≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Dan Kegunaan Propolis

Apa itu Propolis?

Apakah kamu tahu, bahwa madu tidak hanya menjadi satu-satunya hal menakjubkan yang bisa diproduksi oleh lebah? lebah ternyata juga memproduksi semacam senyawa yang disebut dengan propolis yang berasal dari getah yang dikumpulkan oleh lebah dari sumber tanaman seperti aliran getah atau tunas pohon. Ketika mereka menggabungkan getah dengan air liur dan lilin lebah mereka sendiri, mereka membuat produk berwarna kehijauan-coklat yang lengket, yang digunakan sebagai pelapis untuk menutup lubang kecil di sarang mereka. Inilah yang dinamakan propolis.

Ribuan tahun yang lalu, peradaban kuno telah menggunakan propolis untuk kepentingan pengobatan. Penduduk Yunani menggunakannya untuk mengobati abses. Penduduk Asyur meletakkannya pada luka dan tumor untuk melawan infeksi dan membantu proses penyembuhan. Penduduk Mesir menggunakan propolis untuk membalsem mumi.

Komposisi propolis dapat bervariasi tergantung pada lokasi lebah serta pohon dan bunga apa yang bisa diakses oleh mereka. Misalnya, propolis dari Eropa tidak akan memiliki susunan kimia yang sama seperti propolis dari Brasil. Hal ini dapat membuat sulit bagi peneliti untuk sampai ke kesimpulan umum tentang manfaat kesehatannya.

Senyawa menyembuhkan dalam propolis

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 300 senyawa dalam propolis. Mayoritas senyawa ini adalah bentuk polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang melawan penyakit dan kerusakan dalam tubuh.

Secara khusus, propolis mengandung polifenol yang disebut flavonoid. Flavonoid diproduksi di dalam tanaman sebagai bentuk perlindungan. Mereka umumnya ditemukan dalam makanan yang dianggap memiliki sifat antioksidan, termasuk:
• buah-buahan
• teh hijau
• Sayuran

Manfaat Propolis

Propolis diduga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan anti-inflamasi. Tapi penelitian ilmiah tentang propolis masih terbatas. Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi produk lebah muncul untuk memberikan perlindungan dari beberapa bakteri, virus, dan jamur. berikut adalah beberapa manfaat propolis untuk kesehatan :

Luka

Propolis memiliki senyawa khusus yang disebut pinocembrin, flavonoid yang bertindak sebagai antijamur. Sifat-sifat anti-inflamasi dan antimikroba membuat propolis membantu dalam penyembuhan luka. Satu studi menemukan bahwa propolis dapat membantu orang yang memiliki luka bakar traumatis lebih cepat sembuh dengan mempercepat pertumbuhan sel baru yang sehat.

Studi lain menemukan bahwa ekstrak alkohol propolis topikal (oles) lebih efektif daripada krim steroid dalam mengurangi sel-sel mast pada luka bedah mulut. sel mast berhubungan dengan peradangan dan memperlambat penyembuhan luka.

Cold sore dan herpes alat kelamin

Salep yang mengandung 3 persen propolis, seperti Herstat atau Coldsore-FX, mungkin membantu mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi gejala pada baik cold sore (lepuhan-lepuhan kecil yang terdapat di sekitar mulut akibat virus herpes) dan luka dari herpes genital.

Salah satu studi menemukan ketika propolis topikal diterapkan tiga kali sehari, itu membantu untuk menyembuhkan cold sore lebih cepat daripadayang  tidak menggunakan perawatan. Para peneliti menemukan krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang hadir dalam tubuh seseorang, tetapi juga melindungi tubuh terhadap munculnya cold sore di masa mendatang.

Kanker

Propolis juga telah diduga memiliki peran dalam mengobati kanker tertentu juga. Menurut sebuah penelitian, beberapa efek anti-kanker substansi meliputi:
• menjaga sel-sel kanker dari berlipat ganda
• mengurangi jumlah sel-sel yang kemungkinan akan menjadi kanker
• memblokir jalur yang menjaga sel-sel kanker tetap memberi sinyal satu sama lain

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa propolis bisa menjadi terapi komplementer – tapi bukan satu-satunya pengobatan – untuk kanker. Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi propolis Cina bisa menjadi terapi pelengkap yang membantu dalam mengobati kanker payudara karena efek anti-tumor pada sel kanker payudara.

Masalah keamanan

Belum ada cukup bukti untuk menentukan apakah produk propolis aman atau tidak, tetapi mereka tidak dianggap berisiko tinggi. Orang biasanya mengambil beberapa propolis ketika mereka makan madu. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap madu atau lebah, kamu juga akan memiliki reaksi yang sama terhadap produk yang mengandung propolis. Propolis juga dapat menyebabkan reaksi alergi sendiri ketika digunakan untuk waktu yang lama.

Peternak lebah adalah beberapa orang yang paling mungkin untuk memiliki alergi propolis karena mereka ada begitu sering berada di sekitar senyawa tersebut. Reaksi alergi yang khas adalah benjolan kulit seperti eksim. Untuk itu, bicarakan dengan dokter sebelum menambahkan propolis untuk rencana pengobatanmu, terutama jika kamu memiliki alergi atau asma yang sudah ada.

Dimana kamu bisa mendapatkan propolis ?

Propolis dapat dibeli di apotek atau toko makanan kesehatan. Bentuk topikal bisa termasuk krim, salep, dan lotion. Propolis juga dapat diambil secara oral dan datang dalam bentuk tablet, ekstrak cair, dan bentuk kapsul.

Saat ini, tidak ada dosis medis yang disarankan karena penelitian lebih lanjut diperlukan. Satu studi menganjurkan konsentrasi harian sekitar 70 miligram per hari, tapi ini bukan rekomendasi FDA. Produsen mungkin menyarankan dosis pada label produk. Tanyakan kepada dokter apakah propolis aman untuk kamu konsumsi sebelum mengambil suplemen apapun.

0 comments… add one

Leave a Comment