≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat dan Khasiat Ketumbar

Ketumbar, yang biasa dikenal dengan sebutan Cilantro di Amerika dan beberapa bagian Eropa, adalah ramuan yang banyak digunakan di seluruh dunia sebagai bumbu, garnish, atau hiasan pada piring kuliner. Nama ilmiahnya adalah Coriandrum sativum L. Daun dan bijinya memiliki aroma yang mudah dikenali dan menyenangkan dan biasa digunakan dalam kondisi segar atau kering.

manfaat ketumbar

Kandungan Nutrisi ketumbar

Tanpa sepengetahuan banyak orang, ketumbar sebenarnya dikemas dengan potensi manfaat kesehatan yang hampir semua orang rindukan saat mereka membuang hiasan daun ketumbar ini ke dalam sampah setelah makan makanannya. Ketumbar memiliki sebelas komponen minyak esensial, enam jenis asam (termasuk asam askorbat, atau lebih dikenal dengan vitamin C), mineral dan vitamin; yang masing-masing memiliki sejumlah sifat menguntungkan.

Manfaat Kesehatan ketumbar

Menurunkan Peradangan Kulit

Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak atsiri, dan asam linoleat keduanya hadir dalam ketumbar, dan mereka memiliki sifat anti rematik dan anti arthritis. Mereka membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh kedua kondisi ini. Untuk kondisi pembengkakan lainnya, seperti pembengkakan akibat kerusakan ginjal atau anemia, hal ini juga terlihat efektif sampai batas tertentu, karena beberapa komponen dalam ketumbar membantu menginduksi buang air kecil dan pelepasan kelebihan air dari tubuh. Pengurangan peradangan kulit menyebabkan berkurangnya ketidaknyamanan, dan peningkatan penampilan kulit.

Mengobati Kelainan Kulit

Sifat desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur dan antioksidan dari ketumbar sangat ideal untuk membersihkan kelainan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Asam yang hadir dalam ketumbar, seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Mereka juga mengurangi tingkat deposisi kolesterol jahat (LDL) di sepanjang dinding dalam arteri dan vena, yang dapat menyebabkan masalah kardiovaskular serius seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Lebih penting lagi, ramuan ini membantu menaikkan kadar kolesterol sehat (HDL), yang berfungsi sebagai garis pencegahan pertahanan terhadap sejumlah kondisi berbahaya.

Mengobati Diare

Komponen minyak esensial yang ditemukan di ketumbar seperti borneol dan linalool, membantu pencernaan, berfungsinya hati dan pengikatan usus, sekaligus membantu mengurangi diare. Hal ini juga membantu dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh aktifias mikroba dan jamur, karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene & beta-phellandrene memiliki efek antibakteri.

Ketumbar juga semakin populer sebagai sarana untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan perut. Kekayaannya akan senyawa bioaktif berarti bahwa manfaat kesehatan baru tersebut selalu ditemukan di tanaman yang penuh daya ini. Selain aspek kesehatan bagi perut ini, daun ketumbar segar adalah makanan pembuka yang sangat baik untuk membuat perut Anda siap untuk makan besar.

Mengatur Tekanan Darah

Mengkonsumsi ketumbar telah terbukti secara positif mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Ini meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, neurotransmitter di sistem saraf perifer dan pusat, melemaskan ketegangan pembuluh darah; sehingga mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Mengobati Sariawan

Citronellol, komponen minyak esensial dalam ketumbar, merupakan antiseptik yang sangat baik. Selain itu, komponen lain juga memiliki efek antimikroba dan penyembuhan yang mencegah luka dan sariawan di mulut semakin memburuk. Mereka membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga mencegah bau mulut. Meski tidak umum digunakan pada produk mainstream, ketumbar sering digunakan sebagai komponen antiseptik dari semua jenis pasta gigi alami. Padahal, sebelum penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut!

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi ketumbar yang tinggi, secara langsung membantu orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah bisa mengakibatkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrem, dan penurunan fungsi kognitif. Zat besi juga bermanfaat untuk berfungsinya sistem organ lain, meningkatkan energi dan kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Memiliki Sifat Anti-alergi

Beberapa penelitian menunjukkan ketumbar memiliki sifat anti histamin yang kuat yang dapat mengurangi efek alergi musiman dan demam yang tidak nyaman (rinitis). Minyaknya juga bisa digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Secara internal, ini bisa menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan tenggorokan dan kelenjar berbahaya. Tidak pernah ada ide buruk untuk melindungi diri dari reaksi alergi, terutama karena sulit untuk mengetahui apa yang mungkin membuatmu alergi sampai Anda berhubungan dengannya untuk pertama kalinya!

Perlindungan terhadap Salmonella

Salmonella adalah salah satu penyebab paling berbahaya dari penyakit akibat bawaan makanan di dunia, jadi cara alami untuk melindunginya sangat penting. Ketumbar memiliki tingkat dodecenal yang luar biasa tinggi, senyawa alami yang sebenarnya dua kali lebih kuat dari antibiotik sebagai pengobatan utama untuk penyakit berbasis salmonella. Dengan menambahkannya ke diet normal Anda, Anda melindungi tubuh Anda dari penyakit yang mengerikan, dan bahkan fatal, yang berkaitan dengan bakteri mematikan ini.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebagai sumber kalsium yang kaya, ketumbar sangat bermanfaat bagi orang yang ingin melindungi integritas tulang mereka. Kalsium dan mineral penting lainnya yang ditemukan di ketumbar adalah komponen integral dari pertumbuhan kembali tulang dan daya tahan tubuh, serta pencegahan osteoporosis. Menambahkan walaupun hanya sedikit ketumbar ke makanan Anda dapat membantu menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat selama bertahun-tahun yang akan datang. Kalsium terutama ada di bagian tengah daun ketumbar, jadi arahkan ke bagian tersebut jika kesehatan tulang adalah fokus Anda!

0 comments… add one

Leave a Comment