Manfaat Chamomile Bagi Kesehatan

by Ummi on November 28, 2016

Sekarang ini, banyak orang yang peduli dengan kesehatan beralih ke teh herbal karena mereka menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan. Salah satunya adalah teh bunga Chamomile, karena selain menyehatkan juga ternyata menyediakan manfaat bagi kecantikan pula.

manfaat teh chamomile

Banyak tumbuh di kawasan Asia, Eropa, Australia dan Amerika Utara, ramuan herbal ini indah untuk dipandang dan memiliki bau yang kuat. Bahkan, chamomile adalah salah satu tanaman obat tertua, yang paling-banyak digunakan dan terdokumentasi dengan baik di dunia dan telah direkomendasikan untuk berbagai aplikasi penyembuhan.

Komponen aktif dalam chamomile dikenal sebagai bisabolol, yang memiliki anti-iritasi, anti-inflamasi dan sifat antimikroba. Herbal ini juga memiliki khasiat anti-kecemasan, antikanker, antikoagulan, antispasmodic dan antidiare. Baik dalam bentuk bunga segar maupun kering, chamomile telah digunakan untuk membuat teh selama berabad-abad untuk menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan.

Cara membuat teh bunga chamomile:
1. Tambahkan 1 sendok teh bunga chamomile kering ke secangkir air panas.
2. Tutup dan leramkan selama 5 menit, kemudian saring.
3. Tambahkan sedikit madu murni dan minum selagi masih hangat.

Kamu juga dapat membeli teh celup chamomile yang siap digunakan. Untuk penggunaan dalam pengobatan kesehatan dan kecantikan, chamomile juga tersedia dalam bentuk cairan konsentrat, minyak, tincture dan krim dan lotion. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan Chamomile :

Melawan masalah tidur

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, minum teh chamomile dapat sangat menguntungkan bagimu. Ramuan herbal ini bekerja sebagai obat penenang ringan dan penginduksi tidur, berkat dosis flavonoidnya yang kaya yang memberi sinyal ke otakmu untuk melepaskan serotonin dan dopamin untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Herba ini juga melemaskan otot-otot dan saraf, yang pada gilirannya mempromosikan kantuk.

Selain itu, chamomile sangat bagus untuk apnea tidur, karena efek anti-inflamasinya membantu menyingkirkan obstruksi di saluran napas yang menyebabkan mendengkur.

  • Minumlah secangkir hangat teh chamomile 1 jam sebelum tidur untuk membuat rileks saraf dan otot.
  • Atau, siapkan minyak pijat dengan takaran 1 bagian minyak chamomile dan 2 bagian minyak zaitun atau minyak kelapa. Pijat bagian belakang leher serta kaki setiap hari sebelum tidur.

Meredakan sakit kepala

Entah apakah kamu menderita sakit kepala atau migrain, chamomile adalah obat yang baik untuk bantuan yang cepat. Chamomile memiliki khasiat anti-inflamasi, antispasmodic dan menenangkan yang membantu mengurangi rasa sakit. Bahkan, minum teh chamomile secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan migrain.

Ramuan ini meningkatkan sirkulasi darah sementara juga meningkatkan tingkat alkali tubuh, yang pada gilirannya memudahkanmu kembali ke dalam keadaan bebas rasa sakit. Untuk sakit kepala dan migrain, minumlah teh chamomile 3 atau 4 kali setiap hari.

Menenangkan Nyeri otot dan kejang

Ramuan ini juga membantu dalam menyingkirkan nyeri otot dan nyeri. Chamomile meningkatkan kadar urin dari glisin, asam amino alami yang membantu menenangkan saraf dan otot. Juga, ramuan ini memiliki beberapa flavonoid dengan sifat anti-inflamasi, yang memiliki efek relaksasi pada tubuh untuk memfasilitasi penyembuhan lebih cepat dari jaringan otot yang sakit. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Molecular Medicine Reports menyoroti beberapa khasiat obat chamomile, termasuk sifat anti-inflamasi dan menenangkan otot.

  • Siapkan minyak pijat dengan 1 bagian minyak esensial chamomile dan 2 bagian dari minyak pembawa (carrier oil) seperti minyak kelapa. Gunakan minyak ini untuk memijat daerah yang terkena nyeri otot untuk mendapatkan bantuan cepat dari rasa sakit otot dan kejang.
  • Juga, minumlah teh chamomile 2 atau 3 kali sehari untuk membantu merilekskan nyeri otot.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2