Manfaat dan Khasiat Lobak Untuk Kesehatan

by Ummi on September 14, 2017

Bagian lobak yang umum dikonsumsi adalah daun, bunga, umbi dan bijinya. Bentuk umbi lobak mirip seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya umumnya berwarna putih. Lobak yang umum dijadikan salad dan bahan dalam masakan China adalah tanaman berakar, dan rasanya pedas atau manis dengan banyak jus. Lobak bisa berwarna putih, merah, ungu atau hitam, dan dalam bentuk, bisa panjang dan silindris, atau bundar. Mereka bisa dimakan mentah (tanpa diolah), dimasak atau dibuat acar. Minyak yang diperoleh dari biji lobak juga digunakan dalam sejumlah produk dan aplikasi kesehatan yang bermanfaat. Ingin tahu lebih banyak tentang Manfaat Lobak Bagi Kesehatan? Simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Lobak

Mengobati penyakit kuning

Lobak sangat baik untuk hati dan perut, dan juga berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang kuat. Itu berarti lobak bisa memurnikan darah, menghilangkan racun dan limbah. Hal ini sangat berguna dalam mengobati penyakit kuning karena menghilangkan bilirubin dan juga menjaga produksinya pada tingkat yang stabil. Ini juga mengurangi kehancuran sel darah merah yang terjadi pada orang yang menderita penyakit kuning dengan meningkatkan suplai oksigen segar ke darah. Lobak hitam lebih disukai dalam pengobatan penyakit kuning, dan daun lobak juga sangat berguna dalam pengobatan.

Menyembuhkan Gejala Ambeien

Lobak dianggap sebagai makanan yang bersifat kasar, yang berarti terdiri dari karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Ini akan memudahkan pencernaan, retensi air dan perbaikan sembelit, yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien. Sebagai detoxifier yang bagus, lobak membantu menyembuhkan gejala ambeien dengan sangat cepat. Jusnya juga menenangkan sistem pencernaan dan ekskresi, sehingga mengurangi gejala ambeien.

Mengobati Gangguan Urin

Lobak juga bersifat diurektik (peluruh kencing), yang berarti meningkatkan produksi urine. Jus dari lobak juga menyembuhkan peradangan dan rasa terbakar saat buang air kecil. Ini membersihkan ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal dan sistem saluran kemih, sehingga membantu pengobatan berbagai kondisi kemih yang diperburuk oleh racun berlebih di dalam sistem.

Membantu menurunkan berat badan

Lobak sangat mengisi, yang berarti bahwa mereka bisa memuaskan rasa laparmu tanpa menghabiskan jumlah kalori Anda. Mereka juga rendah akan karbohidrat yang dapat dicerna, tinggi seratnya dan mengandung banyak air, dan lobak merupakan pilihan diet yang sangat baik bagi mereka yang bertekad menurunkan berat badan. Selanjutnya, kandungan seratnya tinggi dan rendah pada indeks glikemik, yang berarti bahwa mereka bisa meningkatkan pergerakan usus secara rutin, yang membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan efisiensi metabolisme untuk semua proses tubuh.

Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Radish adalah sumber anthocyanin yang hebat, yang merupakan sejenis flavonoid, yang tidak hanya memberi warna pada lobak, tapi juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Anthocyanin telah menjadi subyek berbagai penelitian medis, dan telah dikaitkan secara positif dengan mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular, dan juga telah menunjukkan sifat anti-kanker dan anti-inflamasi.

Mengobati Kanker

Karena lobak adalah agen detoksifikasi dan kaya akan vitamin C, folat dan antosianin, mereka telah terhubung untuk mengobati berbagai jenis kanker, terutama kanker usus besar, ginjal, usus, perut dan kanker mulut. Lobak adalah bagian dari keluarga Brassica, dan seperti anggota klasifikasi taksonomi lainnya, sayuran ini dikemas dengan antioksidan. Selanjutnya, isthiocyanate yang ditemukan di lobak memiliki dampak besar pada jalur genetik sel kanker. Mereka bisa mengubah jalur dengan begitu banyak, sehingga bisa menyebabkan apoptosis, kematian sel, sehingga menghilangkan sel-sel kanker agar tidak mereproduksi kembali.

Mengobati Leucoderma

Sifat detoksifikasi dan anti-karsinogenik lobak membuat mereka berguna dalam pengobatan Leucoderma. Biji lobak digunakan dalam metode pengobatan ini. Mereka sebaiknya dijadikan bubuk dan direndam dalam cuka atau jus jahe, dan kemudian diaplikasikan pada bercak putih. Anda juga bisa memakan lobak untuk membantu pengobatan Leucoderma.

Meredakan Gejala Konstipasi

Lobak sangat tinggi serat, yang berarti bahwa mereka bisa menambahkan banyak massa ke tinja, yang mempromosikan pola ekskresi yang teratur dan menghilangkan gejala sembelit. Mereka juga dapat membantu menguatkan usus yang longgar dan menyingkirkan tinja atau diare yang encer. Selanjutnya, lobak dikenal untuk mempromosikan produksi empedu. Empedu adalah salah satu bagian terpenting dari pencernaan yang baik, dan juga membantu melindungi hati dan kantong empedu.

Mengobati Gangguan Pernafasan, Bronkitis dan Asma

Lobak adalah anti-kongestif, artinya menurunkan kemacetan sistem pernapasan termasuk iritasi pada hidung, tenggorokan, saluran udara dan paru-paru yang bisa berasal dari pilek, infeksi, alergi dan penyebab lainnya. Mereka adalah disinfektan besar dan kaya akan vitamin, yang selanjutnya melindungi sistem pernapasan dari infeksi.

Menurunkan Tekanan Darah

Lobak adalah sumber potasium yang sangat bagus, yang berkontribusi pada daftar besar manfaat kesehatan. Kalium telah terhubung secara positif untuk mengurangi tekanan darah, karena ketika berinteraksi dengan suplai arteri vaskular, arteri ini dapat mengendurkan pembuluh darah, dan karena itu meningkatkan aliran darah. Ini mengurangi tekanan darah dengan memperlebar aliran darah, bukan memaksanya melalui saluran sempit dan ciut.

Mengontrol Diabetes

Lobak sudah lama diketahui memiliki indeks glisemik yang rendah, yang berarti bahwa memakannya tidak akan berdampak pada kadar gula darah. Ini juga membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah, yang berarti bahwa penderita diabetes tidak perlu terlalu khawatir tentang lonjakan atau pengurangan gula darah mendadak saat makan, atau saat jauh dari makanan untuk jangka waktu tertentu.

Mengobati Kelainan Kulit

Vitamin-C, fosfor, seng dan beberapa anggota vitamin B kompleks yang hadir dalam lobak sangat baik untuk kulit. Air dalam lobak juga membantu menjaga tingkat kelembaban yang sehat di kulit. Lobak mentah yang dilumatkan adalah pembersih yang bagus dan berfungsi sebagai penghilang wajah yang efisien. Karena sifat disinfektannya, lobak juga membantu membersihkan kelainan kulit seperti kulit kering, ruam, dan pecah-pecah.

Mengobati Demam

Lobak menurunkan suhu tubuh dan meredakan radang akibat demam. Metode asupan yang baik adalah minum jus lobak yang dicampur dengan garam hitam, dan karena juga bisa berfungsi sebagai desinfektan yang baik, lobak juga melawan infeksi yang dapat menyebabkan demam.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2