. Serum akan memberikan kehidupan pada rambut yang rusak dan kusam dengan menghilangkan kekusutan, sehingga bisa memberikan rambutmu kemilau yang sehat.

Perlindungan sinar UV

Beberapa jenis serum rambut juga memiliki formula perlindungan sinar UV. Rambut yang terus menerus terpapar sinar matahari akan menjadi rusak sehingga dengan memakai serum bisa melindungi rambutmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Melindungi dari paparan alat penata rambut

Terus menerus menggunakan alat penata dan pengeriting rambut elektrik juga bisa merusak rambut. Serum rambut sebaiknya digunakan saat rambutmu ditata guna menghindari efek samping yang berbahaya bagi rambut. Kamu cukup menggunakan serum rambut sebelum menggunakan alat penata rambut, sehingga mencegah rambut agar tidak terlalu kepanasan. Setelah menerapkan serum, kamu juga bisa memilih apakah dibiarkan kering secara normal dengan diangin-anginkan atau kamu bisa menggunakan hair dryer agar lebih cepat kering.

Cara menggunakan serum rambut

Ada teknik tersendiri yang digunakan untuk menerapkan serum rambut. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Cuci dulu rambutmu dengan shampoo yang lembut.
  • Ambil sedikit serum rambut ke telapak tanganmu dan usapkan ke seluruh rambut.
  • Ingatlah untuk tidak menggosok serum rambut langsung pada kulit kepalamu.
  • Biarkan serumnya kering selama beberapa saat lalu sisir rambutmu.

Cara memilih serum rambut yang tepat

Memilih serum rambut berdasarkan jenis rambut sangatlah penting. Pada umumnya, sebagian besar serum akan bekerja baik pada rambut kepala yang tebal. Namun, serum juga bisa menjadi musuh bagi rambutmu. Jadi, pilihlah serum rambut yang tepat sehingga akan memberimu hasil yang lebih baik.

Hal yang harus diingat saat menggunakan serum rambut

  • Gunakan serum rambut saat dokter kecantikan meresepkannya. Jadi, jangan menggunakan tanpa adanya konsultasi terlebih dulu.
  • Jangan gunakan ujung jari untuk menerapkan serum dan meratakannya ke seluruh rambut. Sebaiknya gunakan sisir berbentuk dayung yang didedikasikan khusus untuk meratakan serum rambut ke seluruh kulit kepala.
  • Ingatlah bahwa serum rambut biasanya terbuat dari kandungan berbasis silikon. Jadi, penggunaan dalam waktu yang lama bisa mempengaruhi kesehatan otakmu.
  • Jangan terapkan serum langsung ke kulit kepala, karena itu berarti akan sulit untuk menata rambutmu karena rambut akan berubah menjadi terlalu berminyak.
  • Selalu terapkan serum pada rambut yang masih dalam keadaan basah.
  • Jika kamu menemukan kekeringan yang berlebihan pada rambutmu sehari setelah menggunakan serum, maka segera hentikan penggunaannya. Itu tandanya serum tersebut tidak cocok untuk rambutmu.
0 comments… add one

Leave a Comment