≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Dahsyat Susu Untuk Kesehatan

Kita semua tentu sudah mengalami, kita meminum susu semenjak hari pertama kita dilahirkan, dan susu merupakan sumber gizi satu-satunya bagi banyak bayi selama beberapa bulan pertamanya. Namun sayang, seiring kita mulai bertumbuh besar, asupan susu akan secara alami berkurang. Padahal, terlepas dari berapapun usiamu, sangatlah penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan untuk tetap minum susu setiap hari.

Susu memberikan keseimbangan nutrisi yang unik dan dianggap sebagai “minuman kesehatan alam”. Menurut National Dairy Council, susu mengandung sembilan nutrisi penting, yakni : kalsium, protein, kalium, fosfor, riboflavin, niasin, serta vitamin A, D dan B12.

manfaat susu

Setiap jumlah susu yang kamu minum itu bermanfaat, tetapi dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tiga porsi satu gelas susu setiap hari. Tergantung pada diet, dan kebutuhan gizi setiap orang, kamu dapat memilih jenis susu yang berbeda, seperti susu utuh (penuh lemak), 2% lemak, 1% lemak atau skim (bebas lemak).

Ini juga sudah diketahui bahwa kalsium dan vitamin D dalam susu membantu menjaga tulang tetap sehat. Tapi sebenarnya susu masih memiliki banyak manfaat kesehatan tambahan yang akan mendorongmu untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan porsi harian yang disarankan. Penasaran dengan manfaat dahsyat susu untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut  ini :

Menguatkan gigi

Salah satu pilihan makanan terbaik untuk kesehatan gigimu adalah susu. Susu menyediakan jumlah kalsium, fosfor, dan iodine yang tinggi yang dibutuhkan untuk meremineralisasi gigi dan untuk membuatnya tetap tajam dan kuat.

Protein casein dalam susu membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel gigi, sehingga membantu mencegah kehilangan kalsium dan fosfat ketika gigi terpapar zat asam yang ada di mulut atau yang ada di makanan atau minuman. Inilah yang membantu mencegah gigi keropos dan karang gigi. Casein juga membuat tulang rahang menjadi kuat. Untuk menikmati gigi yang kuat, minumlah susu tanpa ditambah gula. Juga, cobalah untuk minum susu di antara waktu jam makan untuk kesehatan gigi secara keseluruhan.

Membangun Otot

Untuk membentuk tubuh yang berotot dan kekar, susu sebaiknya dijadikan sebagai bagian dari dietmu karena susu merupakan salah satu makanan terbaik untuk fitness. Tubuh membutuhkan protein untuk membangun otot dan susu adalah salah satu sumber alami protein berkualitas bagus yang terbaik. Protein dalam susu terdiri dari 20% whey dan 80% casein. Sementara protein whey akan dengan cepat dipecah menjadi asam amino dan diserap ke dalam aliran darah, maka casein akan dicerna lebih lambat. Jadi, jika kamu meminum susu, tubuhmu akan mendapat manfaat dari kedua protein ini.

Disamping itu, kalsium yang terdapat dalam susu juga berontribusi pada kesehatan otot dan darah. Minumlah segelas susu setelah kamu berolahraga untuk menghidrasi tubuhmu, membangun otot, serta membantumu pulih dengan cepat sebelum kamu melakukan sesi latihan berikutnya.

Memastikan kulit yang memukau

Salah satu bahan perawatan kulit terbaik untuk setiap jenis kulit adalah susu. Faktanya, susu telah digunakan sebagai bahan kecantikan selama berabad-abad. Cleopatra, sang ratu Mesir kuno, juga menggunakan susu untuk menikmati kulit yang halus dan mulus.

Susu memiliki asam amino yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu menjaganya tetap terlembabkan. Plus, asam laktat dalam susu akan bertindak sebagai agen eksfoliasi (pengelupas sel kulit mati) alami, membantu menghilangkan sel kulit dan bahan residu lain yang berkontribusi pada kulit yang tampak kusam dan masalah kulit seperti jerawat.

Untuk menikmati kulit mulus dan halus, cuci wajahmu menggunakan air hangat dan kemudian oleskan susu utuh (whole milk) ke wajahmu dengan bola kapas. Biarkan susunya kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan perawatan cleansing dan moisturizing ini setiap hari untuk memperatahankan kulit yang halus, bersih, dan kenyal begitu juga mengurangi garis halus dan kerutan.

Mempromosikan tidur yang nyenyak

Stress adalah salah satu alasan utama dibalik dari susah tidur. Banyak orang hanya berguling-guling di kasur dan menyadari bahwa sangat sulit untuk tidur dengan nyenyak ketika mereka sedang dilanda stress. Kondisi kesehatan yang lain, seperti menopause, juga bisa membuat orang tidak bisa tidur dengan tenang.

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa membantumu tidur dengan lebih nyenyak. Susu mengandung asam amino Tryptophan yang membantu menginduksi rasa kantuk. Tubuh akan menkonversi asam amino ini menjadi neurotransmitter yang disebut dengan serotonin yang akan membuatmu mengantuk. Plus, susu merupakan sumber kalsium yang baik yang juga akan berfungsi sebagai pembantu tidur alami yang efektif. Susu akan membantu otak memproduksi senyawa penginduksi tidur yang disebut melatonin. Jadi, lain kali ketika kamu merasa lelah dan sulit tidur, maka cobalah untuk meminum segelas susu dan membaca buku atau mendengarkan musik untuk membantumu cepat tertidur.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment