Manfaat Dan Kegunaan Hidrogen Peroksida

by Ummi on December 25, 2016

Hidrogen peroksida telah lama menjadi produk pokok di setiap kotak obat P3K dan rak obat-obatan selama beberapa generasi. Hidrogen peroksida hanyalah berupa air dengan tambahan ekstra atom oksigen yang dilekatkan padanya, sehingga menciptakan rasio yang unik untuk membentuk cairan antiseptik. Secara ilmiah, itu dikenal sebagai H202.

Hidrogen peroksida hadir dalam berbagai bentuk. Meski itu sangat fluktuatif dalam konsentrasi tinggi, varietas hidrogen peroksida dalam konsentrasi rendah sangat bermanfaat untuk kesehatan serta penggunaan rumah tangga. Sebagai pilihan pengobatan alternatif, hidrogen peroksida berfungsi sebagai disinfektan untuk mendesinfektan luka kecil, luka gores atau sayatan. Hal ini juga melawan infeksi bakteri dan virus, menghilangkan racun dan membunuh kuman.

Untuk kesehatan dan keperluan rumah tangga, konsentrasi 3% hidrogen peroksida adalah apa yang kamu perlu gunakan. Bahkan, larutan hidrogen peroksida 3% adalah apa yang biasanya akan kamu temukan di apotek atau toko obat. Berikut adalah beberapa kegunaan menakjubkan dari hidrogen peroksida yang perlu kamu tahu :

Membuat gigi seputih mutiara

Hidrogen peroksida sulit ditandingi jika itu berkaitan tentang masalah memutihkan gigi kuningmu. Bahkan, banyak produk pasta gigi yang menjanjikan gigi yang putih dan bersinar mengandung hidrogen peroksida.

Efek memutihkan yang lembut dari hidrogen peroksida bisa membantu memutihkan gigi yang kuning dan secara dramatis mengkilaukan senyummu hanya dalam beberapa minggu.

  • Campur bagian yang sama antara hidrogen peroksida dengan air suam-suam kuku. Desirkan solusi ini di dalam mulutmu selama beberapa detik, kemudian ludahkan dan bilas dengan air biasa. Gunakan obat ini 1 atau 2 kali sehari sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Atau, campurkan sedikit hidrogen peroksida di ½ sendok teh baking soda untuk membuat pasta. Celupkan kapas dalam campuran tersebut dan terapkan pada gigimu. Bilas dengan air. Gunakan obat ini 1 atau 2 kali seminggu untuk menjaga gigi berwarna putih seperti mutiara.

Catatan : Pastikan untuk tidak menelan hidrogen peroksida. Juga, gunakan hidrogen peroksida dengan ekstra hati-hati karena dapat mengiritasi gusi dan membuat gigi menjadi sensitif.

Memutihkan kuku

Jika kamu memiliki kuku yang kuning akibat sering memakai cat kuku dan kamu ingin memutihkan mereka, hidrogen peroksida adalah semua yang kamu butuhkan. Properti pemutih hidrogen peroksida membantu menghilangkan noda kuning dari kuku.

  • Campur 3 sampai 4 sendok makan hidrogen peroksida ke dalam ½ cangkir air. Rendam kukumu ke dalam larutan ini selama 2 sampai 3 menit. Kemudian, dengan lembut gosok kukumu menggunakan sikat gigi yang lembut, dan terakhir bilas dengan air hingga bersih. Lakukan langkah ini satu atau dua kali seminggu selama beberapa bulan.
  • Untuk noda membandel, oleskan beberapa hidrogen peroksida langsung pada kukumu menggunakan bola kapas dan gosok mereka secara ringan dengan sikat gigi lembut.

Hidrogen peroksida dapat mendehidrasi kuku , jadi sebaiknya gosokkan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa pada kuku setelah menggunakan salah satu dari obat ini.

Menghilangkan jamur kuku

Hidrogen peroksida memiliki khasiat antiseptik yang membantu melawan jamur kuku. Properti antijamur membantu dengan cepat membunuh jamur yang bertanggung jawab untuk masalah tersebut.

