Manfaat Daun Katuk

by Ummi on July 24, 2013

Daun katuk atau nama latinnya, Sauropus Androgynus L. Merr, dikenal masyarakat daerah nusantara dengan nama daun katu, katukkan, katuk manuk, babing, memata, cekop manis, simani, dan keratur.

Ciri-ciri; tanaman perdu ini mempunyai tinggi rata-rata 35 cm dengan daun berbentuk bulat seperti telur dengan jumlah yang cukup banyak. Memiliki buah yang kecil berwarna putih yang menempel pada cabang dan rantingnya. Habitatnya, tumbuh liar di hutan-hutan dan ladang. Bagian yang berkhasiat adalah daun dan akarnya. Berikut manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan sekaligus cara membuat dan menggunkannya;

Manfaat & khasiat daun katuk

  1. Meredakan/ Menurunkan Demam

Bahan: Akar katuk 4 gram dan air 110 ml. Cara membuat: masukkan akar katuk pada air tersebut. Minum selama empat hari masing-masing 100 ml.

  1. Melancarkan ASI

Bahan: Daun katuk segar beberapa helai. Cara membuat: cukup dijadikan sayuran dan konsumsilah dua kali sehari. Selain daun katuk, daun bayam, daun lembayung, daun sawi, kacang panjang, kacang koro, jantung pisang, buah labu siam, dan buah labu merah juga bisa digunakan untuk memperlancar ASI.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit banyak terjadi karena beberapa hal, di antaranya karena terlalu banyak duduk, kurang minum, sering menunda dan menahan BAB. Untuk mengatasi sembelit, bahan yang dibutuhkan adalah daun katuk segar sebanyak 200 gram. Cara membuat: cuci daun katuk kemudian rebus dengan segelas air selama 10 menit, saring. Aturan pakai: minum ramuan tersebut dua kali sehari, masing-masing 100 ml.

  1. Menyembuhkan Borok/ Bisul

Bahan: satu genggam daun katuk. Cara membuat: Cuci daun dan lumatkan. Tempelkan lumatan daun katuk pada bagian yang terkena bisul atau borok.

  1. Pewarna Alami Bahan Makanan

Selain bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit seperti di atas, daun katuk juga bermanfaat sebagai pewarna alami makanan atau pengganti pewarna kimia sintetis. Misalnya dalam pembuatan tape ketan yang berwarna hijau. Cara penggunaanya, cuci bersih daun katuk, tambahkan sedikit air, lalu peras. Sari daun katuk ini dapat langsung digunakan untuk mewarnai bahan makanan..