Manfaat dan Cara Memijat Bayi Yang Benar

by Ummi on June 29, 2015

Anugerah terindah dari Tuhan yang maha kuasa dalam sebuah keluarga yaitu bayi. Bayi yang masih kecil memang menggemaskan dan sangat imut, sehingga calon ibu akan melakukan banyak persiapan matang untuk menyambut kehadirannya. Dan begitu sang bayi lahir, tiada kata yang mampu mengungkapkan perasaan seorang ibu dan juga ayahnya. Yang sebelumnya mereka sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat bayi. Salah satunya dengan melakukan pijat bayi. Kedengarannya memang aneh, tetapi ini salah satu yang bunda harus ketahui. Dan pijat bayi ternyata juga memiliki banyak manfaat, yukk simak dibawah ini apa saja manfaat pijat bayi.

Tips Cara memijat bayi yang baik dan benar berikut manfaat pijat bayi baru lahir

  1. Memberi kasih sayang & Menambah kekuatan otot bayi

Saat bayi dipijat, akan merasakan kelembutan tangan serta cinta dari bunda. Hal yang terpenting untuk pertumbuhan bayi adalah rasa kasih sayang. Karena bayi bisa merasakan sentuhan hangat, belaian tangan orang tuanya yang begitu menyayanginya. Dengan pijatan yang diberikan oleh sang ibu sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot pada bayi.

  1. Menyehatkan bayi

Bayi yang melakukan pemijatan akan lebih sehat karena dapat memperlancar peredaran darah, memperbaiki pernapasan, serta membantu proses pencernaan.

  1. Membantu pertumbuhan bayi

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa berat badan serta tumbuh kembang bayi akan lebih baik dengan pijat bayi. Bahkan sangat berguna untuk bayi prematur karena dapat menambah berat badan bayi hingga 47% dibanding bayi prematur yang tidak dipijat.

  1. Meningkatkan mutu belajar bayi

Bayi yang dipijat dapat memberi rangsangan indra yaitu indra pendengaran, penglihatan, dan peraba sang bayi. Juga dapat meningkatkan daya ingat bayi, sehingga dapat memberi efek lebih mudah untuk sanggup belajar bayi secara cepat nantinya.

  1. Menenangkan bayi

Saat dipijat bayi akan merasa tenang dan rileks, sama seperti orang dewasa. Pijat pada bayi juga sangat bermanfaat untuk membuat anak mudah tidur terlelap.

Cara Memijat Bayi

Sebelum memijat bayi, belailah dan tatap mata sang bayi seakan akan bunda meminta ijin memijat pada bayi. Untuk melakukan pijatan pada bayi bisa dengan melakukan usapan kecil dan lembut pada bagian telapak kaki. Diteruskan kebagian punggung, perut, dada muka dan lengan bayi. Lakukan pijatan dengan rileks, lembut dan beri pandangan mata yang penuh kasih sayang dan sedikit senyuman sehingga sang buah hati akan merasa nyaman.

Bayi yang umurnya kurang dari 1 tahun juga bisa melakukan pemijatan. Bunda bisa melakukan setiap hari untuk pemijatan. Untuk malam hari sebelum bayi tidur dan saat bayi bangun pada pagi hari.

Bunda sebaiknya membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memijat bayi. Tidak dibenarkan menggunakan perhiasa seperti cincin dan gelang, karena dapat menggores kulit bayi yang masih lembut dan sensitif. Untuk membaringkan bayi perlu diperhatikan tempatnya agar lembut dan bersih. Jika bayi sedang lapar, tidak dianjurkan untuk memijatnya, karena sang bayi akan lebih sering menangis dan tidak menikmati pemijatan bunda.  Sebelum melakukan pemijatan terlebih dahulu bunda bisa memberikan lotion khusus bayi pada tubuhnya. Awali dengan memijat lembut, perlahan dan bertahap. Bunda bisa menambah tekanan yang memang pantas untuk bayi. Jika bayi telah selesai melakukan pemijatan, bersihkan tubuh bayi, bunda bisa melanjutkan dengan memandikan sang bayi pada pagi hari, dan untuk malam hari bersihkan saja tubuh bayi menggunakan air hangat.

Ungkapan rasa kasih sayang dari orang tua ini juga sangat diinginkan oleh setiap bayi. Cara yang baik untuk mengungkapkan kasih sayang bunda salah satunya yaitu dengan cara pijat bayi. Dari pijat bayi ini, banyak manfaat yang akan didapatkan. Jika dilakukan dengan baik dan benar. Nahh… cukup sekian artikel cara memijat bayi serta manfaatnya.