Manfaat Cengkeh

by Siti Eka Kurniyati on November 2, 2015

Cengkeh (clove) adalah salah satu tanaman rempah-remah asli Indonesia yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak alias penyedap makanan dan juga sebagai campuran bahan membuat rokok. Tapi tahukah kamu, selain dipergunakan untuk dua hal tersebut, cengkeh memiliki berbagai manfaat lain.

manfaat cengkeh bagi kesehatan dan kecantikan

Cengkeh mempunyai manfaat dalam bidang kesehatan juga dalam bidang kecantikan. Apa saja manfaat cengkeh tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Kesehatan

  • Mengobati sakit gigi. Manfaat cengkeh yang satu ini memang cukup terkenal. Tapi bagaimana bisa ya cengkeh menyembuhkan sakit gigi? Jawabannya karena cengkeh mengandung senyawa bernama eugenol sebanyak 72% sampai 90%. Senyawa ini bersifat anastetik (bius) dan antiseptic. Sifat antiseptic dari senyawa eugenol inilah yang mampu membunuh kuman serta mengurangi rasa sakit gigi dengan sifat anastetiknya. Sifat anastetik cengkeh juga dimanfaatkan untuk campuran bahan berbagai obat farmasi. Selain dengan menggunakan minyak cengkeh, kamu bisa membuat sendiri ramuan dari cengkeh untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk 5-10 bunga cengkeh hingga menjadi bubuk lalu taburkan ke bagian gigi yang sakit. (baca : Menjaga Kesehatan Gigi)
  • Masih berhubungan dengan bagian mulut. Cengkeh juga bisa mengobati gusi bengkak. Mau tau bagaimana cara menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan cengkeh? Baca DISINI
  • Karena senyawa eugenol mampu membunuh kuman dalam mulut, cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. (baca : cara menghilangkan bau mulut)
  • Cengkeh mengandung zat yang bernama flavanoid yang bersifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan hingga infeksi juga membantu penderita rematik.
  • Bagi seorang ibu yang sedang hamil dan mengalami gejala mual akibat kehamilan. Kamu bisa mengatasi masalah yang satu itu dengan cara merebus campuran 10 bunga cengkeh, 20 gr gula jawa dan 400 cc air. Rebus hingga air berkurang setengah (tinggal 200 cc). hasilnya bisa diminum dengan porsi 100 cc tiap pagi dan sore / malam.
  • Benarkah cengkeh mampu menangkal gigitan nyamuk? Cengkeh disinyalir mengandung bahan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Dengan menggunakan minyak cengkeh kamu bisa terhindar dari gigitan nyamuk dan bebas dari resiko penyakin malaria ataupun demam berdarah. (baca : ramuan alami pengusir serangga)
  • Cengkeh memiliki sifat yang hangat bagi tubuh. Dengan mencampurkan minyak cengkeh dan madu lalu meminumnya sebanyak 1 atau 2 kali sehari, kamu bisa mengatasi pilek.
  • Senyawa Eugenol bukan hanya mampu membunuh bakteri namun juga mampu mencegah pembekuan darah , jadi cengkeh sangat baik untuk mencegah penyakit seperti stroke dan jantung

Kecantikan

  • Minyak cengkeh sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah wajah yaitu jerawat. Ini karena bakteri penyebab jerawat akan mati sebab kandungan eugenol yang ada dalam cengkeh. (baca : cara mengatasi jerawat)
  • Punya bekas goresan luka? Kamu bisa memanfaatkan minyak cengkeh untuk membantu menghilangkan bekas luka tersebut. (baca : cara alami menghilangkan bekas luka)