Manfaat dari Air Kelapa Muda

by Ummi on December 29, 2014

Jika cuaca sedang panas terik, tentu minum segelas air es kelapa muda akan segera menghilangkan dahaga. Benarkah ini berkat kandungan berbagai zat kimia yang terkandung dalam air tersebut? Penasaran dengan jawabannya, maka segeralah ikuti ulasan lengkap mengenai  manfaat penting dari air kelapa yang perlu kamu ketahui:

  • air kelapa sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga di musim panas, karena rasanya yang segar. Cairannya terdiri dari kandungan gula sederhana, elektrolit, dan mineral yang membantu memulihkan dehidrasi yang sedang dialami seseorang.
  • beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat Sitokinin yang ada dalam air kelapa memiliki kemampuan sebagai anti-aging, anti-kanker, anti-trombotik dan anti bacterial yang ampuh.
  • para peneliti juga menemukan bahwa Cytokinin dalam air kelapa juga mampu membantu mengatur pertumbuhan sel. Zat ini juga bisa meminimalkan penuaan dari sel kulit, menyeimbangkan kadar PH, dan menjaga jaringan ikat agar tetap kuat dan terdehidrasi. Maka dari itu, cukup dengan mengoleskan air kelapa pada area kulit yang terkena dampak setiap malam sebelum tidur, bisa mengatasi masalah jerawat, bintik-bintik hitam, kerutan, selulit, eksim, dan menghilangkan stretch mark.
  • air kelapa secara umum sering ditawarkan kepada pasien yang mengalami penyakit diare di banyak kawasan beriklim tropis sebagai pengganti dari cairan yang hilang dari saluran pencernaan dan untuk mengurangi kebutuhan akan terapi intravena. Osmolaritas dari air kelapa sedikit lebih besar daripada soulsi oralit yang direkomendasikan oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia). Kehadiran dari kandungan biologis lain seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak esensial mungkin memberikan sumbangan tambahan untuk kadar osmolaritas yang tinggi ini. Komposisi cairan yang sangat baik inilah yang menjadikan air kelapa minuman terbaik dan ideal daripada berbagai jenis energy drink untuk memperbaiki kondisi dehidrasi.
  • air kelapa juga tersusun dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfat, dehydrogenas, diastase, peroxidase, dan lain-lain. Efeknya, berbagai enzim tersebut mampu membantu dalam proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, air kelapa sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha keras menurunkan berat badan.
  • cairan air kelapa juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B-komplek seperti riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine, dan Folat. Deretan vitamin ini sangat penting karena tubuh manusia tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkannya dari sumber eksternal.
  • air kelapa juga mengandung elektrolit potassium dalam jumlah yang cukup besar. Dari setiap 100ml air kelapa, mengandung sebanyak 250 mg potassium dan 105 mg sodium. Gabungan dari kedua elektrolit ini bisa membantu mengisi kembali kekurangan cairan saat mengalami diare dan ampuh untuk meningkatkan energi tubuh dengan cepat.

Itu tadi beberapa manfaat penting dari air kelapa. Yang menarik adalah, air kelapa adalah minuman yang sangat aman bagi semua kalangan tanpa menimbulkan efek samping. Sehingga bagi ibu hamil dan menyusui, lansia, dan anak-anak bisa meminum air dari buah tropis ini..