  1. Siapkan campuran dari dari hidrogen peroksida dan air dengan jumlah yang sama.
  2. Letakkan solusi dalam botol semprot.
  3. Semprotkan larutan pada jari-jari kaki yang terkena jamur sebelum tidur.
  4. Biarkan selama semalaman.
  5. Keesokan paginya, cuci daerah yang terkena dengan air suam-suam kuku.
  6. Kemudian gosok kuku kaki , dengan lembut dengan sikat gigi lembut.
  7. Gunakan obat ini setiap hari selama sekitar satu bulan untuk menyingkirkan infeksi sepenuhnya.

Menyingkirkan jerawat

Salah satu masalah kulit yang dapat kamu atasi dengan hidrogen peroksida adalah jerawat. Hidrogen peroksida akan mengoksidasi lingkungan yang diolesinya. Jadi, ketika kamu menerapkannya untuk jerawat, ia akan mengoksidasi dinding sel bakteri dan mengganggu struktur kimianya, yang pada gilirannya membunuh mereka. Setelah bakteri musnah, jerawat akan sembuh secara otomatis. Juga, hidrogen peroksida akan mengurangi risiko jerawat lebih lanjut dengan mengontrol produksi minyak di kulit.

  1. Bersihkan kulit dengan pembersih yang lembut.
  2. Celupkan bola kapas ke dalam hidrogen peroksida dan oleskan pada daerah yang terkena jerawat.
  3. Biarkan selama 1 sampai 2 menit.
  4. Bilas hingga bersih, lalu terapkan pelembab ringan yang bebas minyak.
  5. Ulangi 1 atau 2 kali sehari sampai kamu menyingkirkan jerawat sepenuhnya.

Catatan : Jangan gunakan hidrogen peroksida pada kulit sensitif.

Mendukung kesehatan mulut

Hidrogen peroksida memiliki khasiat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa menjadi agen yang efektif untuk mendukung kesehatan mulut. Hal ini dapat mengontrol pertumbuhan patogen dalam mulut, yang pada gilirannya mengurangi risiko plak, gingivitis dan masalah mulut lainnya. Bahkan dapat membantu mengobati sakit gigi, terutama karena sifat antibakterinya.

  • Campur bagian yang sama dari hidrogen peroksida dan air. Berkumurlah dengan larutan ini selama beberapa menit, sama seperti kamu akan menggunakan obat kumur. Lepehkan, lalu bilas mulutmu lagi dengan air biasa.
    • Atau, celupkan sikat gigimu ke dalam hidrogen peroksida dan sikat gigimu seperti biasa untuk menjaga gigi bebas kuman. Kamu bahkan dapat merendam sikat gigimu di hidrogen peroksida sesekali untuk menjaganya bebas dari kuman.

Melunakkan kotoran telinga

Hidrogen peroksida membantu menyingkirkan akumulasi kotoran telinga yang berlebihan. Karena properti effervescent nya, hidrogen peroksida dapat menghapus kotoran telinga serta debu dan puing-puing dari saluran telinga dengan sangat mudah. Hidrogen peroksida membantu menyingkirkan akumulasi kotoran telinga berlebihan. Karena properti effervescent nya, hidrogen peroksida dapat menghapus kotoran telinga serta debu dan puing-puing dari saluran telinga sangat mudah. Hydrogen peroksida juga dapat membantu mengurangi gatal dan perasaan tidak nyaman di telinga karena adanya kelebihan kotoran telinga.

  1. Campur bagian yang sama dari hidrogen peroksida dan air.
  2. Isi sebuah pipet telinga dengan solusi tersebut.
  3. Miringkan kepalamu ke samping dan taruh beberapa tetes larutan ke dalam telinga.
  4. Tunggu 5 menit, kemudian miringkan kepala ke sisi yang berlawanan untuk memungkinkan gravitasi untuk menarik cairan keluar dari telinga.
  5. Seka kotoran telinga dengan menggunakan kain bersih